1
Umroh & Haji

Keutamaan-keutamaan Qurban

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Memasuki bulan Dzulhidjah bagi umat muslim yang mendapat panggilan istimewa dari Allah SWT akan menunaikan ibadah haji di tanah suci. Sementara itu, umat muslim lainnya dianjurkan untuk melaksanakan ibadah qurban.

Ibadah qurban merupakan salah satu ibadah terbaik dalam mendekatkan diri kepada Allah SWT sebagaimana kita menjalankan ibadah shalat. Ibadah qurban pada saat Hari Raya Idul Adha hukumnya adalah wajib bagi umat Islam yang berkecukupan secara finansial.

Berqurban dalam Islam juga menjadi bukti ketaqwaan umat Islam terhadap Allah SWT. Di dalam berqurban tentunya terdapat keutamaan dan pahala luar biasa yang akan kita dapatkan jika kita melaksanakan qurban dengan niat tulus semata karena Allah SWT .

Berikut diantaranya keutamaan-keutamaan qurban:

1. Pengampunan dan ridho dari Allah

Saat umat Islam menjalankan ibadah qurban, Allah SWT akan memberikan berkali lipat kebaikan untuk umatnya dan menghapus segala keburukan yang ada dalam diri umatnya.

2. Belajar ikhlas

Keutamaan belajar ikhlas dalam berqurban di sini adalah kita sebagai manusia diajarkan untuk senantiasa berlapang mengeluarkan sebagian harta kita untuk dibagikan atau disedekahkan kepada orang yang berhak menerimanya.

Baca Juga: Hukum Berqurban dalam Islam

3. Mendekatkan diri dan mensyukuri nikmat Allah

Bagi umat Islam yang telah menjalankan ibadah qurban dengan benar serta niat yang tulus semata karena Allah swr tentunya akan merasa sangat dekat dengan Allah, karena sudah menjalankan perintah yang Allah SWT berikan.

webinar umroh.com

Selain menjalankan perintah Allah untuk berqurban guna senantiasa mendekatkan diri dengan Allah SWT, salah satu keutamaan qurban yang lainnya adalah mengajarkan kita sebagai umat muslim untuk selalu mensyukuri nikmat yang telah Allah SWT berikan dalam hidup kita.

4. Menjalankan perintah Allah dan menghidupkan ajaran Nabi Ibrahim

Tidak ada suatu amalan yang paling dicintai Allah dari Bani Adam ketika Hari Raya Idul Adha selain menyembelih hewan qurban. Dengan kita berqurban berarti kita sebagai umat muslim senantiasa menghidupkan ajaran Nabi Ibrahim yang pada saat itu dengan ikhlas menerima perintah dari Allah SWT untuk menyembelih putra semata wayangnya yaitu Ismail.

5. Dinaikan derajatnya mulai dari membeli hewan qurban

Saat kita sudah berniat tulus dalam hati untuk suatu kebaikan tentunya Allah akan melancarkan niat baik kita tersebut. Pada saat Langkah kaki pertama kita dengan niat anda akan membeli hewan qurban, maka setiap langkah kaki kita memperoleh 10 kebaikan  dan dihilangkannya 10 keburukan, serta dinaikan pula derajat kita di mata Allah SWT.

Baca Juga: Tata Cara Menyembelih Hewan Qurban

6. Berbagi dengan sesama

Setiap kebaikan adalah sedekah. Manfaat ibadah qurban yang paling terasa ialah berbagi dengan sesama. Daging qurban yang telah disembelih dibagikan kepada warga sekitar yang kurang mampu.  Sehingga kita semua bisa merayakan Hari Raya Idul Adha dan menikmati nikmatnya daging qurban bersama-sama.

7. Mendapat keselamatan dunia akhirat

Ibadah qurban adalah ibadah penyelamat untuk pemiliknya dari kejelekan-kejelekan dunia maupun bahaya di akhirat kelak. Bagi umat Islam yang telah melakukan ibadah qurban dengan tata cara yang benar sesuai dengan syariat Islam insyaAllah akan diberikan perlindungan oleh Allah baik di dunia maupun di akhirat kelak.

8. Sebagai saksi dihari kiamat

Tidak akan pernah merugi seorang umat muslim yang setiap tahunnya menyembelih satu hewan qurban semasa hidupnya. Pada saat hari kiamat kelak, hewan-hewan qurban itulah yang akan datang dan memberi kesaksian dengan tanduk, bulu, dan kukunya.

Itulah beberapa keutamaan dan pahala yang akan kita dapatkan jika kita senantiasa berqurban setiap tahun nya. Kesempatan yang terbatas namun memberikan pahala yang banyak dan manfaat  yang luar biasa baik itu bagi diri sendiri maupun orang lain. Selagi ada waktu dan rezeki yang mencukupi sebaiknya jangan menunda untuk berqurban. Semoga Allah SWT akan senantiasa memberi kemudahan dan kekuatan kepada kita dalam menjalankan niat dan beramal baik.

Baca Juga: Tips Memilih Hewan Qurban