1
Doa Muslim Lifestyle

Inilah 6 Keutamaan Sholat Sunnah Hajat

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Sholat sunnah hajat adalah sholat sunnah yang sangat dianjurkan bagi setiap muslim yang ingin meminta hajat kepada Allah SWT melalui sholat hajat. Umat islam percaya bahwa dengan melakukan sholat sunnah hajat maka permintaannya akan segera dikabulkan oleh Allah SWT, seseorang yang biasanya melakukan sholat hajat bermacam-macam dalam berdoa seperti ingin menikah, ingin terbebas dari hutang yang melilitnya dan lain sebagainya tentunya dengan tujuan agar Allah SWT mengabulkan doa tersebut dan mengijabahnya.

Baca juga: Ini Pengertian Sholat Sunnah Hajat yang Perlu Diketahui

Pada dasarnya manusia mempunyai banyak kebutuhan yang dihadapinya sehari-hari dan menginginkan sesuatu yang sebelumnya ia tidak miliki, sehingga banyak sekali manusia yang ingin mewujudkan impian tersebut atau kebutuhan tersebut dengan memohon dan melakukan sholat sunnah hajat kepada Allah SWT.

keutamaan sholat sunnah hajat
source: freepik.com

Umroh.com merangkum, sholat sunnah hajat juga mengajarkan kita untuk tetap terus berdoa kepada Allah SWT dan menyembah kepada Allah SWT karena hanya Allah lah yang mampu mengabulkan dan mewujudkan doa-doa hambanya, walau sekecil apapun keinginan kita, kita tetap harus meminta dan berdoa kepada Allah SWT,  Rasulullah SAW pun bersabda :

لِيَسْأَلْأَحَدُكُمْرَبَّهُحَاجَتَهُحَتَّىيَسْأَلَهُالْمِلْحَوَحَتَّىيَسْأَلَهُشِسْعَنَعْلِهِإِذَاانْقَطَعَ

“Hendaklah salah seorang dari kalian senantiasa meminta kebutuhannya kepada Tuhan, sampai pun ketika meminta garam, sampai pun meminta tali sandalnya ketika putus.” (HR. Tirmidzi)

Itu artinya : jangan pernah malu untuk meminta kepada Allah SWT karena hanya Allah lah yang kan mendengar dan mengabulkan doa kita, tidak akan ada manusia yang dapat mengabulkan doa kita melainkan Allah SWT dan tentunya kita tidak akan bisa hidup tanpa Allah SWT jadi jangan pernah sombong dan angkuh karena tidak pernah meminta kepada Allah.

Setiap sholat sunnah tentunya memiliki keutamaan masing-masing atau keistimewaan yang tersimpan didalam sholat tersebut, dan setiap apa yang diperintahkan oleh Allah SWT tentunya tidak aka nada yang sia-sia dan percuma untuk dilaksanakan, seperti dibawah ini yang merupakan keutamaan sholat sunnah hajat yang harus diketahui oleh kita semua yang membaca artikel ini.

webinar umroh.com

Baca juga: Selain Sholat Sunnah Hajat, Yuk Intip Jadwal Sholat Lainnya di Sini

Keutamaan sholat sunnah hajat

1. Pasrah dengan ketentuan Allah SWT

Perlu kita ketahui bahwa hanya Allah lah yang dapat mengetahui segalanya dan belum tentu yang menurut kita baik dimata Allah baik pula, bisa jadi menurut kita buruk maka dimata Allah itu lebih baik.

Walaupun kita rutin dengan sholat sunnah hajat tetapi jika Allah tidak menghendakinya maka kita tidak akan bisa berbuat apa-apa. Dengan pasrah kita dapat lebih belajar mengenai sebuah kesabaran dan keikhlasan.

Jika kita sudah melakukan sholat hajat dengan setiap hari, tetapi Allah belum juga mengabulkannya, maka jangan pernah menyerah, teruslah berdoa dan yang terpenting adalah berpasrah dengan ketentuan Allah SWT karena hanya Allah lah yang dapat mengetahui segalanya.

2. Ikhlas menerima segala keputusan dari Allah SWT

Apapun yang Allah takdirkan kepada setiap hambannya dapat berarti adalah suatu ujian, baik itu ujian kesenangan maupun ujian kesusahan. Ketika doa dan keinginan kita terkabul dengan cepat kita sedang diuji untuk menahan diri dari sifat riya dan sombong.

Begitu juga ketika kita sedang diuji dalam kesusahan berarti kita sedang diuji untuk bersikap lebih sabar dan ikhlas. Karena setiap ujian dari Allah jika kita dapat melewatinnya maka akan memberikan hikmah yang besar dalam kehidupan ini.

3. Dapat mengendalikan segala kebutuhan

Sebagaimana manusia biasa, tentunya tidak akan luput dari banyaknya keinginan yang ingin dimiliki, bahkan kebutuhan yang menurut kita tidak akan datang, itu bisa datang dengan sendiri seperti kebutuhan mendadak contoh sakit dengan kondisi uang yang tidak ada karena terlalu boros pada saat gajian. 

Dengan melakukan sholat sunnah hajat maka kita akan belajar untuk mensyukuri dengan apa yang kita punya.

Baca juga: Wajib Tahu! Ini Jumlah Rakaat Sholat Sunnah Hajat

4. Mendekatkan diri kepada Allah

Jika kita menginginkan hajat kita terkabul tentunya kita harus dapat berjuang juga dengan membuang rasa malas dan mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan sholat sunnah hajat, dengan melaksanakan sholat sunnah hajat kita dapat bercerita kepada Allah SWT tentang kehidupan kita. 

keutamaan sholat sunnah hajat
source: freepik.com

5. Termotivasi untuk lebih giat dan rajin 

Dengan kita rajin melakukan sholat hajat secara otomatis kita juga akan termotivasi untuk lebih rajin lagi dalam berusaha atau berikhtiar di dunia. Sebagai contoh seorang pekerja yang ingin cepat naik pangkat ketika bekerja ia akan lebih rajin lagi dalam bekerja.

Atau seorang pelajar yang ingin masuk perguruan tinggi negri maka dia akan lebih termotivasi lag dalam belajar dan selebihnya dia serahkan kepada sang kuasa untuk hasil dari setiap usaha dan doa ibadannya selama ini.

6. Keinginan dan kebutuhan akan cepat dikabulkan

Allah selalu menganjurkan agar dalam segala keperluan dan kebutuhan sebesar apapun atau sekecil apapun agar selalu meminta kepadanNya terkecuali keinginan yang besar. Kita tidak hanya dapat berdoa tapi juga disunahkan untuk melakukan sholat 2 rekaat dalam segala keperluan.

Baca juga: 10 Doa Wajib untuk Sholat Sunnah Hajat

Dengan mengerjakan sholat hajat maka keperluan kita akan lebih cepat dikabulkan oleh Allah daripada yang tidak usaha dalam berdoa sama sekali. Seperti yang kita ketahui setiap manusia di dunia ini pasti setiap detiknnya mempunyai kebutuhan bahkan yang mendesak sekalipun.