1
Kecantikan

Komedo Tak Lagi Mengganggu dengan 5 Cara Ini

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Komedo adalah sejenis jerawat halus yang muncul di wajah. Ukurannya memang tidak besar, namun bentuknya yang menggerombol dalam jumlah banyak membuat komedo sering membuat kita jengkel. Komedo biasanya disebabkan oleh folikel rambut atau pori-pori yang tersumbat oleh kotoran dan minyak.

Ada komedo yang berwarna hitam, dan ada yang berwarna putih. Komedo yang berwarna hitam sebenarnya adalah ujung komedo yang berubah warna karena oksidasi (kontak dengan oksigen). Komedo yang bandel ini bisa muncul di mana saja. Bagian tubuh yang biasa ditumbuhi komedo adalah sekitar dagu, hidung, dahi, bahkan lengan.

Penyebab komedo adalah kombinasi dari beberapa faktor berikut :

  • Ketidakseimbangan hormon yang biasanya terjadi saat pubertas, kehamilan, atau di sekitar siklus menstruasi.
  • Stress (sel yang memproduksi sebum memiliki reseptor stress, jadi saat kita stress, komedo akan terpicu untuk muncul)
  • Sistem limfa yang lemah, sehingga tubuh kesulitan menyingkirkan racun-racun.
  • Pola makan yang kurang sehat.

Beberapa orang memilih untuk menutupi komedo dengan concealer dan make up. Ada juga yang memilih untuk melakukan perawatan di salon kecantikan agar wajah mulus tanpa komedo. Selain kedua cara tersebut, kita bisa mendapatkan wajah yang bersih dengan menyingkirkan komedo lewat perawatan di rumah. Coba lakukan perawatan ini agar komedo di wajahmu lenyap, ya.

Rutin Melakukan Eksfoliasi

Eksfoliasi adalah proses untuk meluruhkan sel kulit mati. Saat kita melakukan eksfoliasi, sel kulit mati akan terangkat dan tidak akan menyumbat pori-pori. Dengan begitu, komedo tidak akan terbentuk di wajahmu. Kamu bisa mengeksfoliasi kulit wajah dengan bahan-bahan sederhana seperti gula pasir, garam laut, atau kopi bubuk. Campurkan dengan air atau minyak zaitun, lalu gosokkan dengan lembut di wajah. Jangan lupa mengoleskan pelembab setelahnya.

Melakukan Penguapan (Steaming)

Secara berkala, lakukan penguapan di wajah agar wajahmu lembab dan pori-pori wajah terbuka. Saat pori-pori wajah terbuka, komedo bisa lebih mudah disingkirkan tanpa harus melukai kulit. Letakkan air hangat di baskom, lalu letakkan wajah di atas baskom tersebut. Tutupi kepala dengan handuk hingga ke bawah baskom, agar uap tidak menyebar dan terfokus di wajahmu. Agar aromanya lebih enak, kamu bisa menambahkan daun mint, irisan lemon, dan bahan-bahan lain.

Hindari Menyingkirkan Komedo dengan Tangan

Memencet komedo memang mengasyikkan. Akan tetapi, sebaiknya hindari kebiasaan ini. Kuman dan bakteri di tangan bisa memperparah iritasi saat kita memencet komedo. Sebaiknya, gunakan alat khusus untuk memencet komedo, atau beli plester yang dibuat khusus untuk mengangkat komedo. Di pasaran, banyak merek berkualitas yang bisa kita gunakan.

Konsumsi Makanan Kaya Vitamin C

Vitamin C adalah salah satu antioksidan yang memiliki banyak manfaat baik bagi kulit. Vitamin C menutrisi kulit dan melindungi kulit dari jerawat, bercak-bercak, dan komedo. Perannya sangat penting dalam memerangi radikal bebas dan menghambat pertumbuhan bakteri. Dapatkan vitamin C secara alami dengan mengkonsumsi buah-buahan seperti jeruk, lemon, pepaya, strawberry, dan sebagainya.

Hindari Menggosok Area Berkomedo dengan Keras

Komedo yang membandel memang membuat kita ingin menggosoknya dengan keras. Menggosok komedo dengan keras akan melukai kulit, sekaligus memicu produksi minyak. Minyak yang berlebih akan memperparah munculnya komedo di wajah.

webinar umroh.com
Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.