1
Motivasi

Kuatkan Mental dengan 6 Cara Ini

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Memiliki mental yang kuat adalah hal yang penting dalam menjalani hidup. Dengan mental yang kuat, seseorang tidak akan mudah putus asa dan segera bangkit setiap menghadapi tantangan. Kuatnya mental membantu mereka tetap survive menjalani kehidupan dan bekerja sama dengan orang lain.

Sayangnya, tidak semua orang dianugerahi mental yang kuat. Beberapa orang masih memiliki ketakutan untuk menghadapi dunia ini. Perasaan tersebut begitu menghantui sehingga menghambat perkembangan pribadi mereka.

Bagi kamu yang merasa memiliki mental yang perlu dikembangkan, di bawah ini adalah 6 cara agar kamu memiliki mental yang kuat.

Kembangkan Kepercayaan Dirimu

Kepercayaan diri dan penghargaan terhadap diri sendiri adalah salah satu kunci untuk membangun mental yang kuat. Bagi kamu yang merasa masih memiliki kepercayaan diri yang kurang, salah satu kunci membangun kepercayaan diri adalah dengan mengenali kelebihan diri sendiri. Pahami di mana kelebihanmu, lalu kembangkan bagian tersebut. Kenali juga kekuranganmu dan cari cara untuk mengatasi kekurangan tersebut.

Serahkan kepada Allah

Tidak perlu merasa kecil hati saat menghadapi dunia ini. Bumi dan seisinya adalah milik Allah SWT. Segala sesuatu yang terjadi di dunia ini ada dalam genggamannya. Saat kamu merasa ketakutan saat akan melangkah maju, ingatlah bahwa ada Allah yang mendampingimu. Allah SWT dengan segala kasih sayangNya akan membimbingmu dan kamu harus percaya akan hal itu.

Bertanggung Jawablah pada Hidup

Salah satu hal yang membuat kita memiliki mental yang kurang kuat adalah karena masih menganggap kehidupan kita ada pada kendali orang lain. Ketika projek gagal, kamu meyakini bahwa itu karena tim yang kurang kompak. Saat kekurangan uang, kamu menyalahkan harga-harga yang semakin mahal.

Agar kamu memiliki mental yang kuat, bangun keyakinan bahwa tidak ada yang bisa merubah kondisi dalam hidupmu kecuali kamu sendiri. Kegagalan projek juga disebabkan karena andilmu yang kurang persiapan. Habisnya uang sebelum waktunya disebabkan karena kurang piawai mengatur keuangan. Dengan begitu, kamu jadi lebih mudah untuk bangkit dan mencari jalan terbaik mengembangkan diri.

Pahami Bahwa Kegagalan adalah Salah Satu Cara untuk Berkembang

Situasi yang kurang mengenakkan, seperti kegagalan, sering membuat seseorang mengalami mental yang lemah. Jika pola pikir dalam menghadapi kegagalan tidak diubah, maka pikiranmu sendiri yang akan menjatuhkan kekuatan mentalmu. Pahami bahwa setiap kegagalan yang kamu alami adalah salah satu cara untuk berkembang. Dari kegagalan, kamu bisa belajar banyak hal untuk mencapai kesuksesan.

webinar umroh.com

Kendalikan Emosimu

Kenali dirimu dan emosi yang muncul terhadap suatu peristiwa. Usahakan untuk memberikan respon terbaik terhadap situasi yang sedang terjadi di sekelilingmu. Misalnya ketika ada seseorang yang membuatmu marah, belajarlah untuk mengendalikan kemarahan agar tidak merugikan dirimu dan orang lain. Saat mengalami kekecewaan, sadari bahwa hal tersebut adalah salah satu cara untuk belajar. Kemampuan mengendalikan emosi bisa membuatmu lebih jernih dalam melihat potensi yang ada di sekelilingmu.

Beranikan Diri Keluar dari Zona Nyaman

Zona nyaman adalah salah satu musuh bagi kita untuk berkembang, termasuk dalam hal menguatkan mental. Jika saat ini kamu memiliki mental yang dirasa kurang kuat, mungkin karena kamu belum terbiasa melatih diri menghadapi situasi baru. Cobalah untuk keluar dari zona nyamanmu sesekali, kemudian kenali caramu merespons situasi yang baru kamu hadapi. Kenalan baru, suasana pergaulan baru, bidang usaha yang baru, dan sebagainya. Terlatih menghadapi tantangan dan situasi baru bisa membuat mentalmu menjadi lebih kuat.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.