1
Kuliner News

Kuliner Nusantara Pelepas Rindu di Tanah Suci

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

“Jangan rindu. Berat! Kamu nggak akan kuat.”

Secuil kutipan hits dari Dilan ini memang ada benarnya. Apalagi rindu masakan Indonesia di luar negeri terasa sangat berat karena akan susah untuk mencarinya.

Bagi muslim traveler yang sedang beribadah haji sekaligus berwisata di negeri orang, mencicipi makanan khas lokal Timur Tengah merupakan pengalaman terbaik yang tak akan bisa dilupakan. Namun adakalanya bila sudah terlalu lama melancong, rasa kangen atas cita rasa masakan Indonesia bisa melanda.

Tapi nyatanya tidak sedikit restoran-restoran di tanah suci yang menyediakan menu-menu khas Indonesia. Hal ini bisa jadi karena muslim Indonesia adalah muslim dengan populasi terbanyak di dunia yang tak pernah sepi mengunjungi dua kota suci Mekkah dan Madinah maka penduduk lokal mencoba peruntungan menjual kuliner Indonesia? Atau bahkan mungkin yang jual memang orang Indonesia asli? Biar lebih jelas berikut tempat-tempat makan khas Indonesia yang ada di Arab Saudi.

Daftar Tempat Makan Indonesia di Arab Saudi

Rumah Makan Indonesia Al Qarat, Madinah

Rumah Makan Indonesia”. Tulisan besar yang terpampang di depan restoran ini pasti langsung menarik perhatian. Sebuah restoran di kota Madinah yang memang mengkhususkan semua menu hidangannya adalah masakan Indonesia. Menu yang disajikan antara lain adalah soto, bakso, rendang, rawon, hingga ikan teri dan tempe orek pun ada. Menu yang Indonesia banget kan?

Lokasinya juga dekat dengan Masjid Nabawi, jadi tidak akan susah bila perut lapar seusai beribadah. Bila dari arah Masjid Nabawi tinggal menuju keluar ke arah pintu 16. Terletak tepat di seberang jalan dan berada di lantai 1 gedung Markaz Ilyas Center restoran ini tidak pernah sepi pengunjung. Harga juga tergolong ramah kantong, cukup dengan 10-20 riyal atau setara empatpuluh ribu rupiah, jamaah sudah bisa menikmati seporsi nasi lengkap dengan lauk pauk khas Indonesia.

Si Raja Bakso “Mang Oedin”, Jeddah
Biasanya sebelum pulang ke tanah air, jamaah Indonesia akan transit di kota Jeddah tempat bandara King Abdul Aziz berada. Bila sudah di kota tersebut pasti sebagian besar biro jasa umroh akan mengantar para jamaah ke pusat perbelanjaan Al Balad, Jeddah. Nah, di shopping center inilah letak Si Raja Bakso Mang Oedin. Kabarnya sang pemilik H. Mahmudin sudah datang ke Arab Saudi sejak tahun 1983 dan membuka warung bakso ini.

Untuk menikmati semangkok bakso, setidaknya harus sabar mengantri karena saking banyaknya pembeli yang datang. Sebenarnya menu yang ditawarkan bukan hanya bakso. Restoran ini juga menyediakan nasi campur hingga lontong sayur. Harga yang ditawarkan untuk semangkok bakso mulai 12 riyal. Namun tenang saja bila tidak memiliki uang Riyal, bayar pakai rupiah pun juga bisa.