Kuliner

Kuliner Yordania Yang Wajib Kamu Coba Ketika Berkunjung Kesana

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Negara Yordania memang terkenal sebagai penghasil buah zaitun. Hal ini tentu saja sebagian besar membuat banyak masakannya mempunyai campuran minyak zaitun. Tidak berbeda dengan negara timur tengah lainnya, masakan Yordania juga banyak mengandung rempah-rempah namun aromanya tidak sekuat masakan Arab Saudi. Sejumlah rempah-rempah yang lazim dipakai ketika mengolah makanan Yordania diantaranya adalah bawang putih, lemon, lada, bawang bombay, tomat, sampai dengadan juga yogurt. Berikut adalah ulasan mengenai beberapa makanan khas dari Yordania.

1. Sawani

Sawani adalah makanan yang bahan berasal dari daging domba yang diiris kecil. Memasaknya dengan campuran cabai rawit, sehingga rasa cabai rawitnya cukup kuat. Umumnya sawani disajikan dengan tambahan bahan lain seperti kentang dan jamur. Daging dombanya juga tidak disajikan besar-besar tetapi berupa potongan-potongan kecil.

2. Makloubeh

Makloubeh adalah ayam panggang yang masih utuh satu ekor. Citarasanya cukup lain dari yang lain, tidak seperti ayam panggang nusantara yang gurih. Makloubeh mempunyai rasa agak manis dikarenakan adanya campuran kismis serta keunikan lain berupa tambahan kacang-kancangan, sehingga rasanya menjadi sedikit manis serta kacang-kacangan.

3. Sanklish

Sanklish adalah sejenis salad dimana makanan ini juga sering disebut salad ala Yordania yang pembuatannya memakai campuran keju fetta serta minyak zaitun, tak lupa daun oregano. Hidangan ini sangat tepat jadi pilihan anda penyuka sayur mayur. Keju fetta yang merupakan keju asin klasik memberikan rasa gurih sendiri pada hidangan.

4. Keju fetta

Keju fetta merupakan sejenis keju klasik asin yang dapat memberikan citarasa berbeda pada hidangan. Salah satunya seperti yang disebutkan sebelumnya yaitu dipergunakan dalam sanklish. Keju ini adalah keju putih yang dibuat dari susu domba atau dari campuran susu domba dan susu kambing. Keju putih yang serupa sering juga dibuat sebagian atau seluruhnya dari susu sapi. Keju ini mudah hancur, biasanya diproduksi dalam bentuk balok, dan memiliki tekstur sedikit kasar

5. Warag aynab

Warag aynab adalah makanan yang merupakan komposisi dari nasi, sayuran, dan daging, berbalut daun anggur.