1
Kuliner

Kunafa, Dessert Manis Berserabut dari Syam

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Bagi kamu penyuka keju, wajib mencicipi Kunafa. Kunafa (atau Künefe) adalah hidangan penutup manis dari daerah Syam atau Levant. Hidangan ini sangat populer di Lebanon, Turki, Israel, dan sekitarnya. Hidangan mirip Kunafa juga bisa ditemukan di Yunani. Hanya saja di Yunani, hidangan ini disebut Kataifi.

Pastry dengan Keju dan Sirup Gula

Kunafa berupa adonan pastry yang diserut, kemudian dipanggang bersama dengan keju. Saat dihidangkan, Kunafa biasa disiram degan sirup gula untuk memberi rasa manis. Tekstur kulit luar Kunafa yang berserut akan membuat sirup gula terperangkap di antaranya. Hmmm, sedap manisnya.

Mirip Baklava, Namun Berbeda Bentuk dan Isian

Kunafa mirip dengan Baklava. Bedanya, Baklava adalah hidangan lembaran pastry yang dipanggang dan berisi kacang-kacang. Sementara lembaran pastry pada Kunafa sudah diserut halus dan berisi keju mozzarela dan keju feta. Jika Kunafa dibuat dengan menggunakan keju feta, maka keju ini harus direndam dulu. Fungsinya adalah untuk mengurangi rasa asinnya.

Cita Rasa Kunafa yang Tidak Bisa Ditolak

Cita rasa Kunafa menjadi menarik karena tekstur pastry yang krispi dan berserabut. Perpaduan antara manisnya pastry yang disiram dengan sirup gula, dengan keju yang gurih juga membuat Kunafa menjadi hidangan penutup yang menggoda.

Dimasak dalam Loyang yang Besar

webinar umroh.com

Penjual Kunafa biasa memasaknya dalam loyang yang besar. Terlebih dahulu, loyang bundar yang besar dioles dengan mentega. Setelah itu phylo pastry yang sudah diserut diratakan hingga menutupi loyang. Setelah pastry rata, lapisan keju yang sudah dipotong kecil-kecil diratakan di atas lapisan pastry.

Ada penjual yang membuat Kunafa cukup sampai tahap tersebut yaitu dua lapis adonan. Setelah itu, loyang berisi lapisan pastry serut dan keju akan dipanggang hingga pastry berwarna kecoklatan.

Loyang yang Besar Harus Dibalik

Setelah pastry di bagian bawah berubah warna dan keju menjadi set, loyang lain akan diletakkan di atasnya. Penjual akan membalik loyang besar itu, sehingga lapisan pastry yang garing akan berganti menjadi di bagian atas loyang. Proses membalik loyang yang besar sering menjadi atraksi menarik bagi pembeli yang menunggu Kunafa siap disajikan. Saat inilah sirup gula akan dituangkan. Penjual akan menyajikan Kunafa dalam potongan-potongan di atas piring.

Tiga Lapis Kunafa

Selain membuat dua lapis adonan, ada juga yang membuat Kunafa yang terdiri dari tiga lapis. Lapisan tersebut terdiri dari serutan pastry, lapisan keju, serta ditutup dengan serutan pastry. Dengan cara ini, Kunafa akan dimasak bolak-balik agar kedua bagian pastry matang merata.

Selain di Loyang Besar, Kunafa Juga DIbuat di Loyang Kecil

Selain disajikan dalam potongan-potongan dari loyang besar, ada juga penjual Kunafa yang menyajikannya dalam bentuk bundar yang kecil. Bentuk ini pas dinikmati satu hingga dua orang. Biasanya, Kunafa ini dibuat dengan loyang berukuran kecil, seukuran piring.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.