1
Kesehatan Tips

Lakukan 4 Hal Ini di Pagi Hari Agar Otak Lebih Sehat

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Ada banyak tanggung jawab yang harus kita lakukan setiap hari. Misalnya memenuhi tugas di kantor, menjalin hubungan baik dengan rekan dan keluarga, serta memenuhi tanggung jawab di rumah tangga. Belum lagi kebutuhan untuk Me-Time yang penting supaya kita tetap sehat secara mental. Seluruh tekanan dalam hidup tersebut tentu saja yang membuat otak kita overload.

Agar otak kita senantiasa kuat menanggung beban setiap hari, kita perlu melatih otak agar tetap kuat dan sehat. Di bawah ini adalah cara-cara melatih otak yang dilansir dari Readers Digest. Kamu bisa melakukan kegiatan di bawah ini sebelum kerja agar kamu bisa maksimal menunjukkan performa di kantor.

  1. Membaca

Membaca menstimulasi pikiran kita. Orang-orang dengan tingkat kepadatan aktivitas yang tinggi, seringkali tidak memiliki waktu untuk membaca buku. Padahal membaca buku sangat penting bagi kesehatan otak dan mental. Membaca bisa menenangkan sekaligus menstimulasi pikiran kita. Kita bisa memperkaya otak dengan informasi baru, serta sudut pandang baru. Saat membaca sebelum memulai aktivitas, bacalah beberapa lembar buku sambil menikmati pagi.

  1. Olahraga

Olahraga sangat penting untuk kesehatan badan dan jiwa. Olahraga yang baik bisa membuat badan kita bugar dan miod juga lebih ceria. Bagi otak, olahraga bisa menstimulasi otak untuk menghasilkan zat-zat kimia yang berhubungan dengan antidepresan. Zat-zat kimia dalam otak tersebut mempunyai peran penting untuk menjaga otak tetap bekerja dengan baik, walaupun usia kita bertambah.

Olahraga juga membantu aliran darah dan oksigen ke otak. Dengan begitu, kita bisa bekerja dengan kapasitas terbaiknya. Saat kebutuhan oksigen dan darah di otak terpenuhi, kita jadi lebih mudah membuat keputusan, belajar hal baru, serta memiliki memori yang lebih tajam.

  1. Meditasi

Para ilmuwan percaya bahwa meditasi bisa meningkatkan kemampuan otak serta kesehatan mental. Meditasi yang kita lakukan di pagi hari membuat kita lebih fokus, lebih berkonsentrasi, serta mengurangi rasa cemas dan depresi. Studi, yang dilakukan oleh para ilmuwan, menemukan bahwa amygdala (bagian otak yang dikenal sebagai pusat emosi, takut, dan cemas )menjadi mengecil setelah kita melakukan meditasi. Kita jadi lebih siaga, lebih mudah menerima, tidak mudah menghakimi orang lain, serta tidak mudah bereaksi dengan tindakan orang lain.

Jika ilmuwan barat percaya dengan kekuatan meditasi, kita sebagai umat muslim memiliki ritual penting di pagi hari yaitu salat subuh. Biasakan salat Subuh dan ibadah-ibadah dzikir lainnya untuk memulai hari. Dengan begitu, otak jadi lebih sehat sehingga kita lebih tenang menjalani aktivitas.

  1. Membuat Daftar Syukur

Studi, yang dilakukan oleh para ilmuwan, menunjukkan bahwa ketika kita memusatkan perhatian pada hal-hal yang kita syukuri dalam hidup, otak jadi bekerja lebih baik. Sebuah studi Brain imaging menunjukkan bahwa pikiran negatif bisa merubah otak menjadi kurang baik. Karena itu, banyak bersyukur bisa benar-benar membantu kinerja otak. Para ilmuwan menyarankan untuk menuliskan, paling tidak, lima hal yang bisa kamu syukuri setiap pagi. Dengan begitu, kita jadi lebih sehat, lebih optimis, serta bisa membuat progres yang baik dari tujuan-tujuan hidup. Dengan banyak bersyukur, kita kita jadi memiliki karakter yang mudah menolong orang lain.

webinar umroh.com
Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.