1
Parenting

Lakukan 7 Aktivitas Ini Agar Anak Bersemangat di Bulan Ramadhan

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Ramadhan adalah momen tepat untuk menumbuhkan kecintaan anak terhadap ibadah. Di bulan Ramadhan, banyak muslim yang bersemangat melaksanakan ibadah sebanyak-banyaknya. Suasana  ini akan membuat anak semakin bersemangat.

Agar anak merasa dilibatkan dan menikmati bulan Ramadhan, di bawah ini adalah 7 aktivitas yang bisa dilakukan agar anak merasa senang beribadah di bulan Ramadhan.

Minta Bantuan Mereka Menata Meja Saat Berbuka dan Sahur

Sahur dan berbuka merupakan aktivitas yang khas di bulan Ramadhan. Agar anak merasa terlibat, mintalah bantuan mereka untuk menata meja ketika berbuka dan sahur. Jika memungkinkan, orang tua juga bisa mengajak anak untuk memasak makanan berbuka dan sahur.

Membuat Poster atau Kalender Ramadhan

Ajak anak untuk membuat kalender Ramadhan bersama. Bebaskan mereka untuk menghias dan mewarnai kalender yang telah mereka buat.  Agar lebih semangat, orang tua juga bisa memberi sticker dengan karakter favorit anak. Sticker ini untuk menandai ketika anak berhasil melakukan satu ibadah di masing-masing hari.

Misalnya ketika anak berhasil puasa dalam jangka waktu yang telah ditargetkan, beri mereka stiker untuk ditempelkan di kalender yang telah mereka buat. Sticker-sticker tersebut akan membuat anak belajar mengenai Ibadah apa saja yang bisa dilakukan di bulan Ramadhan. Selain itu,  anak semakin termotivasi untuk melakukan ibadah dengan sticker yang kita berikan.

Libatkan Anak Saat Berbagi

webinar umroh.com

Ketika orang tua membagikan makanan kepada tetangga, misalnya kolak atau kurma, ajak serta anak untuk memberikannya. Ini akan membuat mereka belajar untuk berbagi, terutama di bulan Ramadhan.

Ajak  Anak Beribadah di Masjid

Masjid biasanya ramai ketika bulan Ramadhan tiba. Ajak serta anak ke masjid, misalnya untuk shalat tarawih atau tadarus bersama. Di sana, mereka akan bertemu dengan teman-teman sebaya. Mungkin mereka akan lebih banyak bermain di masjid. Biarkan saja, karena hal itu merupakan satu langkah bagus mengenalkan anak kepada ibadah di bulan Ramadhan.

Membuat Daftar Syukur Bersama

Sebelum tidur, ajak anak untuk mensyukuri hal-hal apa saja yang telah ia nikmati. Orang tua bisa mengajak anak untuk menuliskannya di kertas, lalu menempelkannya di kalender Ramadhan yang telah dibuatnya. Aktivitas ini akan membuat anak terlatih untuk bersyukur dan menikmati bulan Ramadhan.

Puji Anak ketika Berhasil Melakukan Ibadah

Selain memberikan apresiasi lewat sticker-sticker lucu atau hadiah di bulan Ramadhan, orang tua juga harus menyampaikan apresiasi kepada anak secara verbal. Puji anak ketika berhasil melakukan ibadah di bulan Ramadhan. Misalnya jika ia berhasil puasa, membaca Al Qur’an, atau shalat tepat waktu, utarakan kebahagiaan anda. Sampaikan apresiasi ketika melihat mereka berusaha untuk melakukan ibadah tersebut.

Buat Kotak Amal

Ramadhan adalah saat yang sangat disarankan untuk memperbanyak infaq dan sedekah. Untuk melatih anak agar suka memberi, buatlah kotak amal khusus untuk mereka. Orang tua bisa mengajak mereka membuat kotak amal dari kerajinan tangan, atau memberikan celengan lucu untuk mereka. Di kotak tersebut, kita bisa meminta anak untuk memasukkan uang jajan yang telah disisihkan, atau benda-benda kesayangan yang masih layak pakai namun ingin disumbangkan.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.