1
Motivasi

Lebaran Harus Pakai Baju Baru. Benarkah?

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Saat Idul Fitri, banyak orang yang mempersiapkan baju baru untuk dirinya maupun untuk keluarga. Tidak heran pusat perbelanjaan menjadi lebih ramai dari biasanya. Beberapa Mall dan toko online juga memberikan diskon bagi orang-orang yang ingin berbelanja baju baru.

Memakai baju baru saat Lebaran memang memiliki sensasi bahagia tersendiri. Membelinya dan memakainya di hari raya adalah hal yang sangat dinanti di hari raya Rasanya seakan kita menyambut hari yang baru dan bersih tanpa dosa dengan pakaian yang juga baru. Namun ternyata, sebenarnya Islam tidak menganjurkan kita untuk memakai baju baru. Hal yang dianjurkan oleh Islam adalah memakai baju terbaik.

Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Imam al-Baihaqi dan Imam Hakim, didituturkan oleh Al Hasan bin Ali, ia berkata bahwa “Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam telah memerintahkan kami pada dua hari raya agar memakai pakaian terbaik yang kami temukan”. Inilah yang membuat banyak para ulama juga senang memakai pakaian terbaik di dua hari raya. Dua hari raya yang dimaksud di sini adalah Idul Fitri dan Idul Adha.

Anjuran para ulama untuk memakai pakaian terbaik ini kemudian ditafsirkan sebagai anjuran untuk memakai baju baru. Namun di balik polemik baju baru atau baju terbaik, yang jelas ada makna tersendiri, mengapa kita diperintahkan untuk memakai baju terbaik di hari raya.

Para ulama mengatakan setidaknya ada tiga hikmah dianjurkannya memakai pakaian terbaik di hari raya.

Sebagai Rasa Syukur terhadap Allah Subhanahu Wa Ta’ala

Para ulama menjelaskan, bahwa memakai pakaian terbaik pada hari raya Idul Fitri merupakan salah satu ekspresi syukur kepada Allah. Allah telah memberikan banyak nikmat kepada manusia. Baik berupa harta, kesehatan maupun keluarga. Nikmat-nikmat Allah tersebut tidak ada salahnya kita tunjukkan dengan memakai baju yang terbaik. Namun kita perlu menjaga hati agar jangan sampai perasaan bersyukur kepada Allah itu menjadi perasaan riya atau pamer dengan baju yang kita kenakan.

Mengagungkan Hari Raya

Para ulama mengatakan bahwa kita dianjurkan untuk memakai baju bagus di hari raya dan hari Jumat, adalah untuk mengagungkan waktu-waktu tersebut. Bukan agar terlihat baik dalam pandangan manusia.

Hari Jumat atau hari raya merupakan hari-hari yang terbaik dalam Islam. Karena itu, manusia sangat dianjurkan untuk merayakan hari tersebut dengan memakai pakaian terbaik agar lebih terasa istimewa. Bukan karena ingin menunjukkan kelebihan di hadapan orang lain.

webinar umroh.com

Mengagungkan Malaikat yang Hadir di Sekeliling Manusia pada Hari Raya

Para ulama juga mengatakan bahwa memakai baju yang bagus di hari Jumat dan hari raya merupakan salah satu cara untuk mengagungkan malaikat yang hadir. Pada waktu-waktu tersebut, malaikat Allah hadir untuk memberikan rahmat dan doa kepada manusia-manusia yang ada di bumi. Tidak ada salahnya jika kita menyambut kedatangan mereka dengan pakaian yang terbaik.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.