1
Muslim Lifestyle

Lebih Berkah dan Bernilai Ibadah, Baca Surat-Surat Ini Sebelum Tidur

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Dalam salah satu hadis yang diriwayatkan oleh Hakim, Rasulullah SAW bersabda bahwa, barangsiapa yang membaca 100 ayat Al Qur’an malam hari, maka dia tidak akan termasuk orang yang lalai. Para ulama bersepakat jumlah ayat tersebut bisa dibaca ketika melakukan qiyamul Lail atau di luar qiyamul Lail.

Salah satu waktu yang tepat untuk membaca Quran di malam hari adalah sebelum tidur. Rasulullah juga selalu mencontohkan untuk membaca ayat-ayat Al Qur’an sebelum tidur.

Menjadikan membaca Al Qur’an sebelum tidur sebagai kebiasaan adalah hal yang positif. Selain menambah pahala, tidur setelah membaca Al Quran juga lebih nyenyak dan tenang. Malaikat akan menjaga tidur kita dari godaan setan yang menyebabkan mimpi buruk dan malas bangun untuk beribadah.

Di bawah ini adalah surat-surat yang bisa kamu baca sebelum tidur.

  1. Surat Al Mulk dan Surat As Sajdah

Dari riwayat dari Jabir bin Abdullah RA, yang dinukilkan oleh Imam At- Tirmidzi, menjelaskan bahwa Rasulullah tidak pernah melewatkan membaca surat As Sajdah dan Al Mulk sebelum tidur. Di hadis lain, Rasulullah SAW bersabda bahwa barangsiapa membiasakan diri membaca surat Al Mulk sebelum tidur, maka akan terhindar dari siksa kubur.

  1. Dua Ayat Terakhir Surat Al Baqarah

Surat Al Baqarah ayat 285 dan 286 juga merupakan surat favorit Rasulullah yang dibaca sebelum tidur. Diriwayatkan oleh A Bukhari dan Muslim, Rasulullah mengatakan bahwa barangsiapa membaca kedua ayat itu pada malam hari ini, niscaya akan dicukupkan baginya. “Dicukupkan” di sini bisa berarti diberi kesempatan bangun malam untuk tahajud, dijaga dari syetan, dihindarkan dari bencana, atau mendapat semua keistimewaan tersebut.

  1. Surat An Nas Al Falaq dan Al Ikhlas

Surat An Nas, Al Falaq, dan Al Ikhlas adalah surat-surat pelindung di dalam Al Quran. Ketiga surat tersebut selalu dibaca oleh Rasulullah sebelum tidur. Diriwayatkan oleh Aisyah RA, Rasulullah membaca ketiga surat tersebut di atas tempat tidur sambil menengadahkan kedua tangannya. Setelah membacanya, Rasulullah akan meniup kedua telapak tangan, kemudian mengusap bagian tubuh yang terjangkau oleh kedua telapak tangannya. Dimulai dari kepala wajah hingga anggota tubuh lain sebanyak tiga kali.

  1. Surat Al Kafirun

Diriwayatkan oleh Abu Daud, Rasulullah bersabda bahwa jika seseorang selalu membaca surat Al Kafirun sebelum tidur, maka ia akan diselamatkan dari bahaya syirik. Syirik adalah dosa besar yang sangat dibenci oleh Allah SAW. Melakukan syirik berarti menduakan Allah dan menyakini ada kekuatan lain selain Allah. Karena itu, dosa ini sulit diampuni oleh Allah SWT.

webinar umroh.com
  1. Ayat Kursi

Diriwayatkan oleh Al Bukhari dan Abu Hurairah, jika kita membaca Ayat Kursi di malam hari sebelum tidur, Allah akan mengutus malaikat penjaga sehingga syetan tidak akan berani mendekat saat kita tidur.

Tidur adalah aktiVitas yang sangat penting bagi manusia. Dalam tidur, kita bisa mengistirahatkan tubuh sehingga lebih bugar keesokan harinya. Dalam Islam, tidur juga bernilai ibadah, terutama ketika kita menyertakan Allah dalam tidur. Salah satu cara menyertakan Allah dalam tidur adalah dengan membaca doa dan membaca ayat Al Quran sebelum tidur. Kebiasaan ini akan membuat tidur kita bernilai ibadah dan insya Allah lebih berkah.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.