1
Tips

Lebih Rapi dan Lebih Bahagia dengan 4 Pedoman Beberes Ala Marie Kondo

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Marie Kondo seorang pakar organisir dari Jepang. Belakangan ini, Marie Kondo sangat populer di Amerika setelah memandu acara di Netflix. Acara tersebut membantu orang-orang, yang hidup dalam rumah yang berantakan, agar bisa memperoleh kebahagian dengan langkah sederhana : merapikan barang-barang.

Di bawah ini adalah pedoman merapikan barang-barang menurut Marie Kondo. Lakukan langkah agar rumahmu jadi lebih rapi, dan kamu lebih bahagia.

Simpan Barang-barang yang Membuatmu Gembira

Salah satu hal yang membuat rumah sumpek dan berantakan adalah terlalu banyak menyimpan benda yang tidak penting. Akibatnya kita jadi kebingungan untuk menyimpannya dan membuat rumah jadi tampak tidak menyenangkan. Tips dari Marie kondo untuk mengatasi hal ini adalah : simpanlah barang yang membuatmu bahagia (spark joy). Pasti ada barang-barang yang membuatmu senang ketika melihatnya, dan ada yang tidak.

Nasihat dari Marie kondo adalah dengan menanyakan pada diri sendiri : “Apakah barang ini membuatku gembira?” (Does it spark joy?). Barang-barang yang membuat kita gembira biasanya adalah benda-benda yang benar-benar bermanfaat, sehingga kita merasa riang saat melihatnya. Simpanlah benda-benda yang benar-benar membuatmu bahagia saat melihatnya. Barang-barang lain sebaiknya disedekahkan atau dibuang. Dengan begitu, rumah jadi lebih lapang.

Kelompokkan Barang Sesuai Kategori, Bukan Tempat Menyimpannya

Untuk memulai membereskan rumah, sebaiknya kelompokkan barang sesuai dengan kategorinya. Misalnya kelompokkan alat memasak dengan sesama alat memasak. Baju atasan dengan atasan. Kaos kaki dengan kaos kaki. Ketika barang-barang dengan kategori sama berkumpul, kita jadi lebih mudah melihat, mana yang kita perlukan, dan mana yang tidak.

Jangan Biarkan Memori atau Nostalgia Mempengaruhimu

Di antara barang-barang yang harus kita buang, mungkin ada barang-barang yang sangat berkesan bagi kita. Walaupun bukan barang mahal, benda-benda tersebut menyimpan kenangan yang penting, misalnya tiket saat kita pertama kali pergi ke luar negeri.

Barang-barang yang tidak berfungsi, namun memiliki kenanga, tersebut sebaiknya dibuang agar tidak membuat terlalu banyak barang menumpuk di rumah. Untuk tiket pertama, bukankah kita sudah mempunyai cukup banyak foto untuk mengenangnya?

Hormati Barang-Barang Milikmu

Penyebab rumah kita berantakan adalah karena kita terlalu menyepelekan barang yang kita miliki. Kita menganggap bahwa barang tersebut tidak memiliki nyawa, sehingga kita memperlakukannya dengan seenaknya. Tidak jarang kita menaruhnya di tempat yang tidak semestinya.

webinar umroh.com

Salah satu tips merapikan rumah dari Marie Kondo adalah menghormati barang yang kita miliki. Caranya adalah dengan menempatkannya di tempat yang baik. Agar barang-barang jadi lebih rapi, perlakukan mereka sebagai barang berharga yang berhak ditempatkan di tempat-tempat yang baik.

Memperlakukan barang dengan baik juga merupakan salah satu cara bersyukur kepada Allah. Bukankah Allah yang telah memberi kita rezeki, sehingga kita bisa memiliki barang tersebut? Sudah sepatutnya kita menghargai dan menyimpannya dengan baik. Selamat beres-beres, ya.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.