1
Kuliner Tips

Lebih Tahan Lama, Ini 7 Tips Menyimpan Buah dan Sayur

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Buah dan sayur adalah bahan makanan yang penting bagi manusia. Penting untuk memenuhi kebutuhan sayur dan buah agar tubuh tidak kekurangan vitamin. Sayangnya, buah dan sayur bisa cepat busuk jika tidak disimpan dengan baik. Agar buah dan sayur tahan lama, gunakan 7 cara ini.

  1. Menggunakan Segelas Air

Kamu penyuka salad, pecel, atau gado-gado, dan suka memakannya setiap hari? Tentu akan lebih mudah jika menyiapkan potongan-potongan sayur terlebih dahulu. Agar sayur yang telah dipotong-potong jadi lebih awet dan tidak berkerut, simpan saja dalam segelas air.

Caranya adalah mengisi air dengan air sebanyak setengah hingga tiga perempat bagian. Setelah itu, masukkan potongan sayur yang bertekstur keras, seperti wortel, untuk disimpan di dalamnya. Kita juga bis amenyimpan sayur berbentuk dedaunan, misalnya seledri atau daun bawang, dengan cara ini.

  1. Menyimpannya Secara Terpisah

Buah akan melepaskan senyawa kimia dalam proses pematangannya. Senyawa kimia berupa gas ini disebut dengan ethylene. Senyawa kimia ini sayangnya bisa membuat sayuran cepat busuk. Buah yang memproduksi ethylene contohnya adalah alpukat, pisang, mangga, pear, dan tomat. Sementara buah dan sayur yang mudah terpengaruh adalah apel, brokoli, wortel, sayuran hijau, dan semangka. Agar sayur tidak cepat busuk, simpan terpisah dengan buah-buah yang mengeluarkan ethylene.

  1. Menggunakan Kain Lembab

Salah satu trik agar kesegaran sayur terjaga adalah dengan kain yang lembab. Bungkus sayuran dengan kain yang lembab, bukan basah. Setelah terbungkus rapi, letakkan dalam laci sayur di lemari es.

  1. Disimpan dalam Kotak

Agar kesegaran buah dan sayur terjaga, simpan dalam kotak plastik tertutup. Kotak tersebut akan menjaga buah agar tidak tercampur, serta mencegahnya mudah busuk saat disimpan.

  1. Simpan di Tempat Sejuk dan Kering

Ada buah dan sayur yang sebaiknya tidak disimpan di dalam kulkas. Misalnya adalah kentang, bawang bombay, dan tomat. Suhu dingin akan merusak rasanya. Lebih baik, simpan ketiganya dalam tempat yang sejuk dan kering.

  1. Jangan Masukkan ke Kulkas Sebelum Matang

Buah-buahan, misalnya pear, mangga, alpukat, pisang, sebaiknya tidak disimpan di kulkas sebelum matang. Letakkan di luar ruangan hingga mereka matang, lalu pindahkan ke dalam kulkas. Di dalam kulkas, kulit buah-buahan tersebut mungkin akan berubah warna, namun tidak dengan kondisi daging buahnya.

webinar umroh.com
  1. Simpan Buah-Buah Sitrus dalam Jaring atau Plastik Berlubang

Buah-buahan sitrus, seperti jeruk, lemon, dan jeruk nipis tidak akan mudah busuk dalam jangka waktu seminggu. Mereka akan bertahan lama selama disimpan dalam tempat sejuk, gelap, dan terhindar dari sinar matahari langsung. Akan tetapi, jika ingin disimpan dalam waktu yang lebih lama, kita bisa menyimpannya di kulkas. Caranya adalah dengan membungkusnya dengan jaring atau plastik yang telah dilubangi.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.