1
Motivasi

Lelah Bekerja? Bangkitkan Rasa Cintamu pada Pekerjaan dengan 6 Cara Ini

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Seseorang di usia produktif biasanya memiliki rutinitas pekerjaan. Setiap hari kita melakukan aktivitas untuk mencari nafkah dan melayani orang lain. Namun ada kalanya timbul rasa bosan atau lelah dalam menjalani pekerjaan. Itulah yang akhirnya membuat kita merasa tidak lagi mencintai pekerjaan kita.

Jika hal ini sedang atau sering kamu alami, di bawah ini adalah cara untuk membangkitkan lagi rasa cinta terhadap pekerjaan.

  1. Niatkan bekerja karena Allah SWT

Sebagian orang beranggapan bahwa bekerja adalah untuk mencari uang atau nafkah. Sayangnya, jika pikiran tersebut menjadi dasar bagi kita dalam bekerja, kita tidak akan mendapatkan yang lain kecuali uang. Bahkan tidak ada lagi rasa senang di hati saat melakukan pekerjaan. Temukan kembali rasa senang dalam bekerja dengan memperbaiki niat. Niatkan bekerja hanya untuk mencari ridho Allah SWT.  Dengan begitu, pekerjaanmu akan menjadi ibadahmu. Sebagaimana fungsi ibadah lainnya, bekerja juga bisa membuatmu menjadi lebih tenang. Ketenangan tersebut diperoleh dari keyakinan bahwa Allah menyukai orang yang memanfaatkan waktu dengan kegiatan yang bermanfaat.

  1. Temukan Hal-Hal Baik yang Ada di Pekerjaanmu

Hal baik dalam pekerjaan tentu saja bukan hanya soal uang. Ada banyak hal positif yang bisa kamu lakukan saat melakukan aktivitas bekerja. Misalnya pengalaman baru, ilmu di lapangan yang bermanfaat, rekan kerja yang menyenangkan, serta lingkungan kerja yang suportif. Bahkan hal sederhana, seperti pemandangan indah saat berangkat kerja, juga bisa menjadi salah satu hal positif yang kamu temukan di rutinitas pekerjaan.

Agar kamu kembali menemukan semangat untuk bekerja, temukan hal-hal positif yang ada di pekerjaanmu. Syukuri hal tersebut karena itu merupakan rahmat dari Allah SWT. Keberadaanmu di lingkungan yang positif tidak akan terjadi tanpa izin Allah, dan itu merupakan bentuk kasih sayangnya.

  1. Temukan Manfaat Pekerjaanmu bagi Orang Lain

Jika kita melakukan segala hal untuk diri sendiri, tidak ada kepuasan batin yang akan kita rasakan. Agar kamu bisa lebih mencintai pekerjaanmu, temukan hal baik yang dihasilkan dari pekerjaanmu, selain untuk dirimu. Misalnya manfaat dari pekerjaanmu untuk orang lain. Contohnya ketika kamu bekerja sebagai pegawai Administrasi, tanamkan dalam benakmu bahwa posisimu adalah posisi yang penting. Posisimu penting untuk membantu manajemen perusahaan agar lebih tertata dan rapi. Tanpa kehadiranmu, peran perusahaan dalam melayani orang banyak akan tersendat.

  1. Carilah Cara untuk Meningkatkan Diri

Rasa bosan, yang membuatmu tidak lagi mencintai pekerjaan, bisa jadi disebabkan karena kamu merasa terjebak di posisi yang sama dalam waktu yang lama. Carilah cara agar kamu bisa meningkatkan diri di bidang yang diamanatkan padamu. Dengan begitu, kamu bisa menemukan hal-hal variatif lain yang membuatmu lebih bersemangat dan tertantang untuk melakukan pekerjaanmu.

  1. Sempatkan untuk Beristirahat

Salah satu penyebab seseorang merasa benci dengan pekerjaan adalah karena rasa lelah yang tak kunjung reda. Penyebab rasa lelah berkepanjangan itu bisa jadi adalah burn out. Burn out adalah kondisi gimana kamu mengalami kepenatan luar biasa, akibat terlalu banyak tanggung jawab yang ada di pundakmu. Selain lelah berkepanjangan, burn out juga ditandai dengan rasa sinis pada rekan kerja. Jika mengalami burn out, bukan berarti kamu harus segera mencari pekerjaan lain. Kamu hanya perlu beristirahat untuk menjernihkan pikiran.

webinar umroh.com
  1. Sediakan Waktu untuk Keluarga

Keluarga adalah orang-orang yang bisa membuat kita bersemangat dalam bekerja. Agar semangat itu kembali muncul, sediakan waktu berkualitas bersama keluarga. Bangun kembali hubungan yang erat dengan keluarga. Sediakan waktu untuk berbincang tentang keseharian dengan pasangan atau anak-anak. Saat kita memperbaiki hubungan dengan keluarga, mereka akan menjadi tempat bagi kita untuk merecharge energi.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.