1
Kesehatan Kuliner

Lepas Dahagamu Saat Berbuka dengan 3 Minuman Sehat Ini

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Saat-saat yang ditunggu ketika berpuasa adalah waktu berbuka. Menahan nafsu makan dari subuh hingga petang, tentunya membuat kita antusias menyambut datangnya bedug maghrib. Salah satu menu yang sangat kita nantikan adalah minuman yang disuguhkan saat buka puasa.

Menu minuman buka puasa khas Indonesia biasanya adalah es teh manis, kolak pisang, es cendol, dan sebagainya. Akan tetapi menu-menu tersebut ternyata kurang disarankan oleh beberapa ahli kesehatan.

Sebagai alternatif, cobalah untuk berbuka puasa dengan 3 jenis minuman di bawah ini.

  1. Sparkling water

Sparkling water adalah air berkarbonasi. Meminum sparkling water akan memberikan sensasi segar. Ini karena kandungan gelembung karbon dioksida di dalam sparkling water. Kandungan gelembung-gelembung karbondioksida dalam sparkling water bisa muncul secara alami dari gelembung mata air asli. Namun ada juga produsen yang menambahkan gelembung karbondioksida di dalamnya.

Untuk berbuka puasa, pilihlah sparkling water yang tidak memiliki rasa aroma atau warna. Sparkling water yang jernih tentu lebih sehat dibandingkan minuman bersoda yang sudah ditambahkan gula atau perasa buatan. Jika ingin menambahkan rasa pada sparkling water, tambahkan buah-buahan segar, seperti mangga, strawberry, timun, nanas, dan buah-buahan favorit lainnya. Sparkling water yang kamu konsumsi untuk buka puasa jadi lebih segar dan lebih sehat.

  1. Susu Kedelai

Susu kedelai adalah cairan kental yang diperoleh dari kacang kedelai. Walaupun tidak memiliki protein hewani, susu kedelai ini juga memiliki banyak protein dan nutrisi lain. Susu kedelai bisa menjadi menu berbuka yang menyehatkan, pertama bagi yang memiliki alergi terhadap susu sapi.

Agar lebih nikmat, kita bisa membuat menu berbuka dari susu kedelai dengan mencampurkannya dalam smoothie. Buatlah smoothie dari buah-buahan favoritmu, dan gunakan susu kedelai untuk membuat teksturnya menjadi lebih creamy. Susu kedelai ini bisa membuatmu kenyang lebih lama, walaupun tidak mengkonsumsi banyak makanan saat buka puasa. Kamu akan kenyang lebih lama dan tidak tergoda makanan lebih banyak.

  1. Teh Hijau

Apakah kamu suka mengkonsumsi teh manis saat buka puasa? Teh hitam yang manis dan dingin memang terasa menyegarkan jika dikonsumsi saat buka puasa. Akan tetapi, rasa manis yang berlebihan, serta suhu yang dingin sebenarnya kurang baik dijadikan sebagai menu berbuka.

webinar umroh.com

Minum es saat buka puasa bisa membuatmu darah menciut, sehingga akan mengganggu gerakan pada saluran pencernaan. Inilah yang menyebabkan perut menjadi kurang nyaman setelah minum es saat buka puasa.

Sedangkan berbuka dengan minuman atau makanan yang terlalu manis akan membuat kadar gula dalam darah meningkat secara cepat. Akibatnya kita jadi semakin banyak menginginkan makanan yang manis. Jika terjadi terus-menerus, tentunya akan menyebabkan retensi terhadap insulin, hingga akhirnya membuat kita rentan menderita diabetes.

Cobalah ganti menu buka puasa dengan teh hijau. Teh hijau yang tidak terlalu manis bisa menekan nafsu makan, sehingga kita tidak tergoda untuk makan lebih banyak saat buka puasa. Akan tetapi, berhati-hatilah saat mengkonsumsi teh hijau ketika buka puasa. Teh hijau memiliki kafein yang tinggi, jadi sebaiknya minum teh hijau beberapa saat setelah mengkonsumsi buah atau kurma.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.