1
Kesehatan

Macam-Macam Imunisasi Pada Bayi

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Imunisasi merupakan sebuah upaya pencegahan yang dilakukan agar terhindar dari ancaman penyakit yang berbahaya. Terdapat beberapa macam-macam imunisasi pada bayi yang dapat diberikan antara lain:

Imunisasi Hepatitis B

Macam-macam imunisasi pada bayi yang pertama yaitu imunisasi hepatitis B. Imunisasi tersebut merupakan  sebuah langkah efektif yang digunakan untuk mencegah masuknya VHB, yaitu virus yang menyebabkan penyakit hepatitis B. Penyakit hepatitis B dapat menyebabkan sirosis atau pengerutan hati, bahkan lebih buruk lagi dapat mengakibatkan kanker hati. Maka dari itu imunisasi hepatitis B merupakan salah satu dari macam-macam imunisasi pada bayi yang dianjurkan untuk diberikan kepada bayi.

Imunisasi DTP

Macam-macam imunisasi pada bayi yang berikutnya yaitu imunisasi DTP. Imunisasi DTP tersebut diberikan dengan tujuan untuk mencegah tubuh bayi agar tidak terseeang oleh penyakit difteri tetanus dan pertusis.

Imunisasi BCG

Macam-macam imunisasi pada bayi yang ketiga yaitu imunisasi BCG. Imunisasi BCG merupakan sebuah imunisasi yang diberikan untuk memberikan kekebalan pada tubuh bayi terhadap penyakit TB (Tuberkulosis).

Imunisasi Polio

webinar umroh.com

Macam-macam imunisasi pada bayi yang berikutnya yaitu imunisasi polio. Imunisasi polio akan memberikan kekebalan terhadap serangan virus polio. virus penyakit ini dapat menyebabkan kelumpuhanpada bayi. Maka dari itu imunisasi polio merupakan macam-macam imunisasi pada bayi yang disarankan untuk diberikan kepada bayi.

Imunisasi Campak

Macam-macam imunisasi pada bayi yang selanjutnya yaitu imunisasi campak. Meskipun sebnarnyabayi sudah mendapatkan kekebalan campak dari ibunya. Namun seiring bertambahnya usia, antibodi dari ibunya semakin menurun sehingga butuh antibodi tambahan lewat pemberian imunisasi campak.

Imunisasi HIB

Macam-macam imunisasi pada bayi yang keenam yaitu imunisasi HIB. Imunisasi HIB digunakan untuk mencegah terjadinya penyakit Hib.

Imunisasi Rotavirus

Macam-macam imunisasi pada bayi yang berikutnya yaitu imunisasi rotavirus. Rotavirusmerupakan penyakit yang banyak menyerang anak-anak dan menyebabkan kematian. Studi terbaru mengungkapkan imunisasirotavirus terbukti efektif dan memberikan perlindungan yang luas.Hal ini karena vaksintersebut memberikan perlindungan yang lebih luas bagi anak yang menerima vaksin dan orang-orang disekitarnya. Para peneliti yang mengevaluasi vaksin tersebut menyimpulkan vaksin ini efektif karena terbukti menurunkan pasien rawat inap akibat diare di rumah sakit sebanyak 50 persen. Penurunan ini terjadi hanya setelah 2 tahun program imunisasi dimulai. Maka dari itu imunisasi rotavirus merupakan salah satu dari macam-macam imunisasi pada bayi yang disarankan.

Imunisasi infuenza

Macam-macam imunisasi pada bayi yang selanjutnya yaitu imunisasi influenza. Imunisasi influenza diberikan untuk pencegahan influenza musiman. Influenza (flu) adalah penyakit yang disebabkan oleh virus influenza.

Imunisasi Pnemokokus

Macam-macam imunisasi pada bayi yang lainnya yaitu imunisasi pnemokokus. Vaksin pnemokokus konjungat merupakan vaksin kedua yang digunakan untuk mencegah radang selaput otak (Hib adalah yang pertama). Dulu vaksinini hanya dianjurkan untuk dewasa berusia 65 tahun atau lebih dan tidak digunakan pada anak karena tipe vaksin yang terdahulu (polisakarida) tidak bagus digunakan pada anak. Vaksin ini memberikan kekebalan terhadap 7 strain bakteri pneumokokus penyebab terbanyak infeksi serius pada anak. Vaksin ini baru dapat mencega infeksi telinga tengah, meningitis, pneumonia (radang paru), dan bakteremia akibat bakteri pneumokokus. Bayi harus mendapatkan vaksin ini sebanyak 4 dosis, yang diberikan pada usia 2, 4, 6 dan 12 – 15 bulan. Anak yang berusia lebih tua tidak memerlukan pengulangan dosis sebanyak ini. Konfirmasi dengan dokter anak jika anak anda mulai mendapatkan vaksin pada usia yang lebih tua.