play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Serba-serbi Ramadhan

5 Makanan Buka Puasa Menyehatkan Untuk Tubuh

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Umroh. com – Ada bermacam-macam makanan yang bisa Anda jadikan menu berbuka puasa. Namun, agar ibadah puasa lancar Anda tentu tidak bisa sembarang memilih menu buka puasa atau kesehatanmu akan terganggu. Bahkan beberapa dokter dan ahli kesehatan menyarankan sebaiknya memulai dengan makanan yang tidak dalam porsi besar. Berarti, makanan ringan atau takjil tadi adalah pilihan yang tepat. Makan besar yang paling tidak disarankan adalah makan pedas, asam, santan, dan yang berserat kasar. Makanan buka puasa menyehatkan pun bukan sekadar lezat dan segar, namun tentunya yang bergizi dan menyehatkan.

Baca juga : Yuk Amalkan! Ini Manfaat Ayat Kursi

Tips Jaga Kesehatan Tubuh Selama Bulan Puasa

Apakah tubuh akan selalu sama ketika bulan puasa? Tentunya kita mempunyai kondisi tubuh yang berbeda-beda. Oleh karena itu, Anda perlu menjaga kesehatan tubuh Anda walaupun tengah berpuasa.

1. Selalu Minum Air Putih

Air putih sangat baik untuk kita karena tidak mengandung dengan bahan-bahan tambahan lainnya. Lebih baik dari pada teh ataupun kopi. Oleh karena itu, jangan sampai kita dehidrasi karena kekurangan air selama berpuasa.

2. Buka Puasa Jangan Terlalu Berlebihan

Jika mendekati waktu berbuka puasa, biasanya kita terlalu terburu-buru untuk memilih sajian apa yang enak untuk berbuka. Padahal, berbuka itu tidak perlu makanan berat. Seperti yang di sunahkan oleh Rasul kita, cukup dengan kurma dan air putih juga sudah mengembalikan energi tubuh kita.

3. Tetap Berolahraga dengan Olahraga Ringan

makanan buka puasa menyehatkan

Kata siapa berpuasa tidak boleh berolahraga? Justru olahraga itu yang membuat badan kita selalu fit. Tidak perlu olahraga mengangkat beban atau lari sepanjang 10.000 meter. Disarankan untuk berolahraga secukupnya.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

Beragam Pilihan Makanan Sehat

Makanan sehat umumnya mencakup berbagai nutrisi dalam jumlah yang memadai, termasuk vitamin dan mineral. Sayuran hijau menempati urutan pertama dalam jenis makanan sehat karena kandungan nutrisi yang lengkap. Di antara jenis sayuran hijau, ada berbagai pilihan yang baik untuk di konsumsi, seperti sawi hijau, brokoli, dan bayam dengan kandungan serat yang tinggi.

Selain sayur, buah juga sangat penting di konsumsi karena mengandung banyak vitamin. Dari sekian banyak buah, beberapa buah yang populer dan kaya akan nutrisi, di antaranya adalah:

  • Apel, karena banyak mengandung serat, vitamin C, dan antioksidan lain.
  • Jeruk, yang tinggi kandungan vitamin C.
  • Alpukat, yang kaya lemak sehat, kalium dan vitamin C.
  • Pisang, sebagai salah satu sumber kalium.
  • Buah-buahan berry, seperti blueberry dan strawberry. Selain rendah kalori, juga kaya akan antioksidan dan serat.

Mengkonsumsi makanan sehat juga sebaiknya tetap seimbang dan beragam. Berikut kelompok makanan sehat utama lain yang harus Anda konsumsi, selain sayuran dan buah-buahan:

1. Daging dan telur

Daging merupakan salah satu makanan sehat yang banyak mengandung nutrisi.  Daging sapi tanpa lemak merupakan sumber protein dan zat besi yang lebih tinggi dibandingkan daging lainnya. Sedangkan telur tergolong sebagai salah satu bahan makanan paling bergizi karena selain tinggi protein, telur juga memiliki kandungan nutrisi yang lengkap mulai dari vitamin, mineral, lemak tak jenuh, hingga zat antioksidan.

2. Kacang – kacangan dan biji-bijian

Kelompok makanan ini merupakan jenis makanan sehat yang renyah dan sarat akan nutrisi, termasuk magnesium dan vitamin E.

3. Ikan dan makanan laut lainnya

Umroh.com merangkum, ragam makanan laut terutama ikan, adalah jenis makanan sehat yang kaya asam lemak omega 3 dan yodium di dalam makanan buka puasa menyehatkan. Penelitian menunjukkan, orang yang sering makan ikan laut cenderung lebih panjang umur dan memiliki risiko lebih rendah terhadap banyak penyakit, termasuk penyakit jantung.

4. Susu

Susu sangat tinggi vitamin, mineral, protein hewani berkualitas dan lemak sehat. Selain itu, susu merupakan salah satu sumber kalsium terbaik. Anda juga bisa mengkonsumsi susu dalam beragam bentuk produk olahan susu, seperti keju. Susu yang di-fermentasikan menjadi yoghurt, mengandung banyak bakteri baik untuk pencernaan.

Menjalani ibadah umroh adalah impian orang-orang yang beriman dan wujudkan itu bersama Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

Makanan Buka Puasa Sehat

Asupan makanan untuk buka puasa dan sahur memang perlu diperhatikan. Karena asupan tubuh kita memerlukan nutrisi serta energi yang berbeda dibandingakan dengan makanan sehari-hari. Perlu ada karbohidrat, vitamin, dan nutrisi yang cukup. Berikut ini lima makanan yang menyehatkan untuk berbuka puasa, diantaranya.

1. Kurma

Buah kurma yang menjadi buah yang di sunahkan dimakan pada saat berbuka puasa ini ternyata memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh kita. Manfaat kurma salah satunya adalah mengandung serat yang tinggi. Kandungan ini sangat berguna untuk memberikan energi setelah berpuasa seharian.

makanan buka puasa menyehatkan

Kurma juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang. Sebab kurma kaya akan kalsium. Sangat bagus untuk Sahabat yang ingin memperbaiki tulang yang rapuh karena sudah lanjut usia. Jika memang tidak suka dengan buahnya, Anda bisa mengkombinasikan dengan menjadikannya sebagai roti kurma atau brownies kurma.

2. Nasi Merah

Saat berbuka puasa, salah satu zat yang tubuh perlukan adalah karbohidrat kompleks. Hal ini bisa didapatkan dari menu sehat buka puasa dengan nasi merah. Selain menyehatkan, nasi merah bisa dijadikan menu diet karena mengenyangkan dari pada nasi putih biasa.

3. Oatmeal

Makanan yang satu ini termasuk pilihan dari menu buka puasa sehat. Oatmeal memiliki kandungan yang kaya serat dan membuat efek rasa kenyang lebih cepat. Pastinya, menu ini cocok untuk kamu yang lagi diet. Dengan memilih oatmeal sebagai menu buka puasa sehat akan membuat asupan di bulan puasa jadi lebih sehat juga. Jangan lupa, tambahkan buah-buah segar, madu, dan susu rendah lemak.

4. Salad

Buka puasa sehat tentu juga termasuk mengkonsumsi sayur dan buah. Nah, salad bisa jadi salah satu solusi kamu. Baik itu salad buah ataupun salad sayur, bisa menjaga tubuh agar tetap sehat. Menu buka puasa sehat harus tetap dikombinasikan dengan karbohidrat. Untuk menghindari nasi putih, bisa gunakan nasi merah, kentang atau ubi rebus. Jangan lupa beri dressing salad agar lebih lezat ya.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

5. Sup

Sup merupakan menu makanan buka puasa menyehatkan selanjutnya yang bisa kamu coba. Sup terdiri dari sayuran segar yang bisa kamu kreasikan dan ditambah dengan daging ayam, bakso, jamur, dan masih banyak lagi. Sup ini mengandung manfaat untuk mengembalikan energi seharian yang telah terpakai selama berpuasa.

Facebook Comments