1
Kesehatan

Makanan Penurun Tekanan Darah

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Salah satu yang menyebabkan terjadinya penyakit jantung dan stroke adalah adanya penyakit hioertensi atau tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi tidak banyak menimbulkan gejala sehingga banyak orang yang menderita tekanan darah tinggi tetapi orang tersebut tidak menyadarinya. Seseorang dengan tekanan darah tinggi akan secara otomatis menyebabkan jantungnya bekerja lebih keras dari biasanya untuk mengompa darah agar teralirkan ke seluruh tubuh.

Tekanan darah tinggi dapat terjadi karena berbagai faktor, salah satunya yaitu pola makan yang tidak sehat. Dengan pola makan yang tidak sehat dapat menyebabkan tekanan darah mengalami peningkatan. Maka dari itu, seseorang yang menderita penyakit tekanan darah tinggi harus meperbaiki pola makannya.

Untuk mengatasi penyakit tekanan darah tinggi dapat dilakukan dengan menggunakan obat-obatan. Akan tetapi, jika seseorang sering mengkonsumsi obat tersebut dikhawatirkan akan terjadi ketergantungan terhadap obat tersebut. maka dari itu terdapat alternatif lain untuk membantu menurunkan tekanan darah yaitu dengan mengkonsumsi makanan sebagai berikut:

Kacang kedelai

Kacang kedelai mengandung kalium yang dapat mencegah terjadinya tekanan darah tinggi. Dengan mengkonsumsi kacang kedelai secara langsung maupun dengan mengolahnya terlebih dahulu seperti dijadikan tahu, tempe dan susu dapat membantu untuk menurukan tekanan darah dalam tubuh.

Bayam

Bayam dapat dijadikan sebagai obat penurun tekanan darah tinggi karena di dalam bayam terkandung magnesium dan kalium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dalam tubu. Untuk mengkonsumsi bayam bisa Anda lakukan dengan menambahkannya di dalam menu favorit Anda namun akan lebih baik lagi bayam dikonsumsi dengan cara direbus bening.

Tomat

Tomat dapat membantu dalam menurnkan tekanan darah karena tomat mnegnadung antioksidan yang bagi kesehatan tubuh. selain untuk membantu menurunkan tekanan darah, tomat juga dapat dikonsumsi untuk menjaga kesehatan kulit.

Untuk mengkonsumsi tomat, sebaiknya dikonsumsi secara langsung tanpa diolah terlebih dahulu agar kandungan alami yang terkandung di dalamnya tidak berkurang. Selain itu terdapat cara lain untuk mengkonsumsi tomat yaitu dengan dijadikan jus tomat dan dapat ditambahkan sedikit madu sebagai pemanisnya.

Susu

Kalium, kalsiun dan vitamin D merupakan senyawa aktif yang dapat digunakan untuk menurnkan tekana darah dalam tubuh. ketiga senyawa tersebut terkandung di dalam susu. Mengkonsumsi susu lebih baik daripada menkonsumsi obat generik. Selain untuk menurnkan tekanan darah, susu juga dapat berfungsi untuk menjaga kebugaran tubuh. maka dari itu susu dangat baik untuk dikonsumsi apalagi untuk dikonsumsi di usia muda, susu dapat meningkatkan pertumbuhan tulang dan gigi.

webinar umroh.com

Cokelat hitam

Di dalam coklat hitam terdapat kandungan flavonols yang berguna untuk membantu menurunkan tekanan darah dalam tubuh dengan cara menekan tekanan darah yang tinggi menjadi lebih seimbang. Akan tetapi dalam mengkonsusmi coklat hitam harus sesuai dengan kebutuhan tubuh, tidak boleh dikonsumsi secara bebas tanpa memperhatikan kalorinya. Batasan kalori yang dapat digunakan dari coklat hitam yaitu sekitar 20-30 kalori.

Sebenarnya obat darah tinggi tidak akan dibutuhkan jika Anda dapat mengatur pola makan Anda dengan baik yaitu dengan mengkonsumsi makan yang dapat menurunkan tekanan darah atau dengan mengkonsumsi makanan yang dapat mencegah tekanan darah tinggi. Selain itu jagalah selalu kesehatan Anda dengan cara secara rutin melakukan aktifitas fisik seperti olahraga. Dengan berolahraga seperti bersepeda, berenang dan berjalan kaki dapat memberikan efek yang baik bagi jantung untuk bekerja dengan baik dan selalu dalam kondisi prima.