1
Kuliner

Makanan Ringan Timur Tengah Ini Bisa Jadi Ide Suguhan di Hari Raya

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Ketika saudara atau kerabat berkunjung ke rumah saat Lebaran, kita tentu ingin menghidangkan makanan yang terbaik dan enak untuk mereka. Selain kue-kue dan makanan khas Lebaran Indonesia, kita juga bisa menyediakan makanan kecil ala Timur Tengah.

Di bawah ini adalah ide makanan kecil ala Timur Tengah yang bisa kamu persiapkan saat Lebaran. Keluarga dan kerabat yang berkunjung ke rumahmu pasti akan menyukainya. Kamu juga bisa membawanya sebagai hantaran saat berkunjung ke rumah saudara, lho.

Samosa

Samosa yang gurih dengan isian daging ini bisa kamu jadikan menu snack saat kerabat berkunjung. Rasanya yang ringan namun kaya cita rasa bisa membuat sanak saudara merasa betah di rumahmu.

Samosa bisa dibuat dari kulit yang terbuat dari tepung dan air, kemudian diisi dengan daging, sayur, atau kentang yang telah dibumbui sesuai selera. Setelah itu, goreng hingga garing dan kecoklatan.

Kebab

Daging cincang yang dikepalkan ini merupakan salah satu kuliner khas Turki. Kita juga bisa menirunya dan menghidangkannya untuk keluarga yang berkunjung saat Idul Fitri. Cara membuatnya juga cukup mudah. Kita tinggal mencampurkan daging dengan telur sebagai perekat, lalu membumbuinya dengan rempah-rempah yang kita suka. Setelah itu, grill daging cincang yang telah dibentuk dan dikepalkan kecil-kecil hingga matang merata. Kebab ini bisa dinikmati sebagai appetizer, atau dimakan bersama nasi ala orang Indonesia, atau dinikmati bersama roti.

Pie Ayam

Cemilan ini relatif mudah untuk dibuat. Pie ayam ini bisa kita buat beberapa hari sebelumnya, dan disimpan di dalam freezer. Jika ingin menghidangkannya, kita tinggal menghangatkan di microwave.

Kita bisa menggunakan puff pastry siap masak yang banyak dijual di supermarket, lalu mengisinya dengan isian ayam yang telah dibumbui. Bentuknya bisa disesuaikan dengan selera kita. Misalnya ditumpuk lalu dipotong kecil-kecil, atau dilipat seperti samosa. Keluarga dan kerabat pasti suka dengan pie ayam ala Timur Tengah ini.

Luqaimat

Luqaimat adalah hidangan manis yang terbuat dari adonan mirip donat. Bulatan-bulatan kecil dari adonan donat ini digoreng, lalu dihidangkan dengan siraman sirup gula. Anak-anak kecil yang mengunjungi rumahmu pasti akan senang dengan kue ini.

webinar umroh.com

Pizza dari Roti Pita

Jika memiliki roti pita di rumah, atau ada di supermarket di sekitar tempat tinggalmu, kita bisa menggunakannya untuk membuat pizza mini, lho. Olesi roti pita yang pipih itu dengan saus tomat, lalu beri taburan bawang bombay, paprika, daging, sosis, atau toping apapun yang disukai.  Setelah itu, panggang dengan taburan keju mozarella di atasnya. Pizza dari roti pita ini pasti akan memanjakan lidah tamu yang datang ke rumahmu.

Shawarma

Masih dengan menggunakan roti pita, kita bisa membuat shawarma untuk tamu yang datang ke rumah. Caranya adalah dengan memakai roti pita, lalu sediakan daging cincang atau irisan daging yang telah matang, bawang bombay, selada, tomat, alpukat, dan sebagainya. Sediakan dalam mangkok-mangkok kecil terpisah, lalu biarkan tamu untuk membuat sendiri Shawarma versi mereka. Dijamin mereka akan senang dan terkesan saat datang ke rumahmu.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.