play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Kuliner Tips

10 Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Apakah Anda mengetahui apa itu buah plum ? bagaimana kandungan serta manfaat yang terdapat di dalamnya ? untuk mengetahui itu semua lebih detail mari simak penjelasan nya di bawah ini untuk Anda.

Baca juga: Adab Makan yang Diajarkan Rasulullah

Buah plum adalah jenis tanaman buah yang masuk kedalam genus prunus dari famili rosaceae yang meliputi persik, aprikot, neutarin. Tidak seperti Buah pada umumnya, buah plum masih terdengar asing bagi sebagian masyarakat Indonesia. Bukan merupakan buah pokok yang biasa di konsumsi masyarakat pada umumnya lah yang membuat buah plum kurang dikenal bagi sebagian masyarakat Indonesia. Padahal jika diketahui buah plum ini mengandung banyak manfaat yang luar biasa karena mengandung beberapa zat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Baca juga: Setelah Makan Buah Plum, Jangan Lupa Lanjut Ibadahnya dengan Ini

Baru – baru ini buah plum mulai terangkat namanya dan menjadi populer di Indonesia karena banyaknya masyarakat Indonesia yang kini sudah bisa memanfaatkan kandungan dari buah plum sebagai alternatif untuk mengecilkan berat badan.

Padahal lebih dari sekedar itu, buah plum memiliki segudang manfaat lainnya untuk kesehatan, berikut rangkuman dari umroh.com.

1. Menurunkan Berat Badan

Sebagaimana yang dibicarakan diatas manfaat buah plum yang paling populer di Indonesia ialah sebagai cara untuk menurunkan berat badan. Buah plum memiliki kalori yang rendah (46 kalori per 100 g) serta hanya mengandung asam lemak tidak jenuh. Oleh karena itu buah plum untuk diet sangatlah cocok. Ditambah lagi buah asam manis ini memiliki aroma yang enak dan daging yang lembut, sehingga buah ini sangat mendukung untuk diet yang menyenangkan.

manfaat buah plum
source: freepik.com

2. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Manfaat buah plum yang paling dikenal lainnya adalah kemampuannya mencegah sembelit. Buah plum memiliki kandungan serat yang baik seperti sorbitol dan isatin. Jika Anda ingin melancarkan fungsi pencernaan, tidak ada salahnya mencoba untuk mengkonsumsi buah plum ini.

3. Menjaga kesehatan jantung

Plum adalah sumber kalium, zat besi, dan fluoride yang baik. Mineral ini membantu memelihara irama jantung, impuls saraf, kontraksi otot jantung, serta tekanan darah yang dapat menekan risiko stroke. Karena tubuh tidak menghasilkan kalium secara alami, untuk itu rutin mengonsumsi plum dapat membantu Anda mencukupi kebutuhan kalium tubuh.

manfaat buah plum
source: freepik.com

4. Mencegah anemia

Anemia terjadi ketika tubuh tidak memiliki cukup sel darah merah yang sehat. Anemia adalah penyakit yang tidak dapat diobati, namun dapat dikurangi risikonya atau dicegah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi untuk menambah darah. Buah plum mengandung zat besi, sehingga buah ini memiliki kemampuan dalam mencegah anemia.Plum adalah sumber zat besi yang hebat dan dapat membantu mencegah dan mengobati kekurangan zat besi. Dua ratus lima puluh gram buah plum mengandung 0,81 miligram zat besi, yang menyediakan 4,5 persen kebutuhan harian zat besi tubuh.

Baca juga: 12 Makanan Kesukaan Rasulullah SAW

5. Mengobati osteoporosis

Plum dipercaya berpotensi sebagai pengobatan osteoporosis. kandungan flavonoid di dalam buah plum dapat berperan dalam menurunkan risiko kerusakan jaringan tulang serta membantu pencegahan berbagai jenis penyakit pada tulang. Plum kering dapat mencegah hilangnya massa tulang pada wanita pascamenopause yang rentan osteoporosis. Manfaat lain buah plum untuk kesehatan tulang juga termasuk melawan proses hilangnya kepadatan tulang akibat radiasi pada sumsum tulang.

manfaat buah plum
source: freepik.com

6. Meningkatkan daya ingat atau ketajaman otak

Buah plum ternyata memiliki khasiat dalam meningkatkan kemampuan kognitif serta daya ingat pada otak.kandungan vitamin K pada buah ini juga mampu berperan untuk menurunkan resiko kerusakan saraf pada penderita alzheimer. Untuk meraih manfaat buah plum yang satu ini, cukup rutin makan 3-4 buah sehari dan rasakan manfaatnya.

7. Menjaga kesehatan psikologis

Perlu Anda ketahui bahwa buah plum merah memiliki kemampuan untuk menjaga kesehatan psikologis. manfaat buah plum lainnya yang bisa didapatkan adalah mengurangi kecemasan dan stres, di mana kedua hal ini memainkan peran penting terkait kesehatan mental seseorang.

manfaat buah plum
source: freepik.com

8. Menurunkan gula darah

Menurut beberapa penelitian, buah plum mampu menurunkan gula darah. Karena buah ini mengandung senyawa flavonoid yang mampu memberikan proteksi pada resistensi insulin serta meningkatkan sensitivitas insulin dalam darah. Adanya kandungan serat juga mampu membantu mengontrol gula darah meningkat akibat mengonsumsi karbohidrat, pasalnya serat tidak mampu dicerna oleh tubuh sehingga akan memperlambat pemecahan karbohidrat dalam tubuh menjadi gula.

9. Sebagai anti oksidan

Buah plum kaya akan vitamin C dan fitonutrien. Adanya zat ini mampu menjadikan buah plum bermanfaat sebagai antioksidan yang sangat baik untuk mencegah kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas.

source: freepik.com

10. Mengendalikan kolesterol

Jika Anda memiliki kadar kolesterol yang tinggi ada baiknya Anda rutin mengkonsumsi buah plum agar kadar kolesterol Anda tetap terjaga dan stabil.

Begitu banyak nya manfaat buah plum yang bisa Anda manfaatkan untuk kesehatan dalam hidup Anda. Jika Anda tertarik untuk mulai mengonsumsi buah plum, konsumsilah sesuai dengan kebutuhan dan anjuran yang berlaku. Konsumsi buah plum yang berlebihan dapat menyebabkan efek samping yang tidak baik juga bagi tubuh Anda.

Facebook Comments