1
Kesehatan Kuliner Muslim Lifestyle Wisata Halal

6 Manfaat Luar Biasa Buah Tin dalam Al-Quran

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Allah SWT menciptakan semua sumber kehidupan dengan sangat luar biasa, salah satunya yaitu keanekaragaman tumbuh-tumbuhan dan juga buah-buahan di muka bumi ini. Buah-buahan tersebut salah satunya adalah buah tin, nama buah yang tercantum dalam kitab suci Al Quran yang mungkin bagi sebagian orang kurang familiar mendengarnya atau bahkan melihat buah ini.

Baca juga: 10 Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan

Buah tin sendiri  telah ada sejak 1400 tahun masehi lalu, dikenal dengan buah musiman yang awalnya di temukan di Asia Barat. Namun kini buat tin sudah di budidayakan dan telah tersedia di banyak daerah di Indonesia. Buah yang memiliki nama ilmiah ficus carica ini termasuk salah satu buah yang sangat berkualitas dan kaya akan manfaat karena memiliki serat yang tinggi, rendah kalori dan tidak mengandung lemak dan juga kaya akan vitamin A, B kompleks dan juga vitamin C yang tinggi.

manfaat buah tin
source: freepik.com

Umroh.com merangkum, selain mengandung banyak vitamin, protein dan juga serat yang tinggi , buah tin juga mempunyai khasiat atau manfaat yang luar biasa seperti yang di sebutkan dalam kitab suci Al Quran tepatnya di surat At-Tin ayat 1-2 yang memiliki arti : “demi buah tin dan buah zaitun, demi gunung thursina”. Buah tin tidak memiliki biji dan semakin hitam kulitnya semakin manis pula rasanya.

Baca juga: Ini Bunyi Bacaan Surat At-Tin beserta Terjemahannya

Manfaat Buah Tin

1. Menjadi pengganti susu

Buah tin mengandung kalsium yang sangat tinggi sehingga dapat di konsumsi sebagai produk pengganti susu bagi yang memiliki alergi pada produk susu. Buah ini cocok sekali untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan tulang dan sendi terutama untuk anak-anak dan remaja yang masih dalam proses pertumbuhan.  Jadi untuk Anda yang tetap ingin memiliki tulang yang kuat terutama anak-anak namun alergi dengan produk susu Anda dapat mencoba mengkonsumsi buah tin.

2. Menyembuhkan encok dan menghentikan wasir

Bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit seperti encok dan wasir cobalah mengkonsumsi buah tin, karena Abu Darda radhiallahu’anhu  meriwayatkan sabda Nabi SAW bahwa : “sekiranya kukatakan ada buah-buahan yang turun dari surga, maka itulah buh tin. Makanlah ia, karena ia dapat menghentikan wasir dan bermanfaat menyembuhkan encok”. (di tuturkan oleh Ibnu Qayyim dalam Zaadul Ma’aad). Kedua penyakit ini sudah sering kita jumpai di negara kita Indonesia, terutama bagi kaum orang tua atau orang-orang yang produktif dan bekerja sebagai rutinitas sehari-hari, tidak ada salahnya jika Anda mulai mencoba buah yang satu ini untuk menunjang kesehatan Anda.

webinar umroh.com

3. Baik untuk yang ingin diet

Buah tin juga di nilai sangat baik untuk di konsumsi bagi para wanita maupun pria yang ingin mendapatkan berat badan ideal. Namun karena persediannya yang terbatas dan belum begitu marak di pasaran, buah tin masih tergolong cukup mahal untuk kalangan tertentu. Tentunya bukan hanya mengkonsumsi buah tin saja tetapi juga harus di imbangi dengan olahraga agar mendapatkan tubuh yang ideal dan sehat.

4. Dapat mengontrol diabetes

The American Diabetes Association merekomendasikan buah tin sebagai makanan yang berserat tinggi yang dapat membantu mengendalikan kadar gula darah pada penyakit diabetes. Bagi Anda yang memiliki penyakit diabetes cobalah untuk rajin mengkonsumsi buah tin.

Baca juga: 12 Makanan Kesukaan Rasulullah, Apa Saja?

5. Mengobati anemia

Salah satu penyebab anemia yaitu karena kekurangan zat besi. Buah tin mengandung zat besi yang tinggi yang dapat mambantu pembentukan hemoglobin (Hb). Buah ini sangat baik dikonsumsi untuk wanita hamil, wanita menstruasi dan juga remaja karena ketiganya beresiko untuk mengalami anemia apabila asupan zat besinya kurang.

manfaat buah tin
source: freepik.com

6. Mencegah hipertensi

Kebanyakan orang tidak sadar bahwa mereka telah mengkonsumsi sodium tinggi saat mengkonsumsi makanan asin yang kaya akan garam. Padahal makanan tinggi sodium dan rendah kalium dapat menyebabkan hipertensi. Berbeda dengan buah tin, kandungan kaliumnya dan sodiumnya rendah sehingga dapat menyehatkan jantung dan pembuluh darah tanpa menyebabkan darah tinggi.

Baca juga: Bikin Nagih, Ini Kuliner yang Cocok dengan Lidah Anda

Nah, luar biasa bukan manfaat dari buah tin ini, atau yang biasa disebut dengan buah surga. Masih banyak manfaat yang bisa di dapatkan dari mengkonsumsi buah tin, baik dari segi kesehatan, kecantikan dan lain-lain. Semoga dari beberapa manfaat yang penulis rangkum dapat bermanfaat bagi Anda yang membacanya.