1
Kesehatan

Manfaat-Manfaat Dari Imunisasi

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Imunisasi adalah suatu proses untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan cara memasukkan vaksin, yakni virus atau bakteri yang sudah dilemahkan, dibunuh, atau bagian-bagian dari bakteri (virus) tersebut telah dimodifikasi.Vaksin dimasukkan ke dalam tubuh melalui suntikan atau diminum (oral). Setelah vaksin masuk ke dalam tubuh, sistem pertahanan tubuh akan bereaksi membentuk antibodi. Reaksi ini sama seperti jika tubuh kemasukan virus atau bakteri yang sesungguhnya. Antibodi selanjutnya akan membentuk imunitas terhadap jenis virus atau bakteri tersebut.Imunisasi sangat penting untuk melindungi bayi dari penyakit-penyakit menular yang bahkan bisa membahayakan jiwa.

Di Indonesia, imunisasi bayi dan anak dikelompokkan menjadi dua. Kelompok pertama berisi jenis imunisasi yang diwajibkan oleh pemerintah melalui program pengembangan imunisasi (PPI). Kelompok imunisasi yang diwajibkan ini dibiayai seluruhnya oleh pemerintah. Oleh karena itu vaksin-vaksin tersebut bisa diperoleh masyarakat luas secara gratis di Puskesmas dan Posyandu. Kelompok kedua adalah vaksin-vaksin yang dianjurkan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI). Jenis vaksin dalam kelompok ini belum diwajibkan pemerintah.

Terdapat beberapa jenis imuniasi diantaranya:

Hepatitis B

Imunisasi hepatitis B diberikan untuk mencegah anak dari terkena penyakit hepatitis B. Jenis imunisasi ini diberikan sebanyak tiga kali.

Campak

Imunisasi campak dilakukan untuk melindungi anak dari penyakit campak. Imunisasi ini diberikan pada saat anak berumur 9 bulan. Kemudian imunisasi Campakyang kedua diberikan pada umumnya melalui program BIAS SD kelas 1, atau pada saat umur 6 tahun.

Polio

webinar umroh.com

Imunisasi polio diberikan untuk melindungi atau mencegah anak-anak terkena penyakit polio. Untuk pemberian Polio-0 diberikan saat kunjungan pertama setelah lahir. Selanjutnya vaksin ini diberikan sebanyak 3 kali, saat bayi berumur 2, 4, dan 6 bulan. Pemberian vaksin ini dulang pada usia 18 bulan dan 5 tahun.

BCG

Tujuan diberikannya imunisasi BCG yaitu untuk mencegah penyakit TB. Jika terjadi keterlambatan dalam pemberian vaksin BCG kepada bayi yang berumur lebih dari tiga bulan, harus dilakukan uji tuberkulin terlebih dulu. BCG dapat diberikan apabila hasil uji tuberkulin negatif.

DTP

Imunisasi DTPdiberikan untuk mencegah tiga macam penyakit sekaligus, yaitu Difteri, Tetanus, dan Pertusis. VaksinDTP ini diberikan pertama kali pada saat bayi berumur lebih dari enam minggu. Kemudian dilanjutkan padasaat bayi berumur 4 dan 6 bulan. Ulangan DTP diberikan pada saat umur 18 bulan dan 5 tahun. Pada anak umur 12 tahunbiasanya imunisasi ini diberikan lagi dalam program BIAS SD kelas VI.

Manfaat imunisasi bagi kesehatan anak dan bayi antara lain:

  1. Memperkecil kemungkinan terjadinya penyakit menular.

Manfaat imunisasi yang pertama yaitu dapat memeperkecil terkena penyakit menular. Dengan memberikan imunisasi kemungkinan besar penyakit menular semakin sedikit berkeliaran.

  1. Menghindarkan bayi dari serangan penyakit.

Manfaat imunisasi yang kedua yaitu dapat menghindarkan bayi dari serangan penyakit. Dengan memberikan imunisasi pada anak sejak dini diharapkan kesehatan anak akan tetap terjaga hingga anak tumbuh menjadi lebih aktif dan juga dewasa.

  1. Meningkatkan kesehatan nasional.

Manfaat imunisasi bagi anak dan bayi selain dapat menghindarkan dari penyakit menular juga dapat meningkatkan kesehatan anak dalam taraf nasional. Sehingga anak-anak akan merasa aman karena terbebas dari penyakit-penyakit berbahaya yang bisa menular.

Manfaat imunisasi bagi anak sangatlah banyak dan merupakan hal yang harus didapatkan oleh anak-anak. Maka dari itu, sebagai orangtua alangkah baiknya untuk memberikan serangkaian imunisasi yang lengkap bagi anaknya.