play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Muslim Lifestyle

Manfaat Puasa Ayyamul Bidh dari Segi Kesehatan

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Umroh.com – Umat muslim dianjurkan untuk melakukan puasa sunnah seperti puasa senin dan kamis, puasa daud atau puasa Ayyamul Bidh. Untuk kamu yang belum tau, puasa Ayyamul Bidh adalah puasa sunah yang dilakukan di setiap pertengahan bulan Hijriah berdasar kalender Qomariah. Lalu apa sih manfaat puasa ayyamul bidh itu sendiri? Berikut penjelasannya.

Puasa sunah yang kerap disebut puasa putih ini dilakukan selama tiga hari setiap tanggal 13-15 Hijriah. Terkecuali 13 Dzulhijjah karena merupakan hari tasyrik.

Baca juga: Asal-usul Puasa Ayyamul Bidh yang Dianjurkan Setiap Bulan

Asal Mula Puasa Ayyamul Bidh

Adapun asal mula puasa sunnah ini merujuk pada kisah Nabi Adam AS. Berdasarkan riwayat Ibnu Abbas, tubuh Nabi Adam AS terbakar matahari hingga hitam dan gosong sewaktu diturunkan ke bumi karena matahari.

Lalu Allah SWT menurunkan wahyu dan memerintahkan Nabi Adam untuk berpuasa selama tiga hari, yakni tanggal 13-15. Setelah berpuasa selama tiga hari, seluruh badan Nabi Adam AS kembali menjadi putih.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download aplikasinya sekarang juga!

Kelebihan Puasa Ayyamul Bidh

Umroh.com merangkum, adapun kelebihan puasa 3 hari setiap bulannya sungguh banyak sekali. Sebagaimana hadits riwayat Bukhari-Muslim yang menyebutkan orang yang melaksanakan puasa Ayyamul Bidh tiap bulannya akan diberikan pahala sepuluh kali lipat. Berikut bunyi hadisnya:

وَإِنَّ بِحَسْبِكَ أَنْ تَصُومَ كُلَّ شَهْرٍ ثَلَاثَةَ أَيَّامٍ فإن لك بِكُلِّ حَسَنَةٍ عَشْرَ أَمْثَالِهَا فإن ذلك صِيَامُ الدَّهْرِ كُلِّهِ

Artinya: “Sungguh cukup bagimu berpuasa selama tiga hari dalam setiap bulan, sebab kamu akan menerima sepuluh kali lipat atas setiap kebaikan yang kau lakukan. Maka dari itu, puasa Ayyamul Bidh sama dengan berpuasa setahun penuh,”

Adapun hukum melaksanakan puasa Ayyamul Bidh adalah sunnah. Bagi kamu yang ingin mendapatkan pahala sebesar satu tahun penuh, bisa dengan rutin puasa ayyamul bidh. Inilah niat puasa Ayyamul Bidh, “Nawaitu Sauma Ayyaamal Bidh Sunnatan Lillaahi Ta’ala”

Artinya: “Saya niat puasa pada hari-hari putih, sunnah karena Allah ta’ala

Manfaat Puasa Ayyamul Bidh

Selain mendapatkan balasan pahala 10 kali lipat, melaksanakan puasa sunnah ayyamul bidh juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh loh! Dengan berpuasa kita dapat hidup lebih sehat karena membiarkan organ di dalam tubuh beristirahat sejenak. Ini manfaat-manfaatnya!

1. Detoksifikasi tubuh

Saat kita berpuasa, tubuh akan melakukan detoksifikasi atau membuang racun yang bersarang dari dalam tubuh melalui keringat, urin, dan tinja. Melalui terbuangnya racun-racun dalam tubuh ini, tentu kita akan lebih sehat.

Mau jadi tamu Allah di Tanah Suci? Yuk temukan paket umroh terbaik Anda cuma di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

2. Mengurangi lemak

Lalu, berpuasa juga dapat mengurangi kadar lemak dalam tubuh. Karena dengan berpuasa, energy dalam tubuh kita dihasilkan oleh pembakaran sisa glukosa. Kemudian jika glukosa tersebut telah habis maka tubuh akan menggantinya dengan lemak yang tersimpan dalam otot tubuh.

Proses pembakaran lemak ini juga menghasilkan energy bagi tubuh loh jadi tak perlu khawatir pingsan saat berpuasa karena energy tetap terproduksi.

Jadi tak hanya pahala yang kita dapat, puasa juga bermanfaat untuk proses diet menurunkan berat badan dan menghilangkan lemak.

3. Meningkatkan system imun

System imunitas atau pertahanan tubuh juga bisa ditingkatkan melalui berpuasa loh. Namun tetap harus didukung dengan konsumsi asupan makanan yang bergizi layaknya sayuran, buah-buahan dan vitamin lainnya.

4. Memanjangkan umur

Selama berpuasa, banyak hal-hal positif yang terjadi dalam tubuh kita seperti detoksifikasi. Kita juga dianjurkan untuk bersabar dan menahan amarah. Hal itu tentu akan dapat memperpanjang usia kita.

5. Mengistirahatkan saluran pencernaan

Puasa berarti menahan lapar dan haus. Itu berarti tidak ada asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh sehingga saluran pencernaan kita pun beristirahat dari beban yang berat. Dan nanti dapat bekerja lebih optimal setelah berbuka.

6. Memperbaiki pola makan

Pola makan saat berpuasa juga lebih teratur daripada saat tidak berpuasa. Sehingga kesehatan akan lebih terjaga dan tentunya menjaga kesehatan tubuh kita.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

7. Merawat kecantikan kulit

Siapa yang menyangka kalau berpuasa akan merawat kecantikan kulit? Sel-sel dalam tubuh kita dapat bekerja lebih maksimal karena metabolism tubuh saat berpuasa dapat beristirahat. Hal ini pun mempengaruhi kekencangan orang tubuh luar seperti kulit menjadi lebih kencang dan sehat. Selain itu berpuasa juga dapat mencegah penuaan dini loh!

Itulah manfaat puasa ayyamul bidh. Semoga kita bisa merasakan manfaat dari puasa putih ini ya!

Facebook Comments