1
Doa Kesehatan Muslim Lifestyle

Ini 14 Manfaat Kesehatan dari Sholat Tahajud

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Setiap apapun yang dikerjakan oleh Rasulullah SAW pasti memiliki manfaat dalam kehidupan dan tidak akan pernah ada yang sia-sia selama beliau melakukan perintah Allah SWT. Setiap muslim diwajibkan untuk sholat lima waktu dan Rasulullah pun meminta agar kita dapat melakukan sholat Sunnah yang telah diperintahkan oleh Allah. Rasulullah SAW pun sering melakukan sholat Sunnah tahajud. 

Baca juga: Wajib Tahu, Ini Hukuman Wajib Sholat Tahajud Berjamaah

Sholat tahajud sendiri harus dilakukan saat tengah malam, dan harus dilakukan sesaat setelah kita tidur. Sholat tahajud memiliki banyak manfaat dimulai dari ketenangan serta kesehatan bagi kita yang melakukan sholat tahajud. Adapun manfaat sholat tahajud bagi kesehatan sebagai berikut: 

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Faktanya, melaksanakan sholat tahajud dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya. Pernyataan ini didukung dengan penelitian yang dilakukan kleh Dr. Mohammad Shaleh.

Baca juga: Sering Ketinggalan Waktu Sholat? Yuk Lihat Jadwal Lengkapnya di Sini

2. Mencegah penyakit

Selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, Prof. Dr. Mohammad Sholeh Juga menyatakan bahwa sholat tahajud dapat mencegah berbagai penyakit.ini berhubungan dengan meningkatnya sistem kekebalan tubuh saat melaksanakan sholat sunnah.

Baca juga: Ada Banyak Paket Umroh Menarik Sesuai Kantong Anda, Yuk Pilih di Sini

3. Mencerahkan wajah

Sering melaksanakan sholat tahajud dapat membuat wajah bersinar lebih cerah karena sebelum sholat kita harus mensucikan diri dengan berwudhu. Air yang digunakan untuk wudhu membersihkan kotoran pada kulit terutama pada bagian wajah.

webinar umroh.com
manfaat kesehatan sholat tahajud
source: freepik.com

4. Meningkatkan sirkulasi darah

Ketika kita bangun pada malam hari, untuk sholat tahajud maka waktu yang tepat untuk tubuh kita mendapatkan pasokan oksigen yang baik, waktu yang tepat dalam mendapatkan oksigen yang baik adalah pukul 2 jam karena kondisi tersebut mendapatkan oksigen yang sehat sehingga aliran darah kita menjadi lancar. Satu hal yang harus kita ketahui ketika kita hendak sholat tahajud sebisa mungkin untuk ruku’ dan sujud yang lama, karena pada malam hari aliran darah kita mengalir dari bawah ke kepala, jika sudah siang maka sebaliknya.

5. Memperlebar saluran paru-paru

Gerakan mengangkat kedua tangan dapat memperlebar saluran paru-paru. Pelebaran tersebut akan memperlancar aliran darah menuju paru-paru. Sehingga, paru-paru kita menjadi lebih sehat.

Baca juga: Jumlah Rakaat Sholat Tahajud yang Perlu Diketahui

6. Baik untuk kesehatan mental

Jika seseorang sholat, pikirannya akan tenang dan relaks. Energi positif lebih dominan daripada energi negatif. Karena itu orang orang yang melakukan sholat tahajud mempunyai kesehatan mental yang lebih baik daripada yang tidak melakukan sholat tahajud.

manfaat kesehatan sholat tahajud
source: freepik.com

7. Meningkatkan kecerdasan

Dalam sholat tahajud, terdapat gerakan sujud. Gerakan ini menyebabkan aliran darah yang menuju otak mengalir lebih banyak. Dengan adanya aliran darah yang lancar fungsi otak akan lebih maksimal, sehingga membuat kita lebih pintar dan kreatif.

8. Mencegah nyeri pada kaki

Gerakan duduk pada sholat tahajud terbukti dapat mencegah nyeri pada kaki. Ini terjadi karena kaki ditekan sehingga sirkulasi darah terpompa lebih cepat.

manfaat kesehatan sholat tahajud
source: freepik.com

9. Merelaksasi otot leher

Seringkali leher kita terasa kaku. Cobalah sholat tahajud untuk mengurangi rasa kaku pada leher. Karena gerakan salam pada sholat tahajud dapat merelaksasi otot leher dan memperlancar aliran darah pada bagian leher.

Baca juga: Tata Cara Sholat Tahajud yang Baik dan Benar

10. Mencegah sakit punggung

Ini terjadi karena gerakan ruku’ pada sholat tahajud mengkontraksi punggung dan pantat, sehingga otot di area tersebut menjadi lebih rileks.

11. Mencegah infeksi pernapasan

Malam hari adalah kondisi yang baik bagi kesehatan tubuh kita, karena malam hari kita akan mendapatkan oksigen yang baik dikarenakan populasi udara yang sudah mereda. Kesehatan tubuh pula tergantung bagaimana udara yang kita hidup, jika kita hirup udara yang segar maka tubuh pun akan memiliki saluran napas yang baik. 

manfaat kesehatan sholat tahajud
source: freepik.com

12. Menjaga daya tahan tubuh 

Rasulullah SAW selama masa hidupnya tidak pernah telat untuk melakukan sholat tahajud oleh karena itu beliau mensunnah kan umatnya untuk sholat tahajud. Selain untuk menyehatkan tubuh sholat tahajud juga dapat menjaga daya tahan tubuh kita karena banyak gerakan yang dilakukan dalam sholat. 

13. Menyegarkan pikiran 

Sholat tahajud dapat pula menyegarkan pikiran kita dari penatnya kehidupan, pikiran manusia tergantung dari keadaan hati, jika kita memiliki pikiran yang tenang dan damai maka hatipun akan tenang dan damai. Melalui sholat tahajud maka orang tersebut akan memiliki hati yang tenang karena semua berserah kepada Allah SWT melalui malam hari yang keadaannya sunyi, sepi dan damai.

Baca juga: Tak Hanya di Rumah, Anda Bisa Laksanakan Sholat Tahajud di Tempat Ini

Penampilan jauh lebih baik

Seseorang yang melakukan sholat tahajud tentunya akan berbeda dengan orang yang tidak pernah sholat tahajud. Sholat tahajud sendiri dilaksanakan pada malam hari, tentunya tidak semua orang akan bisa sholat Tahajud hanya orang yang benar-benar dan yang diberi Taufik serta hidayah yang ingin melaksanakan sholat tahajud.  Adapun tips jika kita ingin melaksanakan sholat tahajud sebagai berikut, jangan makan banyak saat ingin tidur, luangkan untuk tidur siang karena dengan tidur siang maka kita akan terbangun dimalam hari, jangan tidur terlalu larut malam karena itu akan menyusahkan saat bangun malam, berwudhu dan berdoa saat hendak tidur. 

manfaat kesehatan sholat tahajud
source: shutterstock

Demikian yang dapat penulis sampaikan, semoga kita semua dapat melaksanakan sholat Sunnah tahajud yang telah dianjurkan oleh Rasulullah SAW, karena didalamnya banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh manusia, dan dengan sholat tahajud maka iman kita kepada Allah SWT akan semakin bertambah.