1
Kuliner

Maqluba, Nasi Terbalik yang Unik dari Timur Tengah

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Maqluba adalah hidangan khas Palestina yang unik. Hidangan ini berupa tumpukan nasi berbumbu, dan ayam, kembang kol, dan terong. Sekilas, mungkin kamu akan berpikir bentuknya seperti tumpeng. Maqluba memang mirip tumpeng. Akan tetapi, jika tumpeng merupakan tumpukan nasi kuning dengan lauk pauk yang tertata di sekelilingnya, lain halnya dengan Maqluba.

Nasi dan Ayam Dimasak Bersama, Lalu Dihidangkan Terbalik

Bahan-bahan lauk untuk Maqluba dimasak bersama. Ayam dan bahan-bahan lain yang telah dimasak kemudian diletakkan di lapisan paling bawah. Kemudian diletakkan lapisan nasi di atasnya. Ketika sudah matang, tumpukan bahan makanan yang dimasak itu dipindah ke piring. Cara memindahnya adalah dengan menaruh permukaan piring di atas panci, lalu membalik pancinya.

Di atas piring, kita akan melihat tumpukan terbalik dari ayam dan nasi. Nasi akan berada di lapisan paling bawah, sedangkan ayamnya ada di lapisan paling atas. Dari jauh, bentuknya seperti kue yang terbuat dari nasi dengan topping potongan ayam.

Dimakan dengan Tangan Bersama-Sama

Di tempat asalnya, Maqluba memang dihidangkan untuk dimakan dengan tangan. Maqluba juga biasa dinikmati dengan roti pita atau roti yang tipis. Bukan hanya di Palestina, Maqluba juga menyebar ke negara lain. Di negara lain, seperti Oman, Maqluba juga bisa dihidangkan bersama topping udang sebagai pengganti ayam, dan disajikan dengan saus yang terbuat dari yoghurt.

Cocok untuk Dihidangkan pada Tamu

Maqluba cocok dihidangkan dalam jamuan makan malam bersama keluarga. Jika kamu ingin membuatnya, ikuti resep di bawah ini, yuk.

Bahan yang dibutuhkan, yaitu :

– 1/2 buah kembang kol

– 4 buah terong yang panjang, bisa menggunakan terong Jepang

webinar umroh.com

– 2 siung bawang putih

– 2 buah bawang bombay

– 800 gram ayam yang sudah dipotong-potong

– 2.5 cup beras. Agar lebih otentik bisa menggunakan beras basmati

– 1/2 cup currants atau sultanas

– Minyak secukupnya

– 1/2 cup kacang pinus.

 

Untuk membumbui ayam dibutuhkan :

– 3-4 kapulaga hijau yang telah dihancurkan

– 1 sdt ketumbar yang sudah dihaluskan

– 1 sdt jintan bubuk

– 1 sdt seven spice mix atau Baharat

– 1 sdt garam

– 1/2 sdt kayu manis bubuk

– 1/2 sdt paprika bubuk.

 

Nasi pada Maqluba juga harus dibumbui. Bumbunya yaitu :

– 1 sdt mixed spice

– 1 sdt kunyit

– 1/2 – 1 sdt garam

– 1/2 – 1 sdt merica hitam bubuk.

 

Dimulai dengan Mempersiapkan Sayur Pelengkap

Pertama, potong-potong kembang kol menjadi bunga-bunga kecil. Setelah itu, potong juga terong dengan irisan diagonal. Cincang bawang bombay dan bawang putih. Siapkan campuran bumbu pertama dan didihkan air di dalam panci.

Panaskan wajan atau pan yang besar dengan minyak di dalamnya. Setelah minyak panas, masukkan kembang kol, lalu masak hingga kecoklatan. Angkat dan sisihkan kembang kol. Panaskan lagi sedikit minyak, lalu masak terong hingga kecoklatan dan sisihkan.

Masak Ayam Hingga Kecoklatan

Kali ini, panaskan minyak lagi lalu tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum. Masukkan ayam, lalu masak hingga kulitnya berwarna kecoklatan di kedua sisinya. Kemudian masukkan bumbu-bumbu untuk ayam, Tambahkan air, lalu biarkan masak hingga bumbunya meresap. Kira-kira waktu yang dibutuhkan sekitar 15 menit.

Nasi Diurap dengan Bumbu Terlebih Dahulu

Untuk membuat Maqluba, pilihlah panci yang memiliki sisi-sisi yang tinggi, sehingga bisa menampung seluruh bahan makanan yang akan dimasak. Terlebih dahulu, rendam nasi dengan air selama 15 menit. Setelah itu, campurkan bumbu untuk nasi dan aduk hingga rata.

Ketika kamu menemukan panci yang pas, tambahkan minyak di dasarnya, lalu ratakan beras yang telah diberi bumbu di bawahnya. Ratakan nasi sedikit saja.

Ambil ayam dari panci yang lain, lalu tata di dasar panci dengan posisi kulit di bagian bawah. Masukan kembang kol dan terong. Tata posisinya hingga merata. Masukkan sisa beras yang telah diberi bumbu, lalu ratakan hingga menutupi seluruh permukaan. Setelah semua bahan pokok masuk, masukkan air kaldu bekas memasak ayam dan bumbu-bumbu lain yang tersisa. Tutup pancinya, lalu masak dengan api kecil selama 45 hingga 60 menit..

Nasi di dasar panci akan memasak lebih cepat dari yang paling atas. Angkat panci berisi nasi dan ayam itu, lalu istirahatkan selama 20 menit. Setelah 20 menit, lepaskan Maqluba dengan menggunakan pisau, lalu tempatkan permukaan piring di atasnya. Balikkan panci hingga seluruh bahan makanan dalam panci jatuh ke atas piring. Maqluba sudah jadi, siap disajikan bersama taburan kacang pinus. Hmmmm, sedap.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.