1
Kuliner

Masak Seafood Sendiri? Cek Cara Memilih 5 Makanan Laut Segar Kesukaanmu

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Makanan laut atau seafood memang memiliki banyak penggemar. Rasanya gurih, dan sangat nikmat untuk diolah menjadi berbagai macam masakan. Banyak orang sengaja datang ke restoran seafood untuk memuaskan lidah dengan olahan makanan laut yang istimewa. Akan tetapi, banyak juga yang memilih untuk mengolah dan memasaknya sendiri di rumah. Memasak seafood sendiri di rumah bisa membuat kita bebas berkreasi dengan bumbu dan rasa.

Jika ingin mengolah seafood di rumah, pastikan memilih yang segar. Cek di bawah ini untuk memilih 5 jenis seafood favoritmu.

Memilih Ikan

Untuk memilih ikan, lihatlah bagian insang, mata, sisik dan kulitnya. Ikan yang segar memiliki insang yang berwarna merah segar. Ada juga bagian yang berwarna merah muda. Biasanya, insang dari ikan segar tertutup lendir yang berwarna jernih. Di bagian mata, ikan segar ditandai dengan kondisinya yang masih jernih dan terang. Jika matanya sudah mulai keruh, pertanda ikan tersebut sudah terlalu lama berada di suhu ruang.

Tanda ikan segar juga tampak dari sisiknya yang berkilau dan bersih. Jika ikan tidak memiliki sisik, maka kulitnya tampak masih kencang dan menempel dengan daging.

Jika ingin membeli ikan fillet, perhatikan warna dagingnya. Daging ikan fillet yang masih segar ditandai dengan warna daging yang terang dan tampak kencang. Jika ditekan, daging masih terasa kenyal dan mudah kembali ke bentuk asal.

Memilih Udang

Udang adalah salah satu seafood yang memiliki banyak penggemar. Untuk memilih udang yang segar, perhatikan bentuk fisiknya. Pilihlah udang yang kondisi badannya masih utuh. Tanda dari udang yang segar adalah kepalanya masih menempel dengan badan. Warna udang segar juga masih jelas dan tegas, tidak tampak pudar. Udang segar memiliki kulit yang kesat, bersih, dan tidak licin. Udang yang sudah tidak lagi segar biasanya memiliki bintik-bintik hitam di badannya.

webinar umroh.com

Memilih Kerang

Kerang yang diolah dengan kuah asam memang menggoda. Banyak juga yang menyukai kerang untuk diolah sebagai tumisan dan sate. Untuk memilih kerang yang segar, perhatikan kondisi cangkangnya. Jika kerang yang dibeli dalam keadaan hidup, biasanya cangkangnya masih terbuka. Jika diketuk, cangkang akan refleks menutup rapat. Aroma kerang yang segar juga masih enak, beraroma laut.

Memilih Cumi

Seafood dengan tinta hitam ini punya pesona sendiri bagi penggemarnya. Cumi bisa diolah menjadi hidangan yang beragam. Mulai dari sate, tumisan, hingga digoreng crispy. Tentu saja rasa masakan cumi akan sangat enak jika terbuat dari cumi yang segar.

Untuk memilih cumi yang segar, perhatikan bentuk tubuh dan mata cumi. Cumi segar memiliki kepala yang masih menempel dengan badannya. Mata cumi yang masih segar juga tampak bening dan jernih. Jika dicium, tidak ada aroma busuk, amis, atau anyir. Cumi yang tidak segar akan membuat masakan jadi tidak lagi sedap.

Memilih Kepiting

Kepiting adalah seafood yang paling asyik saat dimakan. Sensasi membuka cangkang dan mencari daging yang nikmat membuat kepiting menjadi idola bagi penggemarnya. Kepiting banyak dijual dalam keadaan masih hidup. Biasanya, penjual akan mengikat capit kepiting agar tidak membahayakan.

Untuk membuat masakan dari kepiting, pilihlah kepiting yang masih hidup. Perhatikan juga anggota tubuhnya. Pastikan anggota tubuhnya utuh, tidak ada yang patah atau bagian tubuh yang pecah.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.