1
Muslim Lifestyle News

Ketahui Keutamaan Bulan Rajab, Bulan yang Dimuliakan

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Bulan Rajab termasuk salah satu dari bulan haram (suci) yakni bulan yang begitu dimuliakan. Berbagai amal-amal kebaikan dilakukan oleh umat muslim di seluruh penjuru dunia termasuk di Indonesia, salah satu amalan tersebut adalah melakukan puasa Rajab.

Karena bulan Rajab menandakan telah dekatnya bulan Ramadhan, maka banyak orang yang melakukan puasa di bulan yang mulia ini sebelum memasuki bulan suci Ramadhan. Berpuasa di bulan Rajab memiliki banyak keutamaan. Seperti yang dijelaskan hadits-hadits berikut:

“Sesungguhnya di Surga ada suatu sungai bernama ‘rajab’, warnanya lebih putih dari susu, rasanya lebih manis dari madu. Barang siapa berpuasa sehari dalam bulan Rajab, maka akan diberi minum oleh Allah dari sungai itu.” (H. R. Bukhori Muslim)

“Berpuasa pada hari pertama bulan Rajab menghapus dosa selama tiga tahun, berpuasa pada hari kedua menghapus dosa selama dua tahun, berpuasa pada hari ketiga menghapus dosa selama setahun, kemudian untuk setiap harinya selama sebulan.” (H. R. Al Khilal dalam Fadhoil syahrur Rojab)

Mengingat cukup utamanya juga bulan rajab, berikut ini adalah beberapa keutamaan bulan rajab:

-Puasa Rajab merupakan sunnah nabi

Berpuasa di bulan Rajab merupakan perbuatan yang dilakukan dan disukai Nabi Muhammad SAW. Orang yang mencintai NabiNya tentu akan mengikuti dan mencontoh apa-apa yang biasa ia lakukan.

-Diberi minum oleh Allah dari sungai yang ada di surga

Orang yang suka berpuasa di bulan Rajab kelak akan diberi air minum yang diperoleh dari surga oleh Allah SWT sesuai riwayat:

webinar umroh.com

“Sesungguhnya di surga terdapat sungai yang dinamakan Rajab, airnya lebih putih daripada susu dan rasanya lebih manis dari madu.   Barangsiapa puasa sehari pada bulan Rajab, maka ia akan dikaruniai minum dari sungai tersebut”.

-Dosanya akan dihapus oleh Allah dan diganti dengan kebaikan

Hal tersebut sesuai dengan dua riwayat berikut:

  • Riwayat al-Thabarani dari Sa’id bin Rasyid: “Barangsiapa berpuasa sehari di bulan Rajab, maka ia laksana berpuasa setahun, bila puasa 7 hari maka ditutuplah untuknya pintu-pintu neraka jahanam, bila puasa 8 hari dibukakan untuknya 8 pintu surga, bila puasa 10 hari, Allah akan mengabulkan semua permintaannya…..”
  • Ibnu Abbas ra. berkata : “Puasa di awal bulan Rajab dapat menghapus dosa (kafarat) selama 3 tahun, dihari kedua menjadi kafarat selama 2 tahun, dihari ketiga menjadi kafarat selama 1 tahun, kemudian di setiap hari sesudah itu menjadi kafarat selama 1 bulan”. (HR. Abu Muhammad Al-Khalali, Dimuat dalm kitab Jami’Ush-Shaghir)

Karena termasuk bulan yang istimewa, pada Bulan Rajab juga terdapat anjuran untuk berpuasa sunnah. Adapun niat puasa di bulan Rajab adalah sebagai berikut:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ فِى شَهْرِ رَجَبِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Artinya : Saya niat puasa esok hari di bulan rajab sunnah karena Allah Ta’ala

Selain berpuasa di bulan Rajab, adalah sangat baik jika kita melakukan amalan-amalan kebajikan. Seperti telah dijelaskan dalam kitab Al Ad’iyatul Hasanah karangan muallim KH Ubaidillah Hamdan, berikut ada beberapa amalan yang dianjurkan untuk dilakukan di bulan Rajab:

  1. Barangsiapa yang berpuasa tgl 1, 2, dan 3 Rajab maka akan mendapatkan keridhaan serta kemuliaan di sisi Allah SWT
  2. Barangsiapa yang berpuasa 5 hari di bulan Rajab, maka doanya akan dikabulkan Allah Ta’ala
  3. Barangsiapa yang berpuasa 7 hari di bulan Rajab, maka akan ditutup 7 Pintu Neraka baginya
  4. Barangsiapa yang berpuasa 8 hari di bulan Rajab, maka dibukakan 8 Pintu Surga
  5. Barangsiapa yang berpuasa 15 hari maka diampuni dosa-dosanya yangtelah lalu dan diganti dengan kebaikan
  6. Barangsiapa yang berpuasa tgl 27 Rajab maka Pahalanya seperti 5 Tahun berpuasa
  7. Barangsiapa mengingatkan Muslim lain tentang Amalan ini, seakan Ibadah 80 Tahun
  8. Membaca rabbighfirli warhani watub’alayya sebanyak 70x pagi dan sore hari selama bulan Rajab.
  9. Dari tanggal 1 hingga 10 membaca tasbih: Subhanallahil hayyul qoyyum 100x
  10. Dari tanggal 11 hingga 20 membaca subhanallahil ahadish shomad 100x
  11. Dari tanggal 21 hingga akhir Rajab membaca subhanallahirrouf100x,
  12. Melakukan puasa sunnah bulan Rajab, yang afdhol dari tangal 1 hingga tanggal 10.

Itu lah beberapa keutamaan bulan Rajab serta amalan-amalan sunnah yang dianjurkan di bulan tersebut. Semoga kita semua dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, yang salah satunya dengan memperbanyak amalan sunnah yang ada di bulan Rajab.