1
Parenting Tips

Mendidik Anak Itu Harus Proporsional, Jangan Terlalu Lembut & Jangan Terlalu Keras (Part 2)

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Kita mungkin tidak jarang melihat seorang anak yang manjanya bukan. Mereka apa-apa tidak mau, dan rasnya ingin diperlakukan seperti raja. Hal ini terjadi di dunia sekarang ini. Pakaian anak dan mantu masih ibu yang mencuci.

Jika itu hanya menyerang anak-anak di usia dini dan belum beranjak dewasa sih masih mending. Namun mirisnya ada juga yang menyerang anak yang usianya sudah terbilang sangat dewasa, bahkan sudah lebih dari dewasa.

Ada seorang anak yang padahal usia lebih dari 30 tahun… akan tetapi mau makan pun ibu yang masak…

Anak-anak yang tidak dididik dengan melakukan pekerjaan sejak kecil, mereka akan canggung melakukannya saat mereka telah dewasa.

Kalau sudah tejadi demikian, mereka melakukannya kurang tulus dan terpaksa saja. Mereka akan melakukannya hanya saat disuruh saja..

Lalu sebagai orang tua melihat hal spt itu malah tidak menghukum anaknya.

Orangtua harus sadar, mulai dari anak usia 2 tahun, mereka perlu dipelihara dan dididik menjadi ‘budak’. mengarahkan mereka melakukan sesuatu, kadang seperti MEMAKSAKANnya padahal semua itu buat kebaikan sianak kelak di masa depannya.

🔜Jangan terlalu lembut.
🔜Jangan terlalu kasihan kepada anak-anak
🔜Jangan terlalu memanjakan anak”
🔜Ajari mereka banyak kerja keras sejak kecil
🔜Ajari mereka tentang pekerjaan rumah
🔜Ajari mereka arti hidup. Memupuk kesadaran di dalamnya
🔜Ajari anak perempuan untuk bekerja membersihkan rumah, sepatunya, memasak, mencuci pakaiannya ,piring-gelas dan segala jenis pekerjaan rumah.
🔜Ajari putri Anda tentang kebersihan, terutama kebersihan pribadi.
🔜Anak laki-laki mulai terbiasa membantu insyaallah mereka akan ringan tangan(tdk malas).
🔜Ajarkan anak laki-laki juga untuk melakukan pekerjaan seperti berenang, memperbaiki pipa air, menebang pohon dan banyak lagi.

webinar umroh.com

Jika memungkinkan, ajarkan juga memasak agar mereka jg suka dgn memasak(bukankah para chef itu laki”?). Tidak ada salahnya, tapi itu akan menjadi bonus sebagai orang dewasa.

💝Anak Kita, Belajar dari Kita. 🙇
Ortunya rajin dan giat anak” bercermin dr ortunya.
Libatkan selalu anak” dalam setiap aktifitas sehari”.

💝Ajarkan dan didik mereka dengan cinta tapi perlu TEGAS dan pastikan mereka mengikuti instruksinya.

💝Biarlah bila saat ini dididik sedikit keras,agar kelak bila mereka besar tdk ingin leha” didepan ortunya. Dan yang paling ditakuti, berubah menjadi anak durhaka, yang dibenci Allah.

Dr Ibnu Abbas , Rasulullah berkata, _”Jika kamu mau, saya akan menceritakan kepadamu mengenai tanda-tanda kiamat Para sahabat menjawab, _”Tentu wahai Rasulullah, ceritakanlah padaku.”_ Rasulullah bersabda: _”Jika kamu telah melihat budak wanita (ibunya dijadikan seperti budak) melahirkan tuannya (anak-anak dibiarkan bagaikan raja)…”_ (HR Ahmad).

Dan yg utama ajarkankan kpd anak” akidah yg bnr sejak dini. InsyaAllah harapan kita dalam mendidik anak bisa mengantarkannya sukses di dunia dan di akhirat. Aamiin.
Semoga bermanfaat.. 😊🤗