1
Kesehatan

Mengalami Gejala Berikut? Kenali Penyakit Jantung dan Jenisnya

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Penyakit jantung adalah sebuah penyakit yang dapat menyebabkan kematian pada manusia di seluruh dunia. Seperti yang telah diketahui bahwa penyakit tersebut berhubungan dengan organ jantung, dimana jantung merupakan salah satu organ vital atau organ penting dalam tubuh manusia yang berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Jika terdapat kelainan ataupun gangguan pada organ jantung untuk menjalankan fungsinya akan menyebabkan gangguan yang lainnya seperti serangan jantung yang pada akhirnya dapat menyebabkan kematian.

Perlulah Anda ketahui bahwa penyakit jantung memiliki berbagai macam jenisnya. Artikel ini akan menjelaskan beberapa jenis dari penyakit jantung yang perlu anda waspadai.

Jenis penyakit jantung


Penyakit Arteri Koroner

Jenis penyakit jantung yang pertama yaitu penyakit arteri koroner dimana jenis penyakit ini merupakan jenis yang paling umum dari penyakit jantung. Penyakit arteri koroner ini terjadi akibat terjadinya penebalan pada dinding arteri yang diakibatkan oleh akumulasi lemak, sehingga kondisi ini menghambat jumlah darah yang masuk ke jantung dan meningkatkan tekanan darah.

Penyakit Otot Jantung

Jenis penyakit jantung yang selanjutnya yaitu penyakit oto jantung. Pada penyakit ini, fungsi otot-otot jantung akan melemah atau melambat sehingga tidak mampu memompa darah yang cukup untuk tubuh.

Penyakit Jantung Bawaan

webinar umroh.com

Jenis penyakit jantung ini biasanya banyak diderita oleh bayi yang baru dilahirkan. Beberapa bayi dilahirkan dengan jantung yang lemah atau lubang di jantung mereka. Kondisi tersebut dapat diperbaiki dengan operasi, tetapi tidak selalu berhasil.

Trachycardia

Trachycardia merupakan salah satu jenis dari penyakit jantung. Istilah trachycardia pada dasarnya merupakan istilah medis untuk peningkatan denyut jantung. Palpitasi dan detak jantung yang tinggi dapat disebabkan karena beberapa alasan seperti merokok, alkohol dan stres.

Bradikardia

Bradikardia merupakan jenis penyakit jantung yang merupakan kebalikan dari trachycardia. Bradikardia merupakan istilah medis yang pada umumnya memiliki arti denyut jantung yang lambat. Hal ini terjadi ketika otot-otot jantung mengalami kelelahan. Untuk mengatasi penyakit ini dapat digunakan alat pacu jantung yang dipasang di jantung agar dapat kembali memacu denyut jantung yang melemah.

Penyakit Katup Jantung

Jenis penyakit jantung yang berikutnya yaitu penyakit katup jantung. Jantung memiliki 4 katup. Jika satu atau lebih dari satu katup jantung tidak bekerja dengan baik maka Anda bisa saja mengalami stroke atau angina.

Aterosklerosis

Aterosklerosis merupakan salah satu jenis dari penyakit jantung. Arterisklerosis merupakan kelainan dimana terjadinya pengerasan arteri. Arteri seringkali mengeras dikarenakan adanya endapan wabah, racun dan lemak. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah dan stroke jantung.

Gagal Jantung

Jenis dari penyakit jantung yang lainnya yaitu gagal jantung. Gagal jantung terjadi ketika jantung tidak dapat memompa darah dan berhenti bekerja. Hal ini dapat terjadi ketika seseorang kehilangan banyak darah, terkejut atau bahkan karena terdapatnya gangguan pada paru-paru.

Gangguan Serebrovaskular

Serebrovaskular merupakan salah satu jenis penyakit jantung dimana penyakit tersebut terjadi akibat terdapatnya hambatan dalam sirkulasi darah dari jantung ke otak. Jenis penyakit jantung ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan stroke pada otak.

Angina

Jenis dari penyakit jantung yang berikutnya yaitu angina. Angina merupakan istilah medis yang menggambarkan rasa sakit dan sesak di sekitar dada. Penyakit tersebut terjadi akibat bagian tubuh yang berada pada sekitar dada tidak mendapatkan oksigen yang cukup. Kondisi ini pada umunya disebabkan karena terdapatnya penyumbatan kecil pada arteri jantung atau koroner.