1
News Travel

Mengenal Taman Keukenhof, Surganya Bunga Tulip

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Saat ini bunga tulip memang sangat identic negeri kincir angin, Belanda. Pada saat mendengar kata tulip, hampir dipastikan jika yang dibayangkan di benak sebagian besar orang tidak lain adalah Negara Belanda. Memang benar jika Negara Belanda sekarang identic dengan bunga tulip, karena memang di negeri tersebut terkenal dengan budi daya bunga tulipnya yang mendunia.

Sekarang memang para wisatawan dari berbagai penjuru dunia bisa menikmati banyaknya aneka bunga tulip yang di beberapa tempat seperti taman dan kebun sangat luas. Salah satu tempat terkenal di Belanda yang menjadi sarang atau markasnya bunga tulip adalah Taman Keukenhof.

Di taman ini memang para pengunjung akan dimanjakan akan pemandangan indah yang tersasi dari bunga tulip yang terdapat disana. Dan di setiap tahun, orang-orang yang berkunjung ke Belanda dapat mengagumi keindahan aneka ragam bunga tulip yang dibentuk hingga mirip seperti bola lampu tersebut di taman tersebut.

Taman ini memiliki luas sebersar 32 hektare, dan berlokasi di Kota Lisse. Taman tersebut memang selalu menjadi salah satu tujuan wisata favorit bagi turis yang berkunjung ke negeri kincir angin tersebut. Terlebih lagi pada saat musim semi karena di waktu tersebut memang menjadi timing yang paling pas dan juga favorit di Belanda untuk dapat menikmati keindahan bunga tulip.

Nama Keukenhof sendiri diambil dari Bahasa Belanda, yang mana dalam bahasa Belanda keukenhof memiliki arti Kebun Dapur. Sedangkan Taman Keukenhof sendiri memang menjadi sebuah taman bunga favorit di Kota Lisse, Belanda, dan juga merupakan taman bunga terbesar di dunia. Menurut situs resmi yang diambil langsung sumbernya dari Taman Keukenhof, terdapat sampai dengan tujuh juta kuntum bunga yang ditanam setahun sekali di taman tersebut.

Lokasi Keukenhof tepatnya berada di Holland Selatan, yang terletak di antara kota Hillegom dan juga Lisse, dengan posisi di selatan Haarlem dan barat daya Amsterdam. Untuk dapat menuju ke kota ini, aksesnya bisa dijangkau dengan bus yang beroperasi dari stasiun bus Haarlem atau Leiden. Taman ini lokasinya di suatu daerah bernama Duin en Bollenstreek.

Berbicara mengenai sejarah Taman Keukenhof, taman ini dibuat pada tahun 1949. Yang membuatnya adalah calon wali kota Lisse. Kota Lisse sendiri merupakan kota kecil yang terletak di dekat Amsterdam. Pada saat itu muncul suatu ide dari calon wali kota Lisse. Ide yang terbesit pada saat itu adalah untuk membuat sebuah pameran bunga.

Tujuannya adalah supaya penanam bunga dari berbagai penjuru Belanda dan juga Eropa bisa memamerkan bunga yang dapat membantu Belanda sebagai eksportir bunga terbesar di dunia. Darisan lah Keukenhof telah menjadi sebuah taman bunga terbesar di dunia dalam kurun waktu kurang lebih setengah abad lamanya.

webinar umroh.com

Keukenhof sendiri tidak dibuka secara terus menerus, melainkan hanya setahun sekali dalam kurun waktu pada minggu terakhir bulan Maret hingga pertengahan bulan Mei. Saat terindah untuk melihat bunga tulip di taman tersebut adalah pada pertengahan bulan April. Namun hal itu juga tergantung pada cuaca.

Selain Taman Keukenhof, para wisatawan yang berkunjung kesana juga bisa melintasi taman-taman tulip lainnya di Westland dan Aalsmeer, yang merupakan dua kota yang terletak di wilayah barat Belanda sembari mengendarai sepeda.