1
Muslim Lifestyle Tips

Menghindari Rugi karena Tidur Setelah Subuh, Lakukan 8 Hal Ini

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Usai melaksanakan sholat Subuh, langit biasanya masih tampak gelap. Karena matahari belum tampak terbit, kita sering tergoda untuk tidur lagi. Karena mata masih terasa berat, akhirnya kita melanjutkan tidur yang sempat terputus.

Kalau kamu sering tidur setelah subuh, sebaiknya coba hilangkan kebiasaan itu karena Rasulullah mendoakan keberkahan bagi umatnya di awal pagi. Al-hafidz Ibnu Hajar Al ‘Asqalani Rahimahullah menjelaskan, dalam kitabnya Fath Al Bari, bahwa rezeki dibagi-bagikan setelah sholat subuh, dan amalan-amalan diangkat di penghujung waktu siang. Mereka yang melakukan ketaatan pada waktu itu maka akan diberkahi rizki dan amalannya. Selain itu, Al Imam Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah Rahimahullah, dalam kitabnya Zaad Al Ma’ad, menyebutkan bahwa tidur saat Subuh bisa menjadi penghalang rezeki karena Subuh adalah waktu di mana makhluk hidup meminta rizki kemudian Allah akan membagi-bagikan rizki.

Rugi sekali, bukan, kalau kamu sedang tidur saat rizki sedang Allah SWT bagi-bagikan? Karena itu, jika tidak ada sesuatu yang menghalangi, seperti sakit atau kelelahan setelah bekerja shift malam, kita dianjurkan untuk tidak tidur setelah sholat Subuh.

Kegiatan-kegiatan ini bisa kamu lakukan agar tidak tergoda tidur lagu setelah Subuh.

Mengejar Pahala yang Seperti Pahala Haji / Umrah

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan At Tirmidzi, Rasulullah SAW menjelaskan bahwa siapa yang ikut sholat Subuh berjamaah, kemudian duduk berdzikir di masjid hingga matahari terbit, lalu dilanjutkan dengan sholat dua rakaat, maka ia akan mendapatkan pahala seperti pahala haji dan umrah. Wah, siapa yang tidak mau?

Berdzikir

Jika kamu memilih melaksanakan sholat Subuj di rumah, kamu bisa melanjutkannya dengan berdzikir. Melafadzkan pujian bagi Allah SWT di pagi yang sejuk membuat pikiranmu jadi lebih tenang dan segar. Kamu jadi lebih siap mengawali hari.

webinar umroh.com

Membaca Alquran

Membaca Al-Quran juga termasuk bentuk dzikir. Pagi hari yang tenang sangat baik digunakan untuk membaca Al-Quran. Terlebih jika kita membacanya dengan maknanya. Suasana tenang akan membuat kita lebih mudah meresapi firman Allah yang tertuang dalam Al-Quran. Nikmat sekali bisa ‘bercengkrama’ dengan Allah di pagi hari. Kamu jadi lebih siap menjalani hari dengan penuh berkah.

Jauhi Tempat Tidur

Salah satu hal yang bisa membuat kita tergoda untuk tidur lagi adalah terlalu dekat dengan di tempat tidur. Untuk menghindari godaan tersebut, segera jauhi tempat tidur dan lakukan kegiatan lain.

Berolahraga

Lakukan olahraga kesukaanmu di pagi hari. Menjaga kesehatan dengan berolahraga adalah salah satu cara bersyukur terhadap nikmat sehat yang Allah berikan. Dengan melakukan olahraga yang kamu sukai, kamu jadi lebih bersemangat dan tidak malas untuk menggerakkan tubuh.

Membaca

Isi pagimu dengan membaca hal-hal yang bermanfaat, misalnya kabar-kabar terbaru lewat portal media online, atau membaca buku-buku bacaan yang bermanfaat dan menambah semangat.

Menyediakan Sarapan

Untuk mengisi pagi, kita bisa memasak sarapan untuk mengawali hari. Waktu yang luang setelah Subuh bisa kita gunakan untuk mempersiapkan bahan makanan yang bergizi bagi kita dan keluarga.

Mandi

Salah satu hal yang membuat kita selalu tergoda untuk tidur adalah kondisi badan yang tidak segar. Cobalah mandi di pagi hari agar tubuh terasa segar dan mata jadi lebih terang. Dinginnya air bisa membuat badan seketika jadi segar sehingga tidak lagi tergoda untuk tidur.

Jika tidur setelah subuh sudah menjadi kebiasaanmu, melakukan kegiatan-kegiatan di atas mungkin akan terasa sulit awalnya. Akan tetapi, jika kamu teguh untuk melanjutkan ke iasaan ini, lama kelamaan tubuhmu akan terbiasa. Yuk, jemput berkah di pagi hari.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.