1
Kesehatan News Parenting Tips

Mengidentifikasi Pendarahan Kulit

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Jika Anda melihat ruam bintik-bintik merah pada anak Anda, mungkin berdarah di bawah kulit karena reaksi alergi. Pelajari lebih lanjut tentang perdarahan kulit untuk mengetahui tanda-tandanya.

Apa itu Pendarahan Kulit?

Ruam bintik-bintik merah yang rata pada kulit bayi Anda bisa jadi merupakan gejala penyakit ringan atau reaksi alergi, tetapi juga bisa berupa pendarahan kulit, sejenis pendarahan yang terjadi di bawah kulit. Pendarahan kulit terjadi ketika pembuluh darah yang rusak menyebabkan titik-titik kecil darah terkumpul di bawah kulit. Titik-titik ini tidak menjadi pucat saat ditekan.

 

Gejala dan Tanda Pendarahan Kulit

Pendarahan kulit mungkin merupakan gejala penyakit serius, termasuk gangguan autoimun, penyakit meningokokus, meningitis, dan leukemia. Tes sederhana dapat mengesampingkan perdarahan kulit sebagai penyebab ruam pada anak Anda.

Jika bayi Anda memiliki ruam merah, bintik-bintik datar di mana saja di tubuh (kaki, punggung, lengan di satu titik kecil atau beberapa bintik), ini mungkin pendarahan kulit. Area kemerahan yang umum pada kulit bukanlah kulit yang berdarah, terutama jika penampilan kulit yang merah memucat ketika tekanan diberikan sebelum kembali menjadi merah. Ini disebut eritema. Bayi baru lahir dapat mengalami eritema toxicum, suatu kondisi kulit yang ditandai oleh benjolan di atas bercak kulit yang memerah, atau kondisi kecil yang disebut eritema multiforme sebagai reaksi terhadap infeksi atau vaksin. Kedua kondisi memudar dari waktu ke waktu dan tidak memerlukan perawatan.

Pendarahan kulit tidak disebabkan oleh trauma, seperti memar, perubahan warna kulit yang terjadi setelah cedera menyebabkan trauma pada pembuluh darah kecil. Pembuluh pecah dan genangan darah di bawah kulit.

webinar umroh.com

Untuk menentukan apakah ruam adalah perdarahan kulit, ikuti langkah-langkah ini:

  1. Gunakan gelas bening (seperti gelas jus kecil). Jika brankas, kaca bening tidak tersedia, gunakan jari Anda.
  2. Tekan kaca dengan lembut (atau jari Anda) ke salah satu titik merah pada kulit.
  3. Jika ruam tetap merah saat ditekan, mungkin kulitnya berdarah. Jika ruam memudar, itu bukan.
  4. Lakukan tes pada setiap titik pada tubuh.

 

Perawatan untuk Pendarahan Kulit

Jika salah satu bintik tetap merah ketika ditekan dengan lembut, hubungi dokter Anda dan mintalah janji segera. Jika Anda tidak yakin, buat janji dengan dokter Anda untuk menentukan apakah ruam membutuhkan perawatan medis. Beri tahu dokter ketika Anda pertama kali mengetahui ruam, lokasi yang tepat pada tubuh, dan gejala lainnya yang terkait dengan ruam. Dokter mungkin mengambil darah dari bayi Anda untuk memeriksa penyimpangan seperti jumlah sel putih rendah atau pembekuan darah abnormal.