1
Travel

Menikmati Suasana Tenang di Arnavutköy, Pemukiman Nelayan yang Cantik

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Jika ingin menikmati suasana tenang saat berkunjung ke Turki, cobalah mengunjungi Arnavutköy. Area yang terletak di distrik Beşiktaş ini berada di sisi benua Eropa dari Turki.

Arnavutköy merupakan kata dalam bahasa Turki yang artinya “Desa Albania”. Wilayah ini dikenal mempesona, dan jauh dari kesan hiruk pikuk seperti di area Sultanahmet yang padat. Banyak wisatawan dan warga lokal Istanbul menjuluki Arnavutköy sebagai ‘kota rahasia’.

Pemukiman Nelayan yang Tenang

Di Arnavutköy memang tidak ada museum-museum atau landmark ikonik yang mendunia. Pesona Arnavutköy justru diperoleh dari suasana tenang khas desa nelayan. Padahal, Arnavutköy terletak di kota metropolitan paling sibuk di dunia, yaitu Istanbul. Namun di Arnavutköy kita masih bisa melihat mansion-mansion kayu yang indah, peninggalan dari masa kerajaan Ottoman. Area Arnavutköy ini bisa terlihat dari selat Bosporus, dan tampak indah dengan bangunan-bangunan klasik yang berjajar.

Arnavutköy juga termasuk daerah dengan populasi multikultural. Di sana, bermukim orang-orang dengan berbagai latar belakang. Mulai dari orang muslim Turki, orang Yunani, Yahudi, serta orang-orang Armenia.

Nikmati Suasana di Pagi Hari

Menikmati ketenangan Arnavutköy lebih baik dilakukan di pagi hari. Jika Anda berkunjung di pagi hari, para nelayan masih sibuk mengangkut hasil tangkapan mereka. Dari aktivitas mereka, kita bisa mendapatkan objek foto yang menarik. Selain itu, sinar matahari pagi juga memberikan pencahayaan yang baik bagi kamu yang ingin mengabadikan keindahan Arnavutköy.

Saat menyeberang dari dermaga yang ada di Arnavutköy, kita bisa melewati semacam pusat area (square), lalu melanjutkan jalan kaki menikmati suasana di Arnavutköy. Carilah kedai untuk menikmati teh sambil menikmati pemandangan area Arnavutköy.

Mengunjungi Arnavutköy, kita akan merasakan nuansa antik khas desa di masa lalu. Daerah yang tenang ini seakan tidak tampak berada di kota yang ramai dan padat. Sepertinya, warga Arnavutköy tidak tergoda untuk mengubah area tempat tinggalnya menjadi kota yang modern.

Naik Taksi atau Bus

Arnavutköy terletak cukup jauh dari Sultanahmet dan Taksim, area yang banyak menjadi destinasi wisatawan. Untuk menjangkau area ini, kita bisa menaiki taksi. Namun jika Anda lebih suka menaiki kendaraan umum, maka Arnavutköy bisa dicapai dengan menggunakan bis.

webinar umroh.com

Kita bisa menaiki bus dari stasiun Kabataş, yang merupakan pemberhentian terakhir dari tram. Setelah itu, kita bisa menaiki bis selama 30 menit melewati area Dolmabahçe, Istana Ciragan, serta pemukiman Ortaköy.

Mulai Ramai, Terutama di Akhir Pekan

Kini, Arnavutköy menjadi salah satu area yang ramai, walaupun bangunan-bangunan di sekelilingnya tidak banyak berubah. Arnavutköy menjadi salah satu destinasi wisata yang mulai diketahui oleh wisatawan. Di akhir pekan, jalan utama Bebek Arnavutköy Caddesi akan dipenuhi oleh wisatawan.

Wisata Kuliner di Arnavutköy

Selain deretan mansion Ottoman yang indah, di Arnavutköy juga banyak terdapat restoran seafood. Karena merupakan pemukiman nelayan, banyak rumah makan hasil laut (seafood) yang buka di Arnavutköy. Namun, restoran tersebut biasanya sangat ramai, apalagi pada malam hari di akhir pekan. Jika tidak ingin kehabisan, kita bisa melakukan reservasi sebelumnya. Restoran yang terkenal di Arnavutköy antara lain Takanik, Adem Baba, Revma, dan Arnavutköy Balıkçısı.

Belanja di Arnavutköy

Seperti lingkungan pemukimannya yang unik dan cantik, kita juga bisa membeli oleh-oleh serupa di Arnavutköy. Walau bukan daerah yang dikenal dengan wisata belanja, namun ada beberapa gerai souvenir yang bisa kita kunjungi. Misalnya gerai yang menjual tas-tas klasik dan unik hasil karya desainer lokal. Atau mengunjungi gerai yang menjual dekorasi rumah yang cantik.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.