1
Kesehatan

Mudah Lelah walaupun Badan Sehat? Coba Cek 3 Hal Ini

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Aktivitas dan tanggung jawab sehari-hari menuntut kita agar selalu bugar. Karena itu, kita selalu berusaha menjaga kesehatan tubuh. Jangan sampai kita sakit sehingga akan menghalangi aktivitas.

Akan tetapi, ada kondisi saat tubuh merasa lelah, padahal sedang tidak terkena penyakit. Rasanya kita ingin selalu berbaring dan tidak fokus mengerjakan tugas. Jika ini terjadi padamu, mungkin tubuhmu mengalami 3 hal ini.

  1. Terlalu Banyak Mengkonsumsi Karbohidrat

Untuk memberi asupan energi yang cepat, karbohidrat adalah pilihan yang tepat. Ketika kita mengkonsumsi karbohidrat, tubuh akan memecahnya menjadi gula, yang akan digunakan sebagai energi.

Akan tetapi, karbohidrat sebaiknya tidak dikonsumsi berlebihan, terutama karbohidrat yang halus (refined). Karbohidrat yang halus adalah karbohidrat yang berasal dari bahan-bahan yang terlalu banyak diproses. Contohnya adalah junk food, snack kemasan, manisan, dan sebagainya.

Ketika kita mengkonsumsi karbohidrat yang halus, kadar gula dalam darah akan meningkat drastis. Naiknya gula darah akan memberi sinyal pada pankreas untuk menghasilkan insulin dalam jumlah besar. Gunanya adalah agar gula dalam darah bisa keluar menuju sel-sel tubuh. Kondisi ini bisa membuat kita merasa kelelahan, hingga merasa membutuhkan lebih banyak energi. Pada akhirnya kita akan mengkonsumsi karbohidrat lagi, dan akan menjadi siklus yang tidak berujung.

Konsumsilah makanan sehat dan batasi jumlah karbohidrat halus. Penuhi asupan energi dari protein, karbohidrat kompleks, buah, serta sayur. Level energi akan terjaga dengan baik tanpa membuat kita mudah lelah dan mudah lapar.

  1. Kurang Bergerak

Aktivitas fisik yang kurang juga bisa membuatmu kelelahan, lho. Kondisi ini disebut dengan chronic fatigue syndrome (CFS), yang merupakan sindrom rasa lelah yang tidak diketahui jelas penyebabnya. Kondisi ini banyak dialami orang-orang pada usia paruh baya dan setelahnya. Mereka biasanya memiliki kondisi tubuh yang tidak lagi kuat, serta level ketahanan yang berkurang.

Agar tubuh tidak lagi mudah lelah, cobalah untuk memperbanyak aktivitas olahraga. Sebuah studi justru menyimpulkan bahwa olahraga bisa mengurangi rasa lelah akibat CFS. Manfaat olahraga lainnya adalah untuk mengurangi kelelahan pada orang yang sehat dan orang yang sedang menderita penyakit, seperti kanker.

webinar umroh.com

Sebisa mungkin, pilihlah aktivitas yang memungkinkan tubuh bergerak lebih banyak. Misalnya memilih berdiri daripada duduk, naik tangga dibanding lift, berjalan kaki daripada naik kendaraan. Tubuh yang terlatih akan membuat level energi meningkat dan tubuh tidak mudah lelah.

  1. Tidur Kurang Berkualitas

Tidur yang kurang berkualitas adalah faktor yang menyebabkan kita mudah lelah. Tidur adalah salah satu aktivitas penting bagi tubuh. Saat tidur, tubuh sebenarnya melakukan banyak aktivitas penting untuk memulihkan kondisi tubuh setelah beraktivitas. Misalnya menyimpan memori, serta melepaskan hormon yang berperan mengatur metabolisme tubuh dan level energi. Tidak heran, mereka yang mendapat tidur berkualitas biasanya akan bangun dalam kondisi segar dan bugar.

Tidur yang berkualitas bisa diperoleh ketika kita tidak terbangun dan benar-benar nyenyak. Pada kondisi tersebut, otak akan melalui lima tahap dalam siklus tidur. Siklus tidur yang lengkap akan membuat tubuh kita lebih bugar saat bangun, tanpa rasa lelah dan pusing.

Agar kualitas tidur kita terjaga, cobalah untuk tidur di waktu yang sama di malam hari. Pastikan suasana kamar membuat kita tenang, serta aktivitas tubuh yang cukup di siang hari agar tidur lebih pulas. Sebagai tambahan, tidur di siang hari juga membantu mengurangi rasa lelah pada tubuh.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.