1
Kuliner

Muhammara, Saus Pedas Gurih Khas Aleppo, Suriah

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Buat kamu penggemar pedas, kamu harus mencicipi Muhammara. Muhammara adalah saus yang terbuat dari kacang walnut dan cabe merah kering yang dibakar. Cita rasanya gurih (yang berasal dari kacang walnut) dan berpadu dengan pedasnya cabai.

Saus ini berasal dari Aleppo, Suriah. Sekilas, Muhammara mirip Hummus namun dengan warna merah yang cerah. Cita rasa dan warna ini konon mencerminkan keramahan yang menjadi budaya rakyat Aleppo.

Terbuat dari Cabai Khas Aleppo yang Terkenal

Aleppo memang terkenal dengan cabainya. Cabai yang dihasilkan Aleppo bahkan diekspor hingga Amerika Serikat. Banyak warga Amerika yang menggantungkan konsumsi cabainya pada cabai Aleppo ini. Cabai Aleppo memang memiliki keistimewaan tersendiri. Warnanya merah, dengan sedikit citarasa buah, dan level pedas yang sedang. Kita juga bisa mencium aroma unik yang khas.

Masuk dalam Hidangan Mezze

Muhammara biasanya disajikan dalam hidangan mezze. Hidangan mezze adalah kumpulan beberapa hidangan dalam porsi kecil. Saus ini biasa disajikan dengan saus lain, seperti baba ganoush dan hummus. Saus-saus ini akan dinikmati dengan hidangan salad (seperti Tabouli atau Fattoush), dan hidangan pembuka seperti Falafel atau roti pita.

Tiga Bahan Utama

Ada tiga bahan utama dalam membuat Muhammara, yaitu paprika, kacang wallnut yang sudah disangrai, dan cabai kering Aleppo. Kita juga bisa menambahkan tepung roti di dalamnya. Tepung roti dan kacang walnut memberikan tekstur unik pada Muhammara. Keduanya juga membuat saus berwarna ini jadi lebih gurih. Tambahkan juga gula dan garam sebagai perasanya.

Coba Sendiri di Rumah

Membuat Muhammara diawali dengan memanaskan paprika hingga matang dan teksturnya berubah lembek. Kupas kulitnya dan buang bijinya hingga bersih, lalu haluskan dengan minyak zaitun, kacang walnut, bawang putih, pasta tomat, cabai Aleppo, tepung roti, dan bubuk cabai. Mudah, bukan?

Ada dua macam Muhammara yang bisa dibuat. Muhammara yang masih kasar dengan potongan-potongan kacang yang masih terasa. Atau Muhammara yang halus dan lembut sehingga mudah dinikmati sebagai saus celupan. Kamu bisa menyesuaikannya sesuai keinginan.

Setelah halus, hidangkan Muhammara dengan siraman sedikit minyak zaitun di atasnya. Minyak zaitun membuat Muhammara menjadi semakin lembut dan gurih. Kamu bisa menggunakan Muhammara sebagai olesan di atas roti, salad, atau kebab. Beberapa orang bahkan senang menikmati Muhammara bersama biskuit. Rasa manis, gurih, dan pedasnya membuat Muhammara jadi pilihan saus yang membuatmu ketagihan.

webinar umroh.com

Populer di Beberapa Negara Timur Tengah

Muhammara juga ditemukan dalam hidangan di beberapa wilayah Timur Tengah, seperti Turki dan Lebanon. Di Turki bagian barat, hidangan mirip Muhammara biasa disebut Acuka.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.