1
Kuliner

Nikmatnya Gözleme dengan 6 Macam Pilihan Isian. Mana yang Kamu Suka?

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Gözleme adalah hidangan roti pipih ala Anatolian dengan isian yang gurih. Gözleme ini sangat cocok jika kamu ingin menikmati camilan yang mengenyangkan.

Dahulu, Gözleme dijuluki sebagai ‘makanan desa’ oleh warga Turki. Tidak banyak restoran yang menyajikan Gözleme dalam daftar menu mereka. Akan tetapi, kini Gözleme banyak dijual di Turki. Kita bisa menemukannya dijajakan sebagai street food, bahkan di restoran-restoran.

Kulit Gözleme dibuat dari adonan dasar pastry. Bahannya adalah tepung terigu dan air. Ada juga yang membuat Gözleme dengan menambahkan ragi atau telur. Adonan kemudian diuleni hingga kalis, lalu penjual akan mengambil sedikit (seukuran bola golf) untuk dipipihkan dan dimasak.

Saat membeli Gözleme di pinggir jalanan Turki, kita bisa melihat proses pembuatannya. Kita bisa melihat pedagang memipihkan adonan di atas papan kayu, dengan bantuan tongkat yang panjang. Tongkat panjang yang digunakan untuk menggiling adonan ini dinamakan Oklava. Dibutuhkan keahlian khusus untuk menggunakan Oklava ini, lho. Jika bukan ahlinya, akan terasa sulit menggerakkan Oklava untuk memipihkan adonan. Sementara para pedagang Gözleme tampak sangat tangkas dan ringan menggunakan Oklava.

Adonan roti yang telah pipih kemudian diletakkan dalam wajan pipih yang bundar dan lebar untuk dimasak. Dalam proses ini, biasanya isi Gözleme mulai ditambahkan. Sebenarnya, kita bisa memilih macam isian yang diinginkan.

Isian Gözleme tradisional yaitu :

Peynirli

Peynirli adalah keju tradisional khas Turki. Di pedesaan Turki, keju ini disebut Lor Peyniri. Sedangkan di supermarket Turki biasanya dijual dengan nama Börek Peynir.

webinar umroh.com

Bentuk keju ini seperti serbuk atau potongan-potongan kecil. Rasanya tidak terlalu kuat. Akan tetapi, teksturnya memudahkan keju ini menyebar rata di atas adonan Gözleme yang pipih dan lebar. Jika ingin membuat Gözleme di rumah dan tidak menemukan keju Peynirli, kita bisa menggunakan keju feta.

Ispanaklı

Ispanaklı adalah sebutan warga Turki untuk bayam. Bayam memang banyak digunakan sebagai isian untuk hidangan-hidangan Börek. Börek adalah hidangan Turki yang terbuat dari pastry tipis. Bayam adalah isian yang banyak digemari untuk Gözleme atau Saç Böreği. Bagi wisatawan asing, menggunakan bayam sebagai isian pastry akan terasa aneh. Namun setelah mencicipi rasanya, kita akan tahu mengapa banyak warga Turki menyukai Gözleme dengan isian bayam.

Yeşillik

Daun-daunan hijau yang digunakan sebagai isian Gözleme disebut dengan Yeşillik. Campuran bahan-bahan hijau ini biasanya terdiri dari parsley, daun beetroot, seledri, atau lobak liar. Banyak orang bahkan yang menyukai Gözleme hanya dengan isian Yeşillik. Perpaduan antara kulit Gözleme yang tipis dan crispy terasa cocok dinikmati dengan isian Yeşillik yang wangi dan gurih.

Patatesli

Patatesli artinya kentang. Kentang yang sudah diparut memang menjadi salah satu pilihan untuk mengisi Gözleme. Kentang yang sudah diparut tipis ini akan matang bersama dengan proses memasak kulit Gözleme. Ada juga penjual yang sudah merebus kentang sebelumnya, untuk kemudian sedikit dimemarkan, lalu diletakkan di antara kulit Gözleme yang crispy.

Kıymalı

Gözleme terasa sangat nikmat jika diberi isian Kıymalı. Kıymalı adalah daging cincang yang sudah dimasak sebelumnya dan dibumbui dengan bawang bombay cincang. Daging yang digunakan biasanya adalah daging sapi atau daging domba.

Patlıcanlı

Isian ini tidak terlalu populer, namun banyak juga yang menyukainya. Patlıcanlı  adalah terong yang sudah dibakar. Teksturnya yang lembut menjadikan Patlıcanlı sangat cocok dinikmati bersama dengan kulit Gözleme yang tipis dan crispy.

 

Kira-kira, isian mana yang menjadi favoritmu?

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.