play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Tips

Ini Cara Ampuh Orang Sholeh saat Menilai Seseorang

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Umroh.com – Setiap orang selalu menginginkan yang terbaik di mata Allah SWT. Namun semua terkadang tak berjalan mulus. Ada sela masuknnya setan-setan ke dalam diri manusia yang selalu melihat kejelekan. Menutup semua kebaikan-kebaikan, sehingga selalu tampak dirinya lebih baik daripada oranglain. Selalu tampakkan pada dirinya keburukan daripada kebaikan-kebaikannya. Lalu bagaimana cara orang sholeh menilai seseorang? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Sifat Orang Sholeh

Umroh.com merangkum, orang yang sholeh adalah orang yang mulia di mata Allah SWT. Orang yang sholeh selalu melaksanakan apa yang diperintahkan Allah SWT dan menjauhi semua laranganNya. Berikut ini sifat orang yang sholeh, diantaranya.

1. Selalu ingat kepada Allah dimanapun berada

Keimanan yang kukuh dan teguh mengikuti hatinya agar patuh hanya kepada Allah serta tak pernah menjauhkan kewajibannya sebagai muslim. Ia akan selalu mengingat Allah SWT dimanapun berada. 

Baca juga: Lakukan Amalan Ini, Maka 70 Ribu Malaikat Mendoakanmu

2. Memiliki rasa takut dihatinya 

Rasa takutnya sebagai bentuk mengagungkan Allah. Hanya orang beriman/sholeh jika disebutkan nama Allah, muncul rasa takut dalam hatinya. Allah berfirman dalam QS. Al Anfal ayat 2,

“Sesungguhnya orang-orang yang berimanlah ialah mereka yang bila disebut nama Allah gemeterlah hati mereka”. (QS. Al Anfal:2)

3. Tawakkal hanya kepada Allah

Orang yang beriman akan menyadarkan segala urusannya hanya kepada Allah SWT, bukan kepada yang lain. Akan tetapi mereka juga melakukan sebab agar terwujudnya suatu hal, di samping tetap bertawakkal kepada Allah. Karena mereka yakin bahwa tidak akan terwujud suatu hal kecuali atas kehendak Allah SWT.

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

4. Menghindari perilaku daan perkataan buruk

Akhlak yang mulia bisa mencegah seseorag dari ucapan dan aktivits yag tidak menyenangkan. Selain itu orang yang memiliki akhlak mulia cenderung menjaga hubungan baik terhadap seseorang maupun kepada Allah SWT. 

5. Mampu mengendalikan hawa nafsu

Pada dasarnya manusia memiliki sifat baik dan yang tidaak baik, sehingga penting sekali bagi seseorang muslim untuk memiliki kepribadian yang mampu menahan hawa nafsunya. Orang yang mampu mengendalikan hawa nafsu sangat muah tetaap bersabar, tidak mudah emosi, dan selalu beristighfar jika hawa nafsunya sudah merajai dirinya.

Cuma di umroh.com, menjadi tamu Allah cukup mudah. Pilih paketnya dan langsung berangkat!

Orang Sholeh Menilai Seseorang

Dalam pandangan Allah, kemuliaan seseorang bukan hanya dilihat dari sisi lahirnya saja seperti rupa yang cantik atau tampan, harta yang belimpah, keturunan yang baik dan seterusnya, akan tetapi Allah  hanya melihat amal hati seperti keikhlasan, rasa khauf (takut), ketundukan dan juga amal anggota badan seperti shalat, puasa, dan lain-lain.

Tim umroh.com memaparkan, berapa banyak dari manusia yang memiliki banyak harta, mempunyai kecantikan dan ketampanan rupa dan menduduki jabatan yang tinggi, akan tetapi hatinya kosong dari ketakwaan dan keikhlasan serta tidak memiliki amal sholeh.

Sebaliknya, berapa banyak dari manusia yang miskin, hidup seadanya, rupa tidak bisa diandalkan, tapi ia di sisi Allah mempunyai nilai dan posisi yang tinggi lagi mulia. Allah  Ta’ala berfirman,

Artinya, “Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kalian di sisi Allah adalah yang paling bertaqwa.” (Q.S. Al-Hujarat: 13).

Oleh karena itu, kekayaan, rupa yang menarik dan kedudukan yang tinggi tidak akan bermanfaat sedikitpun bagi seseorang di akhirat nanti, jika ia tidak melaksanakan ketaatan kepada Allah  dan meninggalkan kemaksiatan kepada-Nya. Dan diantara amalan hati yang paling agung adalah keikhlasan kepada Allah  dalam beramal.

Setiap orang sholeh memiliki kadar keimanan yang dikehendaki Allah SWT. Kesempurnaan orang yang sholeh terletak dari akhlak mulia. Orang yang sholeh selalu memberikan akhlak yang baik bagi sesama dan kepada Allah SWT. Mereka selalu menilai seseorang atau melihat orang lai itu selalu baik. Setiap kali tampak pada diri mereka terkait dengan keburukan dan dosa, maka mereka selalu memberikan alasan yang membebaskannya daripada dosa tersebut atau dengan meyakini dia sudah keluar daripada dosa itu dengan taubat.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Allah SWT Berfirman, Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat.”( QS Al-Baqarah :222)

Sebaliknya, bagi orang yang tak sholeh selalu menilai seseorang dari keburukannnya. Mereka iri, dengki, dan tak terima apa yang orang lain dapatkan. Kebaikan yang orang lain peroleh selalu dipandang buruk. Perilaku ini bahwasanya tidak pernahbsama sekali dituntut oleh Allah SWT. Allah hanya memerintahkan kaum muslim untuk selalu berprasangka baik kepada setiap orang. Tak usah menilai seseorang tentang keburukan itu hanya membuat energy negative selalu tertanam dalam diri. 

Facebook Comments