play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Serba-serbi Ramadhan

Masya Allah! Ini 10 Pahala Umroh di Bulan Ramadhan

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Umroh.com –  Menjalankan ibadah Umroh saat bulan Ramadhan merupakan suatu ibadah yang bisa dikatakan nikmat lantaran pahala yang banyak. Sebagaimana kita ketahui, segala ibadah di bulan Ramadhan dan kebaikan yang ada di dalamnya akan dibalas dengan pahala yang berlipat ganda.

Dan salah satu ibadah yang dianjurkan dilakukan di bulan Ramadhan selain puasa ramadhan adalah  melakukan ibadah umroh. Hal ini karena terdapat keutamaan ibadah umroh dan pahala khusus di bulan Ramadhan.

Baca juga: 10 Tips Memilih Travel Umroh yang Benar!

10 Pahala Umroh di Bulan Ramadhan

Ada begitu banyak pahala umroh yang dikerjakan di bulan Ramadhan. Berikut ulasannya!

1. Sama dengan haji

Dalam hadits riwayat Bukhari (1782) dan Muslim (1256) dari Ibnu Abbas, dia berkata,

“Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda kepada seorang wanita dari kalangan Anshar. “Apa yang menghalangimu untuk melakukan haji bersama kami?” Dia berkata, “Kami hanya punya dua onta, yang satu dibawa oleh bapak dan anaknya, yang satu lagi kami gunakan untuk menyiram kebun.” Maka Nabi berkata, ”Jika datang bulan Ramadan, lakukanlah umrah, karena umrah itu sama dengan haji.” Dalam riwayat muslim, “Sama dengan menunaikan haji bersamaku.”

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

فَإِذَا كَانَ رَمَضَانُ اعْتَمِرِى فِيهِ فَإِنَّ عُمْرَةً فِى رَمَضَانَ حَجَّةٌ

“Jika Ramadhan tiba, berumrahlah saat itu karena umrah Ramadhan senilai dengan haji.” (HR. Bukhari no. 1782 dan Muslim no. 1256)

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download aplikasinya sekarang juga!

2. Pahala berlipat ganda

Dalam suatu hadits, Rasulullah SAW bersabda:

“Wahai sekalian manusia, telah datang pada kalian bulan yang mulia. Di bulan tersebut terdapat malam yang lebih baik dari seribu bulan. Puasanya dijadikan sebagai suatu kewajiban. Shalat malamnya adalah suatu amalan sunnah. Siapa yang melakukan kebaikan pada bulan tersebut seperti ia melakukan kewajiban di waktu lainnya. Siapa yang melaksanakan kewajiban pada bulan tersebut seperti menunaikan tujuh puluh kewajiban di waktu lainnya.” (HR. Al-Mahamili dalam Al-Amali 5: 50)

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam juga bersabda,

“Shalat di masjidku, lebih utama seribu kali (dibandingkan) shalat di selainnya kecuali Masjidil Haram. Dan shalat di Masjidil haram lebih utama Seratus Ribu (dibandingkan) shalat di selainnya.“ (Hadits dishahihkan oleh Al-Mundziri dan Al-Bushoiry)

3. Dikabulkan doanya

Adapun salah satu waktu terkabulnya doa adalah ketika umroh di bulan Ramadhan. Dengan memanjatkan doa saat umroh, Insya Allah doa kita akan dikabulkan. Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda,

“Orang yang mengerjakan haji dan umroh merupakan tamu Allah, maka jika mereka bermohon kepadanya, pastilah dikabulkan-Nya, dan jika mereka memohon ampunan pasti diampuni-Nya” (HR Ibnu Majah dan Ibnu Hibban).

4. Menjadi tamu Allah

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda,

“Orang yang mengerjakan haji dan umroh adalah tamu Allah Azza wa jalla dan para pengunjung-Nya. Jika mereka meminta kepada-Nya niscaya diberi-Nya. Jika mereka meminta ampun niscaya diterima-Nya doa mereka. Dan jika mereka meminta syafaat niscaya mereka diberi syafaat” (Ibnu Majah)

5. Penghapus dosa

Umroh.com merangkum, hal lain yang menjadi keistimewaan umroh di bulan Ramadhan adalah dengan mendapatkan pengampunan Allah serta penghapusan dosa. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW yaitu:

“Ibadah umrah ke ibadah umrah berikutnya adalah penggugur (dosa) di antara keduanya, dan haji yang mabrur tiada balasan (bagi pelakunya) melainkan surga” (HR. al-Bukhari dan Muslim)

Mau umroh di Bulan Ramadhan? Bisa banget buat cari paket umroh terbaik cuma di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"

6. Jauh dari kefakiran

Hal ini berdasarkan hadits bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Iringilah antara ibadah haji dan umroh karena keduanya meniadakan dosa dan kefakiran, sebagaimana alat peniup api menghilangkan kotoran (karat) besi, emas, dan perak, dan tidak ada balasan bagi haji mabrur melainkan surga” (HR. At Tirmidzi, An Nasa’i, dan lainnya).

7. Jihad wanita

Adapun satu jalan jihad yang bisa dilakukan oleh wanita adalah dengan umroh, terutama umroh di bulan Ramadhan. Dari Aisyah RA, ia berkata:

“Wahai Rasulullah, apakah wanita juga wajib berjihad?” Rasulallah SAW menjawab, “Iya. Dia wajib berjihad tanpa ada peperangan di dalamnya, yaitu dengan haji dan umroh.” (HR. Ibnu Majah)

8. Mendapat pahala umroh berlipat ganda

Umroh di bulan Ramadhan hendaknya menyempatkan diri untuk sholat di mesjid Quba karena pahalanya berkali lipat dengan pahala umroh. Sebagaimana Allah SWT berfirman,

لَا تَقُمْ فِيهِ أَبَدًا ۚ لَّمَسْجِدٌ أُسِّسَ عَلَى ٱلتَّقْوَىٰ مِنْ أَوَّلِ يَوْمٍ أَحَقُّ أَن تَقُومَ فِيهِ ۚ فِيهِ رِجَالٌ يُحِبُّونَ أَن يَتَطَهَّرُوا۟ ۚ وَٱللَّهُ يُحِبُّ ٱلْمُطَّهِّرِينَ

Artinya: “Janganlah kamu bersembahyang dalam mesjid itu selama-lamanya. Sesungguhnya mesjid yang didirikan atas dasar takwa (mesjid Quba), sejak hari pertama adalah lebih patut kamu sholat di dalamnya. Di dalamnya mesjid itu ada orang-orang yang ingin membersihkan diri. Dan sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bersih.”(QS. At Taubah: 108)

Rasulullah shalallaahu alaihi wasalam bersabda: “Barang siapa telah bersuci (berwudlu) di rumaahnya. kemudian mendatangi masjid Quba, lalu shalat di dalamnya dua rakaat, baginya sama dengan pahala umrah.” (Sunan Ibn Majah)

9. Menjadi pribadi yang sabar

Menjalankan puasa Ramadhan sambil melaksanakan umroh merupakan ibadah yang memerlukan kesabaran yang lebih besar dibandingkan ibadah lainnya. Selain harus menjaga diri dari hal-hal yang membatalkan puasa, kita juga harus menjaga diri saat beribadah umroh.

10. Wafat saat umroh mendapat pahala hingga kiamat

Dari Abu Hurairah radhiallaahu anhu, beliau berkata: Rasulullah shalallaahu alaihi wasalam bersabda,

“Barangsiapa keluar dalam melaksanakan haji lalu ia mati, niscaya dicatat baginya pahala seorang haji hingga hari kiamat. Barangsiapa keluar dalam melaksanakan umrah lalu ia mati, niscaya dicatat baginya pahala seorang yang melaksanakan umrah sampai hari kiamat, dan barangsiapa keluar dalam berperang dijalan Allah lalu ia mati, niscaya dicatat baginya pahala seorang yang berperang dijalan Allah sampai hari kiamat.”

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

Wafat saat umroh di bulan Ramadhan berarti ia wafat dalam keadaan melaksanakan dua ibadah sekaligus sehingga pahala yang ia dapatkan hingga kiamat juga menjadi dua pahala ibadah sekaligus, yakni umroh dan puasa.

Masya Allah! Ternyata sebanyak itu ya pahala umroh di bulan Ramadhan. Yuk bareng-bareng umroh di bulan Ramadhan!

Facebook Comments