1
Kesehatan

Pahami Jenis Imunisasi TT

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Imunisasi merupakan sebuah upaya untuk memperkuat antibodi di dalam tubuh, tujuan mmemperkuat antibodi tersebut yaitu agar tubuh lebih kuat menahan dari segala bentuk ancaman penyakit yang berbahaya atau yang dapat mengancam jiwa, yang dapat menyerang tubuh. Biasanya imunisasi diberikan kepada balita agar bayi tersebut terhindar dari segala bentuk ancaman penyakit. Salah satu imunisasi yang pada umumnya diberikan adalah imunisasi TT.

Imunisasi TT merupakan sebuah imunisasi yang banyak diberikan kepada balita. Imunisasi TT merupakan salah satu rangkaian dari seluruh rangkaian pemberian imunisasi lengkap bagi balita. Namun, imunisasi TT atau Imunisasi Tetanus Toxoid merupakan sebuah imunisasi yang tidak hanya diberikan kepada bayi saja akan tetapi imunisasi tersebut diberikan pula kepada ibu hamil. Tujuan diberikannya imunisasi TT kepada ibu hamil antara lain untuk mencegah terjadinya penyakit tetanus bagi ibu dan bayinya. Penyakit tetanus merupakan sebuah penyakit yang dapat mengancam jiwa. Penyakit tersebut disebabkan oleh bakteri yang disebut dengan Clostridium tetani.

Colostridum tetanimerupakan sebuah bakteri yang menyebabkan penyakit tetanus, bakteri tersebut masuk ke dalam tubuh melalui luka terbuka akibat tusukan kecil atau goresan pada kulit meskipun infeksi tetanus lebih berpotensi pada luka akibat tusukan mendalam seperti gigitan, tusukan, luka potongan, luka terbakar atau ulkus. Penyakit tetanus mempengaruhi sistem saraf seseorang dan dapat berakibat fatal jika tidak segera diobati. Untuk mnecegah hal tersebut terjadi dapat dengan melakukan imunisasi tt termasuk untuk ibu hamil juga. Penyuntikan imunisasi tt pada ibu hamil bertujuan untuk mencegah tetanus pada proses persalinan, dimana terdapat luka baik pada rahim maupun pada tali pusat bayi. Hal tersebut dapat mencegah tetanus pada persalinan yang berisiko tinggi terkena tetanus apabila persalinan dilakukan dengan menggunakan alat yang tidak steril.

Setelah diberikannya imunisasi TT, antibodi akan terbentuk dengan sendirinya di dalam tubuh, antibodi tersebut akan diteruskan kepada bayi dan melindunginya selama beberapa bulan setelah lahir.

Pemberian imunisasi TT

Untuk memberikan imunisasi TT pada ibu hamil dengan kehamilan pertama, pada umumnya dokter akan memberikan rekomendasi untuk setidaknya dua dosis vaksin TT. Vaksinasi pertama diberikan pada saat usia kehamilan memasuki trimester pertama setelah tes kehamilan menunjukan positif dan setelah jani antenatal pertama. Dosis kedua imunisasi TT diberikan pada saat empat sampai delapan minggu setelah yang pertama. Beberapa para ahli memberikan rekomendasi bahwa untuk suntik imunisasi TT yang kedua paling lambat harus diberikan empat minggu sebelum perkiraan tanggal persalinan. WHO juga memebrikan rekomendasi untuk pemberian vaksin ketiga diberikan pada saat enam bulan setelah diberikan vaksin yang kedua, hal tersebut bermaksud untuk memberikan perlindungan selama minimal lima tahun. Jika pada saat ini adalah kehamilan kedua dan kurang dari dua tahun sejak kehamil terakhir dan kehamilan sebelumnya telah dilakukan imunisasi TT (dua kali), maka saat ini yang Anda butuhkan hanyalah dosis booster.

Pemberian imunisasi TT bagi ibu hamil sangatlah dibutuhkan dalam upaya pencegahan. Bakteri yang mengakibatkan penyakit tetanus tersebut dapat memberikan dampak yang sangat fatal bagi tubuh jika tidak segera mendapatkan pertolongan. Bagi seorang ibu hamil tentunya akan berupaya untuk selalu menjaga kandungan yang berada dalam rahim dan menjauhkan segala bentuk ancaman yang dapat mengancam jiwa buah hatinya. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk melakukan upaya pencegahan untuk menghindari penyakit tetanus dengan melakukan imunisasi TT.