1
Kesehatan

Pahami Kadar Asam Urat Normal Dalam Tubuh

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Penyakit asam urat merupakan sebuah penyakit yang sudah tidak asing lagi bagi kita. penyakit asam urat atau orang awam sering menyebutnya dengan penyakit rematik merupakan jenis penyakit yang banyak di derita oleh orang lanjut usia, namun pada sekarang ini penyakit tersebut sangat mudah menyerang kepada orang muda. Penyakit asam urat merupakan jenis penyakit yang terjadi akibat tingginya kadar asam urat di dalam tubuh manusia. Peningkatan kadar asam urat tersebut terjadi akibat kandungan purin yang berlebih yang terdapat di dalam tubuh manusia. Purin merupakan sebuah zat atau senyawa yang mirip dengan protein. Purin banyak terdapat di dalam bahan makanan yang kita konsumsi. Maka dari itu, jika kita tidak mengontrol asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh kita penyakit asam urat akan sangat mudah menyerang kita

Pada umumnya di dalam tubuh manusia telah menyediakan sebanyak 85 persen kandungan purin untuk kebutuhan sehari-hari dan untuk memenuhi kebutuhan tersebut hingga 100 persen, maka tubuh hanya membutuhkan 15 persen lagi untuk memenuhinya. Jumlah asupan purin yang dibutuhkan oleh tubuh manusia sangatlah sedikit maka dari itu jika terdapat orang yang tidak menjaga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuhnya akan menyebabkan kandungan purin mengalami peningkatan yang cepat sehingga terjadinya penyakit asam urat.

Dari penjelasan diatas telah dapat disimpulkan bahwa terjadinya penyakit asam urat disebabkan karena kadar asam urat normal dalam tubuh tidak tercapai. Kadar asam urat normal sangatlah perlu untuk diketahui oleh semua orang karena dengan mempertahankan kadar asam urat normal dapat terhindar dari penyakit asam urat. Selain itu jika kita tidak mempertahankan kadar asam urat normal dalam tubuh kita, hal tersebut dapat menyebabkan timbulnya berbagai penyakit lain seperti batu ginjal dan radang sendi.

Untuk mengetahui kadar asam urat normal di dalam tubuh manusia sangatlah perlu untuk dilakukan pemeriksaan darah. Pada umumnya patokan hasil pemeriksaan darah tersebut adalah sebagai berikut:

  • Pada pria dewasa kadar asam urat normal dalam tubuh yaitu 2-7,5 mg/dL.
  • Pada wanita dewasa kadar asam urat normal dalam tubuh yaitu 2- 6,5 mg/dL.
  • Pada pria di atas 40 tahun, kadar asam urat normal dalam tubuh yaitu 2- 8,5 mg/dL.
  • Pada wanita di atas 40 tahun, kadar asam urat normal dalam tubuh yaitu 2- 8 mg/dL.
  • Pada anak laki-laki usia 10- 18 tahun, kadar asam urat normal dalam tubuh adalah 3,6- 5,5 mg/dL.
  • Pada anak perempuan usia 10- 18 tahun kadar asam urat normal dalam tubuh yaitu 3,6 dan 4 mg/dL.

Ketika kadar asam urat di atas normal, maka asam urat tersebut dikatakan tinggi dan perlu dilakukan upaya agar asam urat tersebut turun.

Penyebab Asam Urat

Untuk menghindari kadar asam urat tinggi di dalam tubuh, hal yang harus dilakukan yaitu dengan menghindari penyebab asam urat seperti makanan yang mengandung purin yang tinggi contohnya bebek, ikan sardin, makarel, remis, kerang, otak, hati, jantung, ginjal, jeroan dan ekstrak daging/kaldu. Dan terdapat pula makanan yang harus dibatasi seperti sebagai berikut :

  • Daun singkong.
  • Biji melinjo.
  • Sayuran dibatasi sebanyak 1 mangkok (100 gr) dalam sehari.
  • Daging sapi.
  • Ikan, kadar maksimal yang boleh dikonsumsi sekitar 50-75 gr (1-1 ½ ptg). Kecuali ikan yang teramasuk ke dalam ikan yang mengandung purin tinggi, ikan tersebut wajib dihindari.
  • Kacang kering.
  • Kacang hasil olah, seperti tahu dan tempe.