1
Haji Umroh & Haji

Panduan Pelaksanaan Ibadah Haji (Arofah) Bagian-2 (4)

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Tulisan ini merupakan lanjutan dari runtunan pelaksanaan ibadah haji yang telah dibuat oleh penulis pada tulisan sebelumnya.  Jika pembaca ingin membaca tulisan runtunan ibadah haji bagian sebelumnya, maka pembaca dapat mengacu kepada tulisan disini

2. SA ́I

Kemudian menuju Shofa, lalu membaca :

اِنَّ الصَّفَاء وَالْمَرْوَةَ مِنْ شَعَاءِ رِاللهْ
Artinya : “Sesungguhnya Shofa dan Marwa itu adalah syi ́ar-syi ́ar Allah.” (HR. Muslim, an-Nasa-i Ahmad)

Setelah tiba di Shofa, mengangkat kedua belah tangan sambil menghadap Ka ́bah lalu membaca :

ا لله اكبر الله اكبر الله اكبرالله اكبر كبيرا والحمد لله كثيرا و سبحا ن الله بكرةا واْ صيل لااله الاالله وحده صدك وعده ونصر عبده واْعزجنده وهزم الاْحزا ب وحده

Artinya : “Allah Maha Agung, Allah Maha Agung, Allah Maha Agung, tiada illah melainkan Allah yang Tunggal tiada sekutu bagi-Nya, bagi-Nya seluruh kerajaan, dan bagi-Nya seluruh puji, dan Ia kuasa atas segala sesuatu. Tiada illah melainkan Allah yang tunggal yang memenuhi janji-Nya dan yang menolong hamban-Nya dan menghancurkan musuh sendirian”. (HR. Muslim, Nasa-i dan Ahmad)

Bacaan tersebut diulang sampai tiga kali setiap ulangan disambung do ́a sesuai kebutuhan kita dengan bahasa apa saja.

Kemudian turun dari Shofa dan berjalan menuju Marwah, hingga sampai pada tanda hijau, laki-laki berlari-lari kecil sampai tanda hijau berikutnya sedang wanita jalan biasa, lalu jalan biasa sampai ke Marwa. Di situ kita melakukan dan mengucapkan sebagaimana yang kita lakukan dan ucapkan di Shofa. Lakukanlah yang demikian itu tujuh kali, dari Shofa ke Marwa dihitung satu kali, demikian sebaliknya. Jadi mulai dari Shofa berakhir di Marwa.

webinar umroh.com

3. TAHALLUL

Kemudian mencukur rambut atau memendekkan. Sedangkan bagi wanita cukup menggunting ujung rambutnya kira-kira seujung jari.

Sampai disini selesailah kita melaksanakan Umroh, kita boleh melakukan apa-apa yang tadinya menjadi larangan ihrom.