1
Motivasi Muslim Lifestyle Tips

Para Kaum Muslimin, Makmurkanlah Masjid

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Masjid jelas sekali merupakan suatu tempat yang menjadi pusat kegiatan ibadah yang utama bagi para kaum muslimin sekalian. Maka dari, sungguh bisa dibayangkan betapa penting dan esensinya nilai serta arti dari sebuah masjid bagi kaum muslimin. Untuk itulah, kita semua sebagai kaum muslimin diwajibkan untuk senantiasa memakmurkan masjid. Berikut beberapa cara untuk memakmurkan masjid:

 

-Shalat berjamaah

 

Salah satu cara untuk memakmurkan masjid adalah dengan senantiasa menjaga agar suasana masjid tetap hidup. Agar suasana masjid selalu hidup, tentu saja haruslah ada banyak kegiatan di dalamnya. Jangan sampai masjid menjadi bangunan yang sepi jamaah.

Melihat hal tersebutlah, umat muslim dimana pun berada wajib untuk dapat menggalakkan shalat berjamaah. Buatlah agar semua orang mau melakukan shalat berjamaah di masjid. Bahkan kita bisa mengusahakan agar di setiap shalat 5 waktu, masjid selalu ramai dengan jamaah dan shafnya pun selalu penuh.

Maka dari itulah, sudah sepatutnya kita memulainya dari diri sendiri, dengan menjadi insan yang senantiasa shalat berjamaah di masjid. Bahkan suatu tantangan sendiri untuk dapat mengupayakan agar jamaah shalat subuh di masjid tidak kalah ramainya dengan saat jumatan. Karena kita juga mengetahui keutamaan waktu subuh, apalagi jika kita berada di masjid dan menunaikan shalat berjamaah.

 

-Melakukan beberapa kegiatan agama di masjid

 

webinar umroh.com

Selain untuk shalat berjamaah, kita juga dapat menghidupkan dengan sering mengadakan kegiatan-kegiatan keagamaan. Seperti ceramah misalnya, atau dzikir akbar, mengaji dan tadarus al-qur’an, serta beberapa kegiatan agama lainnya. Dan yang tak kalah penting, masjid selain tempat beribadah, juga dapat dijadikan sebagai pusat interaksi sosial.

 

-Menjaga kebersihan masjid

 

Hal yang tak kalah penting untuk dapat memakmurkan masjid selain menghidupkan banyak kegiatan disana adalah menjaga kebersihannya. Kebersihan tentu menjadi salah satu aspek penting dan wajib diperhatikan oleh kaum muslimin. Maka dari itu, jaga dan perhatikanlah selalu kebersihan masjid.

Jika kita menjadi remaja dan pengurus masjid, tentu kita bisa secara rutin membersihkan masjid entah dengan mengepel dan juga menyapunya. Namun apabila kita hanya menjadi jamaah, minimal kita dapat melakukan hal-hal yang tidak mengotori masjid. Ingat masjid adalah rumah Allah. Maka tentu saja kita harus selalu menjaga agar rumah Allah senantiasa bersih. Kebersihan juga dapat berperan dalam syahnya ibadah kita.

 

-Melaksanakan wakaf untuk masjid

 

Ada lagi hal yang tak kalah penting yang bisa kita lakukan untuk mengambil peran dalam memakmurkan masjid. Yaitu dengan sering melaksanakan wakaf untuk masjid. Cara yang paling mudah untuk melakukan wakaf untuk masjid adalah dengan memberikan bantuan kepada masjid-masjid yang sedang atau hendak dibangun.

Bantuan yang bisa kita berikan disini juga bisa dengan beberapa cara. Bisa saja dengan menyisihkan sebagian uang dan harta kita untuk membantu pembangunan masjid. Atau bentuk lain juga bisa dengan menyisihkan tenaga kita dalam rangka membantu membangun masjid. Dan apabila kita mempunyai lahan, kita dapat menyumbangkan lahan untuk nantinya dibangun masjid.

 

Yuk, mari mulai sekarang senantiasa melatih diri kita untuk dapat memakmurkan masjid. Karena selain masjid merupakan tempat ibadah dan memiliki banyak keutamaan bagi kaum muslimin, insyaaAllah kita pun akan mendapat balasan kebaikan yang tak main-main dari Allah SWT dengan memakmurkan masjid.