1
Kuliner

Pasta Harissa, Penyedap Makanan yang Serbaguna

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Jika mendengar kata ‘penyedap makanan’, mungkin kamu akan membayangkan vetsin. Namun, penyedap makanan ini berbeda. Pasta Harissa adalah pasta yang membuat semua masakan jadi sedap nan pedas.

Pasta yang Digunakan untuk Menyedapkan Masakan Timur Tengah

Kalau kamu penyuka pedas, kamu akan jatuh cinta dengan pasta Harissa. Harissa adalah satu pasta yang biasa digunakan sebagai dasar untuk membuat hidangan Timur Tengah. Cita rasanya pedas dan sangat serbaguna.

Berbeda Negara, Berbeda Citarasanya

Pasta Harissa berasal dari Tunisia dan kemudian menyebar ke daerah sekitarnya, seperti Maroko, Libya, dan Algeria. Namun, seiring penyebarannya, terdapat perbedaan dari segi cita rasa. Berneda negara, berbeda pula rasanya. Pasta Harissa di daerah sekitar Gurun Sahara terasa memiliki aroma asap. Pasta Harissa di sana sangat cocok digunakan untuk membuat hidangan dari ubi atau kembang kol. Di Maroko, orang-orang membuat pasta Harissa dengan menambahkan perasan lemon untuk mendapatkan cita rasa yang segar.

Sebagai Dressing di Sayur Panggang

Harissa memiliki aroma bawang putih yang kuat padu dengan kesegaran cabai. Pasta ini bisa digunakan untuk memarinasi daging atau sebagai dressing untuk salad atau sayur yang dipanggang. Menghidangkan sayur panggang dengan pasta cabai adalah salah satu hidangan khas Timur Tengah.

Saus untuk Membuat Pasta Harissa

webinar umroh.com

Hidangan lain yang sangat terkenal dan menggunakan pasta harissa adalah Ayam Harissa. Ayam Harissa adalah hidangan ayam yang dimarinasi dengan Harisa, kemudian dipanggang sehingga memiliki tekstur yang juicy. Hmmm, sedap.

Penyedap di Patty Burger

Harissa juga bisa kamu gunakan untuk membuat burger, loh. Bumbui daging cincang dengan pasta Harisa untuk mendapatkan cita rasa pedas di dalamnya. Lalu, bentuk sebagai patty burger. Burger jadi lebih sedap dengan cita rasa pedas yang wangi.

Bagi kamu pecinta roti, kamu bisa menggunakan pasta Harissa sebagai olesan. Campurkan Harisa dengan mayones, lalu lengkapi dengan daging panggang. Sandwich pedas yang nikmat siap kamu nikmati.

Menambah Citarasa Pedas di Makanan Berkuah

Bukan hanya di hidangan yang kering, Harissa juga bisa digunakan di makanan berkuah. Harissa biasa digunakan untuk memberi rasa pedas pada sup. Tambahkan pasta Harissa di sup buatanmu untuk mendapatkan rasa yang pedas.

Menambah Rasa Sedap pada Ikan Baka

Pasta Harissa juga bisa digunakan untuk membumbui ikan bakar agar lebih nikmat. Oleskan pasta Harissa menyeluruh ke seluruh badan ikan, lalu diamkan selama satu jam. Setelah bumbu cukup meresap, bakar ikan untuk mendapatkan aroma pedas yang khas.

Mudah Membuat Pasta Harissa

Membuat Harissa cukup mudah dan bisa kamu tiru dirumah. Untuk membuatnya, kita hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit. Harissa terbuat dari paprika, cabai, bawang putih, dan ketumbar. Harissa bisa awet jika disimpan di dalam kulkas. Simpan Harissa dalam wadah tertutup agar tahan hingga satu bulan. Kamu bisa mengambil secukupnya untuk membuat makananmu kian sedap.

Langkah pertama untuk membuat Harissa adalah dengan menyangrai dulu bumbu-bumbu yang digunakan. Ada tiga macam bumbu rempah yang bisa kamu gunakan yaitu jintan, ketumbar, dan biji karawai. Kamu juga bisa menambahkan bubuk kayu manis atau paprika bubuk.

Jika kamu menggunakan Cabai kering, rebus dulu cabai dalam air mendidih. Setelah itu, tutup pancinya dan diamkan selama 1 jam atau semalaman. Setelah cukup empuk, haluskan cabai setelah menyingkirkan biji dan batangnya.

Haluskan juga rempah-rempah yang telah disangrai di food processor. Masukkan cabai yang sudah halus ke dalam food processor. Tambahkan bawang putih, garam, minyak zaitun dan perasan lemon.

Harissa sudah jadi dan siap kamu gunakan untuk penyedap Serbaguna.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.