1
Serba-serbi Ramadhan

Patut Diamalkan, Inilah Keutamaan Puasa Sya’ban

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Bulan Sya’ban berada tepat sebelum bulan suci Ramadhan. Ada amalan utama yang bisa kita kerjakan di saat itu, yakni puasa Sya’ban. Lalu apa keutamaan puasa sya’ban itu sendiri?

Puasa Sya’ban adalah Sunnah Rasulullah

Ada anjuran untuk memperbanyak puasa di bulan Sya’ban. Sunnah ini dikerjakan oleh Rasulullah semasa hidup. Diriwayatkan oleh Imam An Nasa’i, seorang Sahabat bernama Usamah bin Zaid bertanya kepada Rasulullah.

Baca juga: Hukum Puasa Sya’ban Sebelum Memasuki Ramadhan

Usamah bertanya, “Katakanlah wahai Rasulullah, aku tidak pernah melihatmu berpuasa selama sebulan dari bulan-bulannya selain di bulan Sya’ban”.

Rasulullah menjawab, “Bulan Sya’ban adalah bulan di mana manusia mulai lalai yaitu di antara bulan Rajab dan Ramadhan. Bulan tersebut adalah bulan dinaikkannya berbagai amalan kepada Allah, Rabb semesta alam. Oleh karena itu, aku amatlah suka untuk berpuasa ketika amalanku dinaikkan.”

Aisyah ra. juga menuturkan, “Rasulullah biasa berpuasa, sampai kami katakan bahwa beliau tidak berbuka. Beliau pun berbuka sampai kami katakan bahwa beliau tidak berpuasa. Aku tidak pernah sama sekali melihat Rasulullah berpuasa secara sempurna sebulan penuh selain pada bulan Ramadhan. Aku pun tidak pernah melihat beliau berpuasa yang lebih banyak daripada berpuasa di bulan Sya’ban” (HR.Bukhari & Muslim).

Keutamaan Puasa Sya’ban

Umroh.com merangkum, menurut para ulama, puasa sya’ban diibaratkan seperti ibadah rawatib. Ibadah sunnah yang mengiringi ibadah wajib. Puasa Sya’ban mengiringi puasa Ramadhan. Sebagaimana shalat sunnah rawatib mengiringi shalat wajib. Bahkan menurut para ulama, keutamaan puasa Sya’ban juga bisa menyempurnakan puasa wajib di bulan Ramadhan.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download aplikasinya sekarang juga!

Sya’ban, Bulan Ketika Manusia Lalai

Para ulama menjelaskan maksud dari lalainya manusia di bulan Sya’ban pada hadis di atas. Saat memasuki bulan Sya’ban, kebanyakan umat muslim terhanyut dengan keistimewaan bulan Rajab, yang merupakan bulan Haram. Saat bulan Sya’ban pula, umat muslim menanti bulan Ramadhan. Kondisi tersebut menjadikan banyak umat muslim lalai.

webinar umroh.com

Puasa Sya’ban seperti berpuasa di kala banyak manusia yang lalai. Ibadah yang dilakukan ketika banyak manusia lalai akan mendatangkan pahala berlimpah. Sama dengan orang yang senantiasa berdzikir di pasar, tempat kebanyakan manusia lalai mengingat Allah.

Pemanasan Sebelum Memasuki Ramadhan

Para ulama menjelaskan bahwa seseorang yang telah terbiasa menjalankan puasa sebelum bulan Ramadhan, maka ia akan merasa lebih kuat untuk melaksanakan ibadah puasa wajib sebulan penuh. Dengan demikian, seseorang akan lebih bersemangat menjalankan berbagai ibadah untuk menggapai pahala berlimpah di bulan Ramadhan.

Cara Berpuasa di Bulan Sya’ban

Diriwayatkan oleh Imam Bukhari & Imam Muslim, Aisyah ra. menuturkan bahwa Rasulullah berpuasa di seluruh Bulan Sya’ban. Beliau berkata, “Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam tidak biasa berpuasa pada satu bulan yang lebih banyak dari bulan Sya’ban. Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam biasa berpuasa pada bulan Sya’ban seluruhnya.”

Para ulama menjelaskan maksud dari “seluruhnya” dalam hadis tersebut bukan berarti sebulan penuh. Namun Rasulullah berpuasa pada kebanyakan hari di bulan Sya’ban (lebih sering berpuasa dibanding tidak berpuasa). Dalam bahasa Arab dibolehkan menyebut ‘berpuasa pada seluruh bulan’ untuk menjelaskan makna puasa di kebanyakan hari dalam satu bulan.

Rasulullah tidak berpuasa penuh selama bulan Sya’ban, agar tidak memberatkan umatnya. Beliau tidak ingin puasa selain puasa Ramadhan disangka wajib. Sehingga beliau tidak menyempurnakan puasa Sya’ban sebulan penuh.

Cara puasa Sya’ban yang biasa dilakukan Rasulullah adalah mengumpulkan puasa-puasa sunnah dari bulan sebelumya. Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam biasa berpuasa di setiap bulan sebanyak tiga hari. Para ulama menjelaskan, terkadang Rasulullah menunda puasa setiap bulan itu untuk dikumpulkan dan dilaksanakan pada bulan Sya’ban. Jadi, beliau meng-qadha puasa sunnah yang tidak beliau lakukan di bulan sebelumnya untuk dikerjakan di bulan Sya’ban. Dengan demikian, ibadah puasa sunnah beliau akan sempurna sebelum masuk bulan Ramadhan.

Tak hanya menjadi tamu Allah, umroh juga melancarkan rezeki Anda. Yuk temukan paketnya cuma di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"] 

Niat Puasa Sya’ban

Niat puasa Sya’ban boleh dilafalkan, atau cukup dihadirkan di dalam hati. Jika ingin melafalkan niat puasa Sya’ban, maka kita bisa melafalkan:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ شَعْبَانَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin ‘an adaa’i sunnati Sya‘bana lillaahi ta‘aalaa

Artinya: “Aku berniat puasa sunah Sya‘ban esok hari karena Allah SWT.”

Atau

نَوَيْتُ صَوْمَ هَذَا اليَوْمِ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ شَعْبَانَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma haadzal yaumi ‘an adaa’i sunnati Sya‘bana lillaahi ta‘aalaa

Artinya: “Aku berniat puasa sunah Sya‘ban hari ini karena Allah SWT.”

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

Demikian penjelasan mengenai keutamaan puasa Sya’ban. Semoga Allah memudahkan kita untuk melaksanakan berbagai amal sholeh.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.