play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Doa Muslim Lifestyle

Definisi Sholat Sunnah Witir dalam Islam

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Dalam ajaran agama islam, ada banyak amalan – amalan sunnah yang sejatinya dapat kita kerjakan di samping dengan mengerjakan amalan – amalan wajib. Amalan sunnah inilah yang nantinya akan menambah kebaikan serta pahala kita di akhirat kelak.

Baca juga: Jumlah Rakaat dalam Sholat Witir

Salah satu dari banyaknya amalan sunnah yang dapat kita kerjakan ialah dengan melaksanakan sholat sunnah. Sholat sunnah dalam islam terdiri dari berbagai macam, salah satunya yang akan dibahas kali ini ialah mengenai sholat sunnah witir.

pengertian sholat witir
source: freepik.com

Umroh.com merangkum, bagi sebagian masyarakat muslim, sholat witir dikenal sebagai sholat yang hadir atau dilaksanakan pada saat bulan ramadhan saja sebagai penutup atau penyempurna sholat sunnah tarawih. Padahal sholat sunnah witir juga dianjurkan untuk dilakukan setelah selesai melakukan sholat malam lainnya seperti sholat tahajud dll.

Baca juga: Lihat Jadwal Lengkap Sholat untuk Daerah Anda di Sini

Pengertian Sholat Witir

Sholat sunnah witir adalah sholat sunnah muakad yang artinya sangat dianjurkan untuk dikerjakan. Sholat sunnah witir ialah sholat yang dikerjakan antara waktu sholat isya dan terbitnya fajar ( masuknya waktu subuh ). Sholat sunnah witir bertujuan untuk mengganjilkan sholat yang dikerjakan. Sebagaimana yang telah Dijelaskan Rasulullah saw dalam sabdanya:

إِنَّ اللَّهَ زَادَكُمْ صَلَاةً فَحَافِظُوا عَلَيْهَا وَهِيَ الْوَتْرُ أخرجه أحمد

“Sesungguhnya Allah telah menambah untuk kalian satu sholat, maka jagalah sholat tersebut. sholat itu ialah Witir.” [HR Ahmad dan dishahîhkan Syaikh al-Albâni dalam Irwa` al-Ghalîl, 2/159].

Sholat sunnah ini merupakan sholat penutup jika Anda telah selesai dalam mengerjakan sholat malam. Disebut sholat sunnah witir dikarenakan secara bahasa witir memiliki arti yaitu ganjil. Dan sebagaimana yang disabdakan Nabi saw yaitu “ Sesungguhnya Allah itu witir (tunggal ) dan menyukai yang witir (gajil ).” (HR. Bukhari No 6410 dan Muslim No 2677 ). 

Begitu istimewanya sholat ini, sampai-sampai Rasulullah saw mewasiatkan kepada sahabat beliau agar senantiasa mengerjakannya dan jangan sampai meninggalkannya.  Rasulullah saw pun senantiasa menganjurkan sholat sunnah witir ini kepada umatnya. Bahkan beliau tidak pernah meninggalkan sholat witir ini meskipun dalam keadaan apapun.

Sebagaimana sabda Nabi Saw yaitu, “Jadikanlah akhir sholat malam kalian adalah sholat witir.” (HR. Bukhari no. 998 dan Muslim no. 751)

Manfaat

Sholat sunnah witir ini dimaksudkan sebagai pemungkas waktu malam untuk “mengganjili” sholat-sholat yang genap. Karena itu, dianjurkan untuk menjadikannya akhir sholat malam. Dalam pelaksanaannya sholat sunnah witir tidak dianjurkan berjamaah kecuali witir pada bulan Ramadhan. Meskipun witir boleh dilaksanakan hanya satu rakaat (sebagai jumlah minimal) tetapi yang utama dilakukan tiga rakaat dan paling utama adalah lima rakaat, kemudian tujuh rakaat dan lalu sembilan rakaat dan yang paling sempurna adalah sebelas rakaat (sebagai jumlah maksimal).

pengertian sholat witir
source: freepik.com

Bagi Anda yang merasa khawatir karena tidak mampu melaksanakan witir di tengah atau akhir malam, disarankan melaksanakannya setelah salat Isya, atau setelah sholat tarawih pada bulan Ramadhan dengan bilangan ganjil (3, 5, atau 7). Apabila ternyata di tengah malam kemudian Anda melaksanakan sholat malam lagi (tahajjud, hajat dll) maka hendaklah menutupnya dengan sholat witir dalam jumlah genap (2 atau 4) sehingga tetap terjaga keganjilannya.

Itulah penjelasan singkat mengenai sholat sunnah witir. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk Anda.

Facebook Comments