play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Doa

Wajib Dicatat! Ini Pengertian Sholat Qasar paling Tepat

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Umroh.com – Sholat adalah penghubung antara hamba dengan tuhannya. Sholat merupakan teman ibadah yang didalamnya penuh segala yang menyenangkan, sebagai bentuk permohonan dan pertolongan dalam harapan. Berikut ini akan dijelaskan pengertian sholat qasar yang wajib diketahui.

Perintah melaksanakan sholat 5 waktu ini adalah fardu ain. Artinya diwajibkan bagi setiap muslim yang telah mukalaf ( akil balig dan berakal sehat ) atau diharamkan jika ditinggalkannya sekalipun dalam keadaan apapun.

Sebagaimana yang kita ketahui, Allah SWT memberikan berbagai kemudahan untuk sholat dalam situasi sulit sekalipun. Semua kemudahan ini diberikan oleh Allah SWT agar umat islam tidak meninggalkan sholat sebagai kewajiban yang mutlak sebagai seorang muslim.

Baca juga: Macam-macam Sholat Sunnah dalam Islam

Pengertian Sholat Qasar

Sholat qasar adalah meringkas sholat fardu yang jumlah rakaatnya empat menjadi dua rakaat. Sholat fardu yang dapat di qasar hanyalah sholat zuhur, ashar, dan isya. Sedangkan sholat magrib dan subuh tidak boleh di qasar.

Meng-qashar shalat hanya dapat dilakukan jika sedang bepergian jauh. Terutama Safar (perjalanan) yang disertai kesulitan. Shalat Qashar merupakan rukhsah (keringanan) bagi orang yang bepergian jauh, sehingga tidak punya alasan untuk tidak mengerjakan shalat.

Hukum sholat qasar adalah mubah atau boleh, sebagaimana dijelaskan dalam Q.S an – Nisa / 101 yang artinya :

“ Dan apabila kamu berpergian dimuka bumi, maka tidaklah mengapa kamu mengqasar sholatmu, jika kamu takut diserang oleh orang – orang kafir. Sesungguhnya orang – orang kafir itu adalah musuh yang nyata bagimu.” ( Q.S an – Nisa / 101 )

Sabda Rasulullah Saw artinya :

“ Dari Ibnu Abbas berkata “ Sholat itu diwajibkan melalui ucapan nabimu di dalam bermukim empat rakaat, di dalam perjalanan dua rakaat dan dalam keadaan takut atau berperang ( khauf ) satu rakaat.” ( H.R an – Nasa’i / 452 )

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

Syarat Sah Sholat Qasar

Sholat qasar sah dilaksanakan apabila memenuhi syarat sebagai berikut.

  1. Perjalanan yang dilakukan bukan untuk maksiat, misalnya ibadah haji,berdagang, silahturahmi, dan lainnya.
  2. Jaraknya jauh, sekurang – kurangnya 80-640 km lebih (perjalanan seharian semalam)
  3. Sholat yang di qasar adalah sholat adaan ( tunai ), bukan sholat qada.
  4. Sholat yang di qasar adalah sholat fardu yang rakaatnya empat, yaitu zuhur, ashar, dan isya. 
  5. Seorang musafir tidak berniat mukim lebih dari empat hari ditempat tujuan. Apabila ada niat mukim lebih dari empat hari, maka tempat tujuan tersebut dihitung sebagai tempat tinggalnya sehingga tidak boleh mengqasar sholat.
  6. Tidak bermakmum kepada imam yang melaksanakan sholat itmam (tidak mengqasar ) 
  7. Berniat sholat qasar ketika takbiratul ihram.

Praktik Sholat Qasar

Terdapat aturan atau tata cara saat hendak melaksanakan sholat qasar, yaitu denganmelaksanakan sholat yang terdiri dari empat rakaat dikerjakan hanya dua rakaat saja.

Misalnya :

Sholat zuhur yang mestinya empat rakaat dapat diringkas menjadi dua rakaat saja. begitu pula saat sholat ashar dan isya tata cara mengerjakannya sama seperti yang dijelaskan di atas. Namun, sebelum melakukan sholat qasar harus didahului dengan niat mengqasar sholatnya ketika bertakbiratul ihram. Dan orang yang melakukan sholat qasar tidak boleh bermakmum kepada orang yang sholat sempurna, serta harus memahami cara melakukannya.

Kemudahan mengqasar sholat hanya dibolehkan selama masih menjadi musafir atau dalam perjalanan. Apabila telah sampai di rumah harus dikerjakan sempurna, sekalipun sholatnya boleh di jamak tetapi batas waktu mengqasar sholat telah habis. 

Jadilah tamu Allah dengan temukan paketnya cuma di Umroh.com!

Niat Sholat Qasar

Bacaan Niat Shalat Qashar zuhur

“Usholli fardhodh dhuhri rok’atainii qoshron lillaahi ta’ala”

Artinya :

“Aku niat shalat fardu dhuhur 2 rakaat qashar, karena Allah Ta’ala.”

Bacaan Niat Shalat Qashar ashar 

“Usholli fardhol ashri rok’atainii qoshron lillaahi ta’ala”

Artinya :

“Aku niat shalat fardu ashar 2 rakaat qashar, karena Allah Ta’ala.”

Bacaan Niat Shalat Qashar isya 

“Usholli fardhol isya’i rok’atainii qoshron lillaahi ta’ala”

Artinya :

“Aku niat shalat fardu isya 2 rakaat qashar, karena Allah Ta’ala.”

Niat Sholat Qashar Berjamaah

Sholat Qashar boleh dilakukan secara berjamaah. Hal ini dilakukan bila dalam perjalanan tersebut dilakukan secara rombongan.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

Untuk niat sholat qashar berjamaah, ada tambahan untuk menjadi imam atau makmum pada bacaan niatnya yang dibaca sebelum bacaan lafadz “Lilla hita’aala”.

Facebook Comments