1
Kesehatan Tips

Pengobatan Penyakit Jantung

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Untuk mengobati penyakit jantung terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan seperti yang akan dijelaskan diabawah ini.

Memperbaiki Pola Hidup

Cara pertama yang paling banyak disarankan untuk mengobati penyakit jantung yaitu dengan merubah pola hidup Anda dengan pola hidup sehat. Dengan megubah pola hidup, penderita penyakit jantung dapat terhindar dari risiko terjadinya gejala-gejala penyakit jantung. Pola hidup sehat dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  • Menerapkan pola makan yang sehat.
  • Berhenti merokok.
  • Berolahraga secara teratur.
  • Mengurangi konsumsi minuman keras.

Penanganan Medis

Pada umumnya dengan mengubah pola hidup saja tidak akan efektif, maka dari itu banyak dokter yang menyarankan untuk mengobati penyakit jantung dengan mengkonsumsi obat-obatan seperti dibawah ini:

Obat anti-hipertensi dan obat diabetes

Seperti yang telah kita ketahui bahwa penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi dan juga penyakit diabetes merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya penyakit jantung. Maka dari itu hal yang harus dilakukan adalah dengan mengontrol hipertensi dan diabetes yang Anda derita.

Statin

webinar umroh.com

Statin  berfungsi menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh sehingga dapat memperlambat perkembangan penyakit jantung. Beberapa jenis statin yang sering diberikan dokter adalah simvastatin, pravastatindan atorvastatin.

Antiplatelet

Antuplatet berfungsi untuk mencegah penggumpalan darah yang menyebabkan serangan jantung. Jenis antiplatelet yang umum digunakan meliputi aspirin dosis rendah, clopidogrel, ticagrelordan prasugrel.

Obat-obatan untuk mengobati angina

Selain obat-obatan diatas terdapat juga obat-obatan yang disarankan untuk mengurangi gejala penyakit jantung seperti angina. Obat-obatan tersebut antara lain:

Ranolazine

Obat ini berfungsi untuk membuat otot jantung lebih rileks, tapi tidak memengaruhi laju detak jantung atau pembuluh darah. Karena itu, ranolazinesangat cocok digunakan untuk pengidap gagal jantungatau orang dengan ritme jantung yang abnormal.

Calcium channel blockers

Calcium channel blockers(penghambat kanal kalsium), obat ini berfungsi untuk membuat dinding pembuluh darah melebar sehingga aliran darah ke jantung lebih lancar.

Obat nitrat

Cara kerja nitrat sama dengan cara kerja calcium channel blockers. Obat nitrat berfungsi untuk melebarkan diameter pembuluh darah sehingga memperlancar aliran darah ke jantung dan meredakan serangan angina. Obat ini tidak hanya berbentuk tablet, tapi juga dapat digunakan dalam bentuk semprot, gel, serta koyo. Jenis yang biasa digunakan adalah gliseril trinitrat and isosorbide mononitrate.

Beta-blockers

Obat ini berfungsi untuk memperlambat laju denyut jantung dan aliran darah akan menjadi lebih lancar, sehingga beban jantung akan berkurang sehingga serangan angina pun dapat dihindari. Jenis dari beta-blockersyaitu atenolol, bisoprolol, metoprolol,dan propranolol.

Ivabradine

Jika Anda tidak dapat mengonsumsi beta-blockers (misalnya, karena mengalami infeksi paru-paru),Anda dapat mencoba dengan menggunakan ivabradine. Ivabradinemengurangi beban jantung dengan cara memperlambat laju denyut jantung.

Nicorandil

Nicocandril dapat digunakan sebagai pengganti calcium channel blockers karena memiliki fungsi yang sama. Nicorandilberfungsi untuk memperlancar aliran darah ke jantung dengan cara memperlebar diameter pembuluh darah.

Jika obat-obatan diatas terasa tidak efektif maka Anda dapat mengobati penyakit jantung dengan cara melakukan operasi seperti dengan operasi Intervensi Jantung Perkutan (PCI) atau Bedah Bypass Arteri Jantung (CABG). Namun bagi seseorang yang memiliki diabetes, telah lanjut usia dan mengalami lebih dari dua penyempitan pembuluh darah, operasi yang dianjurkan yaitu CABG daripada PCI.