1
Kesehatan

Penyakit Hepatitis-B

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Penyakit hepatitis B merupakan salah satu jenis penyakit yang berbahaya bagi manusia. hepatitis B adalah jenis penyakit liver berbahaya dan dapat berakibat fatal. penykit tersebut diakibatkan oleh Virus Hepatitis B (HBV) yang dapat ditularkan melalui hubungan seksual, darah (injeksi intravena, transfusi), peralatan medis yang tidak steril atau dari ibu ke anak pada saat melahirkan. maka dari itu penting bagi kita untuk mencegah penyakit tersebut.

Pencegahan hepatitis B

Untuk mencegah terjadinya penyakit hepatitis B hal yang sangat dianjurkan untuk dilakukan yaitu dengan melakukan Imunisasi hepatitis B. Imunisasi hepatitis B merupakan sebuah imunisasi yang dilakukan untuk mencegah dari terjangkitnya penyakit hepatitis B dapat membantu agar virus hepatitis B tidak masuk ke dalam tubuh.

Pada anak-anak biasanya imunisasi hepatitis B didapatkan sebagai bagian dari program imunisasi anak.Imunisasi hepatitis B merupakan salah satu imunisasi yang diwajibkan.Jika menyerang anak, penyakit yang disebabkan virus ini sulit disembuhkan. Bila sejak lahir telah terinfeksi virus hepatitis B (VHB) dapat menyebabkan kelainan-kelainan yang dibawanya terus hingga dewasa. Sehingga sangat mungkin terjadi sirosis atau pengerutan hati.

Pada umumnyabayi yang baru lahir akan diberikan imunisasi Hepatitis B. Manfaat Imunisasi Hepatitis B akan meningkat jika diberikan sejak dini, biasanya pada usia bayi 0  sampai 7 hari.Jika bayi terjangkit virus ini biasanya hanya menunjukkan gejala ringan, dan bahkan ada yang tidak menunjukkan gejala sama sekali. Akan tetapi biasanya bayi akan terus menyimpan virus tersebut di dalam darah selama bertahun-tahun dan bisa menularkannya pada orang lain. Virus hepatitis B memang biasanya ditemukan pada cairan tubuh orang yang sudah terjangkit, seperti darah, ludah, dan air mani. Ibu yang memiliki Hepatitis B, beresiko tinggi menularkannya pada bayi-bayi mereka.Sangatlahpenting melakukan imunisasi Hepatitis B sesegera mungkin. Dengan imunisasi ini bayi Anda akan terlindungi dari penyakit Hepatitis B pada masa pertumbuhannya.Upaya pencegahan adalah langkah terbaik. Jika ada salah satu anggota keluarga dicurigai kena Virus Hepatitis B, biasanya dilakukan screening terhadap anak-anaknya untuk mengetahui apakah membawa virus atau tidak. Selain itu, imunisasi hepatitis Bmerupakan langkah efektif untuk mencegah masuknya virus hepatitis B.