1
Kecantikan

Perawatan Anti-Aging Ada di Dapurmu, Lho. Mau Tau?

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Perawatan anti-aging biasanya memakan biaya yang tidak sedikit. Jika memakai krim dan perawatan salon tidak menjadi pilihanmu, ada jalan lain buat kamu yang ingin tampil awet muda. Kuncinya ternyata ada di dapurmu.

Dilansir dari Reader’s Digest, ada bahan-bahan alami di dapurmu yang membantu memperlambat proses penuaan pada kulit. Rutin mengkonsumsinya bisa membuatmu tampak lebih muda, lho. Yuk, simak bahan-bahan anti aging di bawah ini

Sayuran

Sayur-sayuran memang bahan makanan yang penting agar kita sehat setiap hari. Selain fungsinya untuk menyehatkan badan dengan vitamin dan mineralnya,  sayuran bisa membuat kulit jadi tampak lebih muda. Sebuah studi, yang dipublikasikan oleh The Journal of the American Academy of Dermatology, menjelaskan bahwa wanita dan pria yang banyak mengkonsumsi sayuran di menu setiap hari, disertai dengan buah dan ikan, memiliki garis-garis halus di wajah lebih sedikit.

Sangat disarankan mengkonsumsi sayuran hijau yang merupakan sumber karotenoid yang bagus, serta vitamin C, zat besi, dan kalsium. Karotenoid adalah senyawa vitamin A yang terbukti memiliki manfaat untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet. Sinar ultraviolet adalah biang keladi yang menyebabkan tanda-tanda penuaan dini, seperti bercak hitam, garis-garis halus dan keriput, serta hilangnya elastisitas pada kulit.

Ikan

Kandungan asam lemak omega 3 dalam ikan membantu mengurangi inflamasi yang disebabkan oleh sinar ultraviolet. Ikan juga bermanfaat mengurangi level prostaglandin E2. Senyawa tersebut adalah penyebab pecahnya kolagen, yang akhirnya menimbulkan keriput. Beberapa studi juga menunjukkan bahwa kombinasi dari vitamin E, vitamin C, dan asam lemak omega 3 mendukung pembentukan kolagen. Pilihlah ikan yang kaya asam lemak omega-3 seperti, halibut, makarel, salmon atau tuna.

Buah-Buahan

Buah juga memiliki peranan penting dalam mencegah penuaan dini. Konsumsi buah yang banyak mengandung karotenoid tertentu seperti lycopen. Lycopene adalah pigmen yang menghasilkan warna merah pada berry dan tomat. Kandungan lycopene dalam buah-buahan berwarna merah menyediakan antioksidan yang bagus sehingga bisa menjaga kulit tampak lebih muda.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki banyak sekali manfaat. Fungsinya mulai dari menjaga organ jantung, hingga menjaga kulit tetap sehat dan awet muda. Minyak zaitun memiliki banyak manfaat karena mengandung antioksidan. Kandungan vitamin E dan polifenol di dalamnya juga bisa mencegah hilangnya kolagen pada kulit. Kolagen adalah kandungan yang membantu kulit agar tetap elastis dan tidak berkeriput. Polifenol juga terbukti bisa menjaga kulit dari sinar UV, menjaga kesehatan kulit agar tidak rusak, dan mencegah kanker kulit.

Teh Hijau

Teh hijau menyediakan kandungan antioksidan. Karena itu, teh hijau adalah salah satu minuman tersehat yang bisa kamu konsumsi setiap hari. Pada ya buah studi, yang dilakukan tahun 1997 oleh University of Kansas, menunjukkan bahwa antioksidan dalam teh hijau bekerja 100 kali lipat lebih baik untuk menetralisir radikal bebas yang menyebabkan penuaan pada kulit. Untuk mendapatkan manfaat dari teh hijau, kita bisa mengkonsumsinya 2 hingga 3 cangkir per hari.

webinar umroh.com

Kopi

Walaupun sering dikaitkan dengan efek buruk kafein, mengkonsumsi kopi dalam jumlah yang cukup bisa membuat kulit tampak lebih muda, lho. Kafein dalam kopi membantu mengurangi kemerahan pada kulit bengkak dan inflamasi. Kopi juga mengandung antioksidan yang bisa melindungi kulit dari radikal bebas dan menjaga agar tidak kehilangan kelembaban alaminya.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.