1
Motivasi News Parenting Tips

Perkembangan Bahasa Bayi

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Ingin tahu kapan si kecil Anda akan mengatakan “mama” atau “papa”? Cari tahu berapa usia bayi mulai berbicara dan tingkatkan perkembangan bahasa dengan panduan kami untuk ocehan bayi dan tonggak penting dari pembicaraannya.

Sejauh ini, cara utama bayi Anda berkomunikasi adalah dengan menangis, keras, dan sering. Namun, untungnya, dia akan segera melewati lompatan besar dalam pengembangan bahasa, yang akan meningkatkan kemampuannya untuk mengekspresikan diri dengan kata-kata. Tetapi sama seperti dia harus merangkak sebelum dia berjalan, dia harus mengoceh sebelum dia berbicara.

“Mengoceh adalah tonggak penting karena merupakan awal dari komunikasi nyata, ketika bayi mulai bereksperimen dengan suara, mendengarkan reaksi, merespons, dan membangun hubungan sosial,” kata Sherry Artemenko, ahli patologi bahasa.

Jenis Perkembangan: Bahasa, Sosial, dan Kognitif

Ketika bayi Anda mulai “berbicara” tentang ini dan itu, ia memamerkan keterampilan bahasa pemula. Tentu, Anda tidak tahu apa yang dia katakan, tetapi omong kosong ini pada akhirnya akan mengarah pada kata-kata nyata. Obrolannya juga memberi Anda mengintip perkembangan kognitifnya, saat dia menghafal dan mengulangi suara, membutuhkan waktu untuk memikirkan apa yang ingin dia “katakan,” dan belajar bagaimana menggunakan tindakan verbal dan nonverbal untuk mengekspresikan keinginan dan kebutuhannya.

Jelas, ada komponen sosial juga. Jauh sebelum dia mengatakan sepatah kata pun, bayi Anda belajar aturan bahasa dan sosialisasi dengan mengamati bagaimana Anda bereaksi terhadap suaranya dan kepada mitra percakapan saat Anda bergiliran berbicara. Bayi dirancang untuk belajar bahasa dan dipengaruhi oleh bagaimana orang lain terlibat secara lisan dengan mereka.

Yang Harus Diperhatikan Orang Tua

Keterampilan verbal bayi Anda akan berkembang melalui tahap-tahap ketika mekanisme vokalnya matang dan ia semakin berhubungan dengan lingkungannya, kata Artemenko. Pertama, bunyi seperti vokal saat lahir bergerak ke coo dan goos pada 2 hingga 3 bulan. Mengoceh dimulai sekitar usia 4 bulan.
Mengoceh pertama sering termasuk “p,” “b,” dan “m” suara, yang diproduksi dengan hanya menyatukan bibir, kata Diane Paul, Ph.D, direktur masalah klinis dalam patologi bahasa-bahasa di American Speech Asosiasi pendengaran bahasa di Rockville, Maryland Jadi, Anda akan mendengar banyak “puh puh puh,” “buh buh buh,” dan “muh muh muh” terdengar pada awalnya.

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu perkembangan bicara dan bahasa bayi Anda:

  • Terlibat dalam percakapan dengan berbicara dengan bayi Anda
  • Berhentilah setelah Anda mengatakan sesuatu sehingga dia punya waktu untuk memproses kata-kata Anda dan “menanggapi”
  • Gunakan nada dan suku kata yang berbeda ketika Anda berbicara sehingga dia akan mencoba meniru Anda dan mempelajari suara baru
  • Jelaskan ocehan bayi Anda kepadanya. Jika dia mengatakan “ma ma ba ba” sambil melihat sekeliling, Anda mungkin berkata, “Oh, apakah Anda mencari botol Anda? Kemana botolnya pergi?””Penelitian menunjukkan bahwa jumlah kata yang diucapkan kepada bayi secara positif mempengaruhi perkembangan bahasa,” kata Artemenko, jadi gunakan kata-kata yang tepat untuk terus berbicara, membaca, dan bernyanyi kepada bayi Anda.

 

webinar umroh.com